Manfaat Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok

Manfaat Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, perawatan yang benar serta rutin kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan langkah dalam menciptakan ayam bangkok jawara. Dimana hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas bertarung serta menyerang sang ayam dalam arena sabung ayam.

Manfaat Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok

Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok

Berbagai perawatan seperti kandang, pakan serta latihan juga menunjang sang ayam pada nantinya, Dan juga tidak lupa akan pemberian suplemen serta jamu tambahan juga perlu diberikan agar kualitas sang ayam semakin bertambah. Dalam penerapannya, para bobotoh sabung ayam sendiri dapat memanfaatkan sejumlah bahan-bahan herbal. Dan salah satu bahan yang sering kali digunakan dan dipercaya memberikan banyak manfaat bagi ayam bangkok adalah pemberian bawang putih.

Bawang putih yang dikenal sebagai salah satu jenis bumbu dapur rupanya mampu memberikan sejumlah manfaat yang banyak bagi ayam bangkok. Dimana para bobotoh sabung ayam sering kali menggunakannya sebagai obat dalam mengatasi penyakit ngorok. Meski demikian, tak sampai di situ saja, ternyata banyak manfaat tersembunyi yang diberikan bawang putih bagi ayam bangkok.

Dalam kandungan bawang putih sendiri mengandung kalsium, diallysulfide, protein, lemak, fosfor, dan zat besi sangat baik untuk ayam bangkok aduan. Dan pada artikel kali ini agen sabung ayam akan mengulas sejumlah Manfaat Yang Diberikan Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok Aduan.

Berikut Manfaat yang Diberikan Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok Aduan

1. Obat Ayam Bangkok Kena Pukul Saraf

Umumnya para bobotoh sabung ayam sering kali menemukan jenis ayam aduannya yang terkena penyakit pukul saraf usai ditarungkan. Dimana hal ini membuat sang ayam akan kesulitan dalam bergerak bahkan hingga berhari-hari apabila tidak diobati.

Maka dari itu dalam pengobatannya, para bobotoh sabung ayam dapat memberikan bawang putih sebagai jalan keluarnya. Hal ini dikarenakan kandungan saltvine mampu menyehatkan serta memperbaiki jaringan saraf pada sang ayam. Dalam pemberiannya dapat dilakukan dengan cara di lolohkan langsung maupun dicampurkan dengan sejumlah jamu herbal sang ayam.

2. Obat Cacingan Ayam Bangkok

Penyakit cacingan pada ayam bangkok sering kali menyerang sistem pencernaan seperti usus. Biasanya dalam mengatasi penyakit cacingan, para bobotoh sabung ayam menggunakan sejumlah obat kimia atau buah pinang. Namun siapa sangka, rupanya kandungan zat dalam bawang putih juga dapat mengatasi penyakit satu ini dan sering kali digunakan. Dimana cara ini dapat membantu dalam membunuh pertumbuhan cacing pada usus serta meningkatkan nafsu makan sang ayam. Pemberiannya dapat dilakukan dengan cara dilolohkan secara langsung sesuai dengan takarannya.

3. Obat Kurap Ayam Bangkok

Penyakit kurap ayam bangkok sendiri tergolong sebagai salah satu jenis penyakit yang mudah menular bahkan kepada ayam bangkok dewasa sekalipun. Umumnya penyakit ini sering kali menyerang bagian kepala ayam sepert jengger. Para bobotoh sabung ayam dapat memanfaatkan bawang putih dalam mengobatinya apabila belum terlalu parah. Yakni dengan cara mengosok daerah yang terjangkit menggunakan bawang putih.

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan daun sirih sebagai cara lainnya yang sudah dibahas dalam.

Manfaat Bawang Putih Kepada Ayam Bangkok Aduan

4. Obat Snot / Pilek Ayam Bangkok

Penyakit snot atau pilek ayam bangkok aduan muncul dikarenakan inveksi bakteri Haemophillus galanarum pada saluran pernapasan. Dimana penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang cukup berbahaya dan mudah menular. Terutama memasuki musim pancaroba sehingga dapat memunculkan sejumlah penyakit lainnya seperti ngorok, sariawan dan lain-lain. Bawang putih yang mengandung senyawa alicin mampu dalam membunuh virus serta bakteri yang menimbulkan penyaki pilek. Simak cara lainnya dalam mengatasi penyakit pilek dalam

5. Sebagai Antiseptik Ayam Bangkok

Para bobotoh sabung ayam juga dapat menjadikan bawang putih sebagai salah satu bahan pembuatan antiseptik pada ayam bangkok aduan. Dimana hal ini mampu dalam mengatasi infeksi serta peradangan pada ayam usai ditarungkan. Bawang putih yang ditumbuk kemudian dicampurkan dengan air dapat digunakan dalam perawatan ayam bangkok usai ditarungkan.

6. Membuat Paruh Menjadi Kuat

Dalam dunia sabung ayam, paruh pada ayam bangkok merupakan senjata utama sang ayam dalam memberikan serangan dan pukulan. Maka dari itu, memiliki paruh yang kuat serta keras merupakan syarat penting agar tidak mudah patah pada saat mematuk dan tahan apabila terkena pukulan. Dan para bobotoh sabung ayam percaya bahwa dengan mengoleskan bawang putih ke paruh ayam mampu untuk membantu dalam menguatkan serta mempercepat pertumbuhan paruh yang patah.