Khasiat Daun Pepaya Untuk Ayam Aduan

Khasiat Daun Pepaya Untuk Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, pemberian berbagai jenis perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini bertujuan dalam menciptakan jenis ayam bangkok aduan kualitas jawara

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada dasarnya pemberian perawatan kepada ayam aduan tidak terlepad dari sejumlah aspek. Sebut saja seperti masalah pakan, mandi, menjemur, kandang serta tak tertinggal pemberian jamu atau suplemen tambahan.

Khasiat Daun Pepaya Untuk Ayam Aduan

Daun Pepaya Untuk Ayam Aduan

Umumnya suplemen tambahan pada sang ayam sendiri dapat diperoleh dari berbagai jenis bahan-bahan alami. Yang dimana nantinya dapat dicampurkan ke dalam pakan atau diberikan langsung kepada sang ayam.

Dan salah satunya bahan alami yang sering kali digunakan oleh para botoh tua sejak dulu bagi sang ayam adalah pemberian daun pepaya.

Selain mudah untuk ditemukan, pemberian daun pepaya kepada ayam bangkok pada dasarnya memberikan banyak manfaat. Dimana diantaranya seperti meningkatkan stamina bertarung serta sebagai obat herbal dalam menjaga kondisi tubuh ayam aduan.

Pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam akan menjelaskan lebih dalam mengenai Segudang Khasiat Daun Pepaya Guna Suplemen Tambahan Ayam Aduan.

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Hal pertama dari manfaat pemberian daun pepaya yang sering kali digunakan oleh para botoh tua adalah dalam menambah nafsu makan pada sang ayam. Seperti yang sudah diketahui, terganggunya nafsu makan pada sang ayam tentu akan memberikan sejumlah risisko. Seperti mudah terserang penyakit, berat badan yang tidak ideal bahkan hingga kualitas bertarung yang menurun.

Maka dari itu, pemberian daun pepaya dapat dijadikan sebagai salah satu cara dalam mengatasi menurunnya nafsu makan sang ayam. Pemberiannya juga mudah, yakni para bobotoh hanya cukup dengan memanfaatkan air rebusan dari daun pepaya tersebut saja yang kemudian minumkan secara langsung pada sang ayam.

2. Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Menjaga kondisi ayam agar terhindar dari bakteri dan virus sehingga menimbulkan penyakit seperti pilek, bersin-bersin dan berliur merupakan tugas bagi bobotoh sabung ayam. Maka dari itu untuk mencegahnya, para bobotoh dapat memberikan ramuan dengan menggunakan bahan daun pepaya.

Untuk meraciknya, para bobotoh cukup dengan menumbuk daun pepaya hingga halus. Kemudian berikan secara langsung kepada ayam yakni pada pagi atau sore hari. Dan para bobotoh akan melihat efeknya secara langsung juga.

3.Mengatasi Penyakit Cacingan

Cacingan pada ayam bangkok umumnya muncul dikarenakan terganggunya sistem pencernaan pada tubuh ayam. Penyakit yang muncul dikarenakan serangan bakteri platyhelmintes dapat menimbulkan efek negatif pada ayam bangkok aduan. Sebut saja seperti tampak pucat dan lesu, nafsu makannya berkurang, hingga pada akhirnya membuat kemampuan bertarungnya menurun.

Untuk mengobati penyakit satu ini para bobotoh dapat memanfaatkan penggunaan dari daun pepaya. Bahkan hanya membutuhkan waktu 15 sampai 30 menit saja para bobotoh sudah dapat melihat efek yang ditimbulkan.

4. Menjaga Kekebakan Tubuh Ayam Aduan

Daun pepaya sendiri juga dapat digunakan sebagai jamu herbal sang ayam dalam menjaga sistem serta kekebalan tubuh sang ayam. Pemberiannya sendiri juga dapat berguna dalam menstabilkan peredaran darah serta menjaga kondisi daya tahan tubuh sang ayam dari berbagai penyakit.

Dalam pemberiannya dapat diberikan 2 hari sekali yakni pada pagi hari. Dan perhatikan juga takaran yang diberikan agar tidak terlalu berlebihan.

5. Mempertahankan Kualitas Bulu Ayam

Jenis ayam bangkok aduan dengan kualitas bulu yang bagus tentu dapat menjadi modal bertarung dalam arena. Dan juga akan membantu sang ayam dalam meningkatkan wibawa bertarung yang dimilikinya. Maka dari itu, tugas bobotoh dalam menjaga kualitas bulu ayam merupakan tugas utama.

Adapun dalam perawatannya para bobotoh dapat memanfaatkan daun pepaya sebagai salah satu jalan keluarnya. Yakni dengan memandikan sang ayam dengan air rebusan daun pepaya yang sudah dingin. Basuh air rebusan tersebut ke seluruh tubuh ayam.