Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan

Membentuk jenis ayam bangkok aduan menjadi petarung handal di atas arena laga tentu merupakan tugas penting setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya membuat sang ayam menjadi unggulan dalam setiap pertandingan yang ada.

Manfaat Bawang Merah Untuk Ayam Aduan

Bawang Merah Untuk Ayam Aduan

Tentu untuk mendapatkannya harus melalui sejumlah cara dan proses dan tidak bisa instan dengan begitu saja. Baik itu dari perawatan rutin hingga sejumlah latihan khusus. Dengan tujuan menjaga kondisi tubuh ayam agar selalu sehat.

Mengenal Manfaat Bawang Merah Pada Ayam Aduan Perawatan Rahasia Botoh Tua

Siapa sangka bumbu dapur satu ini ternyata mampu memberikan sejumlah manfaat besar bagi ayam aduan. Baik itu sumber energi tambahan hingga menjadi ramuan herbal kala menyembuhkan sejumlah penyakit yang menyerang sang ayam.

1. Sumber Energi Tambahan
Pada bawang sendiri pada dasarnya mengandung kandungan energi hingga mencapai 166 kjper 100 gramnya. Dimana hal dapat menjadi asupan tambahan ayam dalam mendapatkan sumber energi lain untuk bertarung. Sehingga nantinya mampu dalam menjalani pertandingan dalam durasi panjang.

2. Atasi Penyakit Ngorok
Tentu penyakit satu ini tidak akan terasa asing lagi pada para bobotoh. Penyakit yang langsung menyerang pada sistem pernapasan sering kali membuat ayam menjadi sulit bernafas. Dimana nantinya dapat menganggu kualitas tarung yang dimiliki.

Berbagai cara dapat dilakukan dan salah satunya adalah dengan pemberian bawang merah. Kandungan zat minyak dalamnya mampu membunuh bakteri staphylococci yang menjadi penyebab munculnya penyakit ngorok.

3. Obati Luka Usai Diabar
Ayam aduan usai diabar tentu tidak akan pernah terbebas dari namanya luka usai bertarung. Hal ini tentu perlu mendapatkan penanganan secara langsung. Dan cara yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatakn bawang merah dalam perawatannya.

Yakni dengan memotong bawang merah hingg berukuran kecil yang kemudian direbus. Dan apabila sudah matang, gunakan air rebusan itu untuk mengompres lukanya. Cara ini sendiri terbukti ampuh dan sudah lama diterapkan oleh botoh tua.

4. Menjaga Sistem Pencernaan
Sistem pencernaan yang terganggu tentu akan membuat ayam aduan menjadi lemas dan terlihat lesu. Tak jarang sejumlah penyakit akan mudah muncul seperti salah satunya berak kapur dan darah yang menjadi masalah bagi para bobotoh. Untuk mengatasinya, bobotoh dapat memanfaatkan ramuan bawang merah dalam mengatasinya. Tidak hanya menjaga sistem pencernaan, namun dalam pemberiannya juga dapat mempelancar peredaran darah.

5. Ampuh Sembuhkan Penyakit Bubul
Penyakit bubul yang biasa menyerang bagian telapak kaki sang ayam sudah menjadi masalah sehari-hari para bobotoh. Untuk mengatasinya, para bobotoh dapat mencoba cara dengan menggunakan bawang merah. Yakni dengan mengoleskan secara langsung bawang merah pada bagian kaki yang terkena bubul. Penerapannya juga dapat dilakukan pada sore hari secara rutin hingga bubul benar-benar hilang.

6. Sembuhkan Penyakit Cacingan
Tentu para bobotoh sangat familiar dengan penyakit pencernaan satu ini. Umumnya dalam mengatasi penyakit cacingan, bobotoh dapat memanfaatkan sejumlah ramuan herbal. Sebut saja seperti penggunaan bawang merah yang ampuh. Untuk penggunaannya yakni dengan cara memotong bawang merah hingga menjadi ukuran kecil kemudian seduh menggunakan air panas. Diamkan hingga 4-6 jam dan minumkan langsung pada sang ayam.