Khasiat Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Khasiat Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, pemberian perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya tidak dapat dilakukan dengan sembarang melainkan perlu adanya perawatan khusus. Dimana hal ini pada nantinya akan mempengaruhi kualitas serta kemampuan bertarung dari sang ayam.

Umumnya sejumlah perawatan yang diberikan sendiri seperti mandi, penjemuran, latihan, istirahat, serta pemberian pakan dan suplemen perlu diberikan sehari-harinya. Tentunya hal ini akan membuat kondisi sang ayam semakin prima dan terbebas dari serangan penyakit dan hama.

Khasiat Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Pasalnya, apabila sang ayam mudah terserang penyakit tentu hal ini akan berpengaruh secara langsung kepada kualitas bertarungnya dalam arena. Memasuki musim pancaroba seperti ini, sejumlah penyakit mudah sekali muncul baik itu yang biasa saja hingga yang mematikan. Dan salah satu penyakit yang sering kali ditemui adalah penyakit cacingan yang menyerang sistem pencernaan sang ayam.

Cacingan pada ayam bangkok umumnya muncul dikarenakan bakteri platyhelmintes dapat menimbulkan efek negatif pada ayam bangkok aduan. Dalam pengobatannya, para bobotoh sabung ayam dapat memanfaatkan sejumlah bahan-bahan alami dan salah satunya adalah penggunaan buah pinang.

Penggunaan buah pinang sendiri pada dasarnya sudah lama diterapkan oleh para botoh tua. Buah yang dikenal dengan sebutan buah jambe dipercaya memiliki kandungan yang mampu dalam menjaga kesehatan ayam sekaligus sebagai obat tradisional dalam mengobati berbagai penyakit.

Khasiat Manjur Pemberian Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok Aduan

1. Obat Cacingan Ayam Bangkok Aduan

Seperti yang sudah diketahui bahwa pada dasarnya cacingan pada ayam bangkok disebabkan oleh cacing yang merusak sistem kerja pada usus. Dan apabila dibiarkan dengan begitu saja tentu akan berefek langsung terhadap kehidupan sang ayam. Umumnya, ayam yang terjangkit penyakit cacingan dapat dilihat melalui tanda-tanda seperti berikut :

  • Nafsu makan yang berkurang
  • Warna kulit ayam terlihat pucat
  • Ayam menjadi lesu dan tidak bergairah
  • Bulu ayam yang terlihat kusam
  • Terganggunya pertumbuhan pada ayam aduan
  • Penurunan produktifitas pada ayam dewasa

Maka dari itu, untuk mengantisipasi agar tidak semakin parah, para bobotoh sabung ayam dapat menggunakan sebagai salah satu obat alternatif. Pemberiannya juga cukup mudah yakni :

  • Siapkan lebih dulu buah pinang yang masih muda dan segar. Kemudian pisahkan antara daging dan kulitnya dan iris kecil-kecil agar mudah ditelan.
  • Kemudian berikan kepada ayam yang sebelumnya belum diberikan makan selama setengah hari
  • Lolohkan irisan buah pinang yang sudah dicelupkan ke dalam minyak kelapa agar mudah ditelan
  • Jika sudah diberikan, segera berikan minum sebanyak-banyaknya
  • Pijat tembolok ayam agar tertelan semua agar kandungan buah pinang cepat larut dalam air yang diminumnya.
  • Kemudian masukan kembali sang ayam dalam kandang selama beberapa jam. Dan anda akan dapat melihat langsung cacing dalam ususnya yang keluar bersamaan dengan kotorannya.

2. Obat Kurap Ayam Bangkok Aduan

Penyakit kurap menjadi salah satu jenis penyakit yang paling sering meresahkan para bobotoh sabung ayam. Penyakti yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih seperti ketombe pada bagian kepala seperti jengger.

Dan perlu diketahui, kurap tergolong sebagai penyakit yang mudah menular apabila tidak segera diatasi. Buah pinang dapat digunakan dalam mengatasi kurap sang ayam, yakni dengan cara :

  • Ambil buah pinang yang masih muda
  • Kemudian parut dan berikan sedikit air
  • Setelah itu, oleskan secara langsung ke bagian tubuh ayam yang terjangkit kurap

Para botoh tua yang sudah mencobanya membuktikan bahwa penggunaan buah pinang mampu dalam membunuh pertumbuhan jamur dan kuman pada kulit ayam. Simak cara lain yang dapat digunakan dalam mengatasi penyakit kurap dalam

Manfaat Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok Aduan

3. Obat Luar pada Luka Ayam Aduan

Usai ditarungkan, tentu jenis ayam bangkok aduan tidak akan pernah terhindar dari berbagai jenis luka yang diterima dari lawan. Maka dari itu pemberian perawatan pasca ditarungkan amat penting agar tidak terjadi penyakit inveksi.

Umumny, pinang sendiri dapat digunakan sebagai antibiotik ayam bangkok aduan pasca selesai ditarungkan.  Dan berikut resep obat luka luar ayam dengan buah pinang :

  • Tumbuk dan parut buah pinang yang masih muda hingga halus
  • Kemudian balutkan secara langsung pada luka ayam

Cara ini dilakukan agar pendaharahan luka pada ayam akan cepat kering dan luka menjadi cepat sembuh.

4. Meningkatkan Produktivitas Ayam Bangkok Aduan

Produktivitas ayam bangkok yang rendah tentu akan berakibat langsung kepada proses keturunan sang ayam. Ayam yang tidak mau kawin pada dasarnya merupakan masalah utama para bobotoh terlebih yang sedang menjalankan usaha budidaya ayam bangkok. Maka dari itu untuk mengembalikan produktivitas sang ayam itu sendiri, para bobotoh dapat memanfaatkan buah pinang sebagai jalan keluanya.

Caranya cukup mudah, pertama ambil buah pinang yang masih muda dan belum keras. Kemudian potong hingga kecil-kecil dan kemudian lolohkan pada ayam betina dan ayam jantan.