Ketahui Obat Ayam Ngorok Tradisional

Ketahui Obat Ayam Ngorok Tradisional

Mengenali obat ayam ngorok tradisional merupakan hal yang patut diketahui oleh para bobotoh dalam menjalani usaha budidaya ayam bangkok. Pasalnya memasuki musim pancaroba seperti ini, berbagai penyakit ayam bangkok sering kali menyerang ayam kesayangan kita. Baik yang masih dalam anakan, muda maupun yang sudah dewasa.

Ketahui Obat Ayam Ngorok Tradisional

Obat Ayam Ngorok Tradisional

Penyakit ngorok sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering kali muncul dikarenakan adanya inveksi bakteri pada sistem pernafasan ayam kesayangan kita. Dimana penyakit satu ini dapat memberikan efek buruk. Seperti salag satunya adalah menyebabkan ketangguhan ayam aduan menjadi menurun.

Terganggunya pernafasan sang ayam akan membuat dirinya menjadi sulit bernafas dikarenakan adanya lendir yang muncul di dalam kerongkongan sehingga menghalangi keluar masuknya udara.

Mengetahui efek yang diberikan menganggu aktivitas sang ayam, maka dari itu penyakit satu ini juga harus mendapatkan perawatan serta penanganan yang tepat pula. Pasalnya, apabila dibiarkan begitu saja, penyakit ngorok dapat menyebar dan menyerang ayam-ayam lain yang masih sehat.

Penyebab Munculnya Penaykit Ayam Ngorok

Umumnya, penyakit ayam bangkok dapat muncul dikarenakan beberapa sebab, antara lain seperti suhu dan kelembapan, terinfeksi penyakit dan Pola Perawatan.

1. Suhu dan Kelembapan Udara

Standarnya, suhu ideal pada kandang ayam bangkok sekitar 25 sampai 28 derajat celcius dan kelembapan normal untuk ayam yaitu 60-70%. Memiliki tingkat kelembapan serta suhu yang tidak stabil dapat menjadi salah satu faktor munculnya masalah pernapasan sehingga ayam akan lebih rawan terinfeksi bibit penyakit.

2. Terinfeksi Penyakit

Biasanya, faktor penyakit seperti CRD dan CRD kompleks, Korisa, ILT (infeksius laryngo tracheitis) merupakan salah satu penyebab timbulnya penyakit ayam ngorok. Selain itu, jenis penyakit tersebut juga memiliki gejala serta tingkat penangan yang berbeda.

3. Pola Perawatan

Kesalahan perawatan yang diberikan pada sang ayam juga dapat menjadi salah satu sumber penyakit pada sang ayam. Maka dari itu pola pemberian pakan beserta pengendaliannya juga harus diperhatikan dalam.

Selain itu, menjaga kebersihan kandang dan lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan.

Usai mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan munculnya penyakit ayam ngorok, untuk selanjutnya kami akan masuk ke dalam tahap pengobatan serta bahan-bahan tradisional apa saja yang dapat dilakukan guna menyembuhkan penyakit ayam ngorok.

Obat Ayam Ngorok Tradisional yang Paling Manjur

Ramuan obat ayam ngorok tradisional satu ini sudah dipercaya bahkan diturunkan secara turun-temurun oleh para bobotoh tua dalam menangani penyakit ayam ngorok. Selain ampuh, pemberian obat ayam ngorok tradisional juga lebih aman ketimbang menggunakan obat-obatan dari toko obat.

1. Daun Sirih

Pengobatan pertama ayam ngorok yang dapat diberikan dan terbukti ampuh adalah dengan menggunakan daun sirih. Caranya cukup dengan merebus 5 helai daun sirih ke dalam panci yang sudah di isi dengan 1 gelas air bersih. Kemudian ambil air rebusan tersebut yang sudah lebih dulu disaring. Setelah itu, campurkan air perasan 1 buah jeruk nipis ke dalamnya.

Untuk pemberiannya cukup diberikan kepada ayam yang terserang penyakit ngorok dalam kondisi sudah hangat. Berikan 2 kali sehari, yakni saat pagi dan sore hari.

2. Bawang Putih

Khasiat pada bawang putih memang sudah dikenal luas dalam dunia sabung ayam. Pasalnya kandungan pada bawang putih dipercaya mampu meredakan masalah pernapasan ayam. Pemberiannya cukup dengan memarut bawang putih yang kemudian diambil sarinya. Setelah itu minumkan secara langsung kepada sang ayam yang menderita sakit ngorok. Selain penyakit ngorok, manfaat bawang putih lainnya adalah berguna sebagai obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan.

Obat Ayam Ngorok Tradisional

3. Getehan

Bagi para bobotoh sabung ayam aduan daerah Pantai Utara Jawa tentunya tidak asing dalam mengenal tumbuhan satu ini. Wajar saja, pasalnya tanaman getehan sering kali dimanfaatkan mereka dalam mengobati masalah ngorok pada ayamnya.

Pada dasarnya, tanaman getehan sendiri hanya dapat tumbuh di lingkungan semak belukar. Dengan memiliki buah yang merah serta daun yeng lebar membuat tanaman getehan sering kali dimanfaatkan oleh para bobotoh.

Umunya, bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat adalah pada bagian buahnya. Buah yang sudah matang yakni berwarna merah ditumbuk kemudian diambil sarinya untuk kemudian diminumkan pada ayam yang sakit. Jika tidak langsung sembuh, ulangi pemberian ramuan ini setiap 1 hari sekali, saat malam hari.

Pemberian tanaman getahan juga dianggap sangat ampuh dan manjur dalam mengatasi penyakit ayam ngorok meski hingga saat ini tanaman tersebut masih dikategorikan sebagai salah satu jenis yang sulit untuk ditemukan.

Untuk pemberiannya cukup dilakukan saat sore hari dan akan melihat khasiatnya secara langsung pada pagi hari.