Manfaat Daging Kodok Bagi Ayam Bangkok

Manfaat Daging Kodok Bagi Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, mendapatkan jenis ayam bangkok aduan dengan kualitas jawara merupakan impian para bobotoh sabung ayam. Maka dari itu memberikan perawatan serta pelatihan khusus merupakan kunci utama yang harus di lakukan.

Selain itu memberikan pakan khusus atau tambahan juga dapat di lakukan selama perawatan berlangsung. Salah satunya adalah dengan pemberian daging kodok kepada ayam bangkok aduan.

Manfaat Daging Kodok Bagi Ayam Bangkok

Kodok Bagi Ayam Bangkok

Siapa sangka, hewan yang memiliki tubuh gempal pendek, punggung agak bungkuk, kulitnya yang lembab serta kaki belakangnya yang panjang memiliki banyak manfaat kepada ayam bangkok aduan.

Kandungan proteinnya yang kaya dapat berguna untuk menambah sumber energi yang dimiliki serta proses pembentukan tulang sang ayam. Selain itu, pemberian daging kodok juga dapat mendongkrak keagresifan ayam serta meningkatkan daya lompat saat memukul sehingga menghasilkan pukulan yang tepat sasaran.

Maka dari itu pada artikel kali ini, kami akan menjadikan daging kodok sebagai topik utama kita, yakni dalam Manfaat Daging Kodok Sawah Bagi Ayam Bangkok Yang Jarang Dibahas.

Namun sebelumnya, ada baiknya para bobotoh mengetahui lebih dulu apa saja kandungan pada daging kodok secara lebih spesifik

Kandungan Nutrisi Pada Daging Kodok

• Energi = 73 kkal
• Protein = 16,4 gr
• Lemak = 0,3 gr
• Karbohidrat = 0 gr
• Kalsium = 18 mg
• Fosfor = 147 mg
• Zat Besi = 1 mg
• Vitamin A = 0 IU
• Kandungan Vitamin B1 = 0,14 mg
• Vitamin C Daging Kodok = 0 mg

Selanjutnya adalah mengenai Manfaat Daging Kodok Sawah Bagi Ayam Bangkok. Dan berikut fakta yang sudah terungkap :

Manfaat Daging Kodok Sawah Bagi Ayam Bangkok

1. Mengobati Luka Pada Ayam Bangkok

Ayam bangkok aduan usai ditarungkan tentunya tidak pernah terbebas dari luka yang di alami. Wajar saja, pertarungan yang sengit membuat sang ayam tentu akan menerima sejumlah luka.

Dalam proses penyembuhannya sendiri, para bobotoh dapat memanfaatkan daging kodok. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang diberikan mampu membantu dalam menyembuhkan cedera secara cepat.

2. Menyehatkan Tulang Ayam Bangkok

Umumnya, kandungan kalsium serta fosfor yang tinggi pada daging kodok juga dapat membantu dalam proses pembetunkan tulang sang ayam. Dimana tentunya, otot pada sang ayam sendiri akan berguna dalam menjalani laga tarung.

3. Sumber Protein Tinggi

Pemberian daging kodok juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam aduan. Pasalnya, pada daging kodok sendiri mengandung sumber protein hewani yang cukup tinggi. Dan juga tak tertinggal dapat menjadi energi tambahan saat ayam akan bertanding.

Tips Pemberian Daging Kodok Kepada Ayam Bangkok Aduan

Meski memiliki banyak manfaat yang diberikan, namun dalam pemberiannya sendiri juga perlu diperhatikan. Pasalnya, memberikan daging kodok sendiri harus terbilan hati-hati.

Sebelum memberikan kepada ayam, ada baiknya daging kadang tersebu dikuliti lebih dulu. Hal ini dikarenakan pada bagian kulit kodok mengandung racun serta bakteri yang berbahaya.

Dan juga, memberikan kulit daging kodok sebagai antibiotik kepada ayam bangkok aduan juga sangat tidak di anjurkan. Pasalnya, bakteri pada kulit kodok nantinya malah dapat menjadi ancaman untuk ayam aduan.

Pemberian kodok sawah pada ayam aduan cukup sedikit saja dan jangan terlalu berlebihan. Umumnya dapat diberikan seukuran jempol tangan sebanyak 2 ekor setiap seminggu sekali.