Ketahui Cara Praktis Menjinakan Ayam Aduan

Ketahui Cara Praktis Menjinakan Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, pada setiap jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya memiliki jenis serta sifat yang berbeda-beda. Sebut saja seperti adanya jenis ayam aduan yang sudah terlatih dan ada juga yang bersifat liar.

Sebagai bobotoh sabung ayam tentunya lebih memilih kepada pilihan pertama. Namun bagaimana jika ayam aduan yang dimiliki masih memiliki sifat liar serta beringas sehingga sulit untuk dilatih.

Ketahui Cara Praktis Menjinakan Ayam Aduan

Cara Praktis Menjinakan Ayam Aduan

Dan juga selama perawatan berlangsung tentu akan kesulitan sendiri. Selain dikarenakan susah untuk dirawat, namun sifatnya yang liar dan banyak bergerak, suka memberontak jika dipegang sehingga membuat bulunya copot. Dan perlu diketahui, ayam yang kehilangan bulunya secara sadar dapat mempengaruhi kondisi mental yang dimiliki.

Maka dari itu, menjadikan ayam bangkok aduan menjadi jinak sendiri perlu dilakukan. Dimana pada nantinya memberikan keuntungan tersendiri, diantaranya seperti mempermudah dalam proses perawatan serta pelatihan.

Ketahui Cara Praktis Menjinakkan Ayam Bangkok Liar Agar Terlatih

1. Pemberian Makan Secara Langsung

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pakan secara langsung tanpa bantuan wadah atau tempat pakan. Sebaliknya, anda harus memberikan pakan dengan cara menyuapinya secara langsung.

Hal ini dilakukan agar sang ayam bangkok terbiasa dan tidak gugup atau panik saat berdekatan dengan pemiliknya. Dalam pemberiannya, pertama pegang terlebih dahulu sang ayam kemudian ambil makanan dan suapi langsung. Lakukan secara rutin dan anda akan melihat perubahan pada sifat sang ayam.

2. Memandikan Ayam Bangkok Aduan Setiap Hari

Seperti yang sudah diketahui bahwa proses memandikan ayam bangkok aduan merupakan hal wajib yang perlu dilakukan. Pada dasarnya tujuan memandikan ayam bangkok sendiri agar semua kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu-bulunya bersih. Dan juga, proses pemandian ayam bangkok juga dipercaya dapat memulihkan kondisi fisiologis serta membuat bentuk ayam menjadi lebih prima dan mempesona. Dan juga tak tertinggal yakni mendekatkan si ayam dengan pemiliknya.

3. Menjemur Ayam Dengan Cara Memegang Langsung

Usai memnadikan sang ayam, tentu tahap selanjutnya adalah menjemur sang ayam dibawah sinar matahari secara langsung. Jika biasanya sang ayam dimasukan ke dalam kurungan maka lain halnya untuk jenis ayam liar.

Sebaiknya anda memegang secara langsung dan dilakukan selama 2 jam yakni pada pagi dan sore hari. Tambahkan juga sentuhan yang lembut agar ayam aduan anda juga merasa lebih nyaman dengan pemiliknya.