Ketahui 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Ketahui 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Dalam dunia sabung ayam, perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan bagian penting yang harus dipenuhi dalam mendapatkan ayam bangkok aduan jawara. Dimana perawatan pada sang ayam sendiri tidak dapat dilakukan dengan asal melainkan perlu adanya perawatan khusus yang sesuai.

Ketahui 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Ayam Aduan

Selain masalah pakan dan kandang, perawatan pada ayam bangkok juga dapat dilakukan dengan melakukan pemberian suplemen  tambahan berupa jamu yang berasal dari bahan-bahan herbal. Dimana hal ini lebih di anjurkan ketimbang menggunakan bahan kimia yang jauh lebih berbahaya.

Umumnya, para bobotoh sabung ayam sering kali memanfaatkan sejumlah tanaman herbal dalam perawatannya. Dan yang paling sering digunakan adalah seperti penggunaan dari daun sirih. Manfaat dari penggunaan daun sirih sendiri pada dasarnya memang sudah dikenal sejak lama. Termasuk ditujukan secara langsung kepada para bobotoh sabung ayam dalam memberikan perawatan kepada ayam bangkok aduan.

Maka dari itu, pada artikel kali ini agen sabung ayam online akan menjelaskan mengenai apa saja Manfaat Daun Sirih Pada Ayam Bangkok Aduan yang dianggap ampuh.

Berikut 9 Manfaat Daun Sirih Pada Ayam Bangkok Aduan

1. Sebagai Antibiotik

Umumnya para bobotoh sabung ayam sering kali memanfaatkan daun sirih sebagai antibiotik serta antiseptik pada sang ayam. Yakni dalam membersihkan luka dari kuman serta menjaga kesehatan dari ayam aduan itu sendiri. Dan salah satunya adalah dapat diterapkan ketika ayam aduan sudah selesai diadukan tentunya akan memiliki sejumlah luka yang timbul di tubuhnya. Para bobotoh dapat membersihkan lukanya dengan menggunakan daun sirih. Maka tidak heran apabila daun sirih sering kali digunakan sebagai pengganti dari betadine dikarenakan bersifat alami.

2. Suplemen Tambahan

Daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu atau suplemen herbal bagi sang ayam. Dimana dalam pemberiannya dapat dilakukan dengan cara mencampurkan langsung pada pakan atau minum. Kemudian juga dapat di campurkan dengan bahan lain seperti kunyit dan gula merah. Yang dimana pada nantinya berguna dalam menjaga tubuh ayam dari serangan penyakit.

3. Pengobatan Penyakit Ayam Ngorok

Seperti yang diketahui, penyakit ngorok sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering kali muncul dikarenakan adanya inveksi bakteri pada sistem pernafasan ayam kesayangan kita. Dimana hal ini dapat memberikan efek yang buruk pada sang ayam. Sebut saja seperti menurunnya ketangguhan ayam aduan serta sulitnya untuk bernafas dikarenakan tersumbatnya sistem pernafasan.

Dalam pengobatannya dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan penggunaan daun sirih. Yakni dengan cara direbus kemudian diminumkan maupun langsung dilolohkan secara langsung kepada sang ayam yang sakit ngorok.

4. Mencegah Munculnya Penyakit Kurap

Penyakit kurap ayam bangkok sendiri tergolong sebagai salah satu jenis penyakit yang mudah menular bahkan kepada ayam bangkok dewasa sekalipun. Umumnya penyakit ini sering kali menyerang bagian kepala ayam sepert jengger. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memandikan sang ayam secara langsung menggunakan air rebusan daun sirih. Dimana penerapannya dapat dilakukan setidaknya seminggu sekali.

9 Manfaat Daun Sirih Pada Ayam Bangkok

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Daun sirih juga dapat digunakan dalam menjaga kesehatan pada sistem pencernaan ayam bangkok aduan. Selain itu juga mampu dalam mengobati sejumlah penyakit seperti cacingan, berak kapur serta berak merah.

6. Pestisida Kandang Ayam Bangkok

Selain itu, daun sirih juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan pestisida atau semprot pada kandang ayam bangkok. Dimana hal ini dapat beguna dalam membasmi kuman serta kutu pada kandang ayam bangkok.

7. Menghilangkan Lemak Bulu Ayam Bangkok

Pada dasarnya lemak pada bulu ayam bangkok sangat mempengaruhi pertumbuhan otot sang ayam. Maka dari itu, para bobotoh sabung ayam sering kali menyarankan untuk memandikan ayam bangkok aduan dengan menggunakan air rebusan daun sirih sesekali. Dimana hal ini dianggap ampuh dalam menghilangkan lemak pada bulu ayam bangkok.

8. Memperpanjang Nafas atau Stamina Ayam Bangkok

Selain itu, memandikan ayam bangkok aduan menggunakan daun sirih juga dapat membantu dalam memperpanjang nafas sang ayam. Seperti yang diketahui nafas pada ayam bangkok sering kali dianggap sebagai stamina utama sang ayam dalam menjalani laga pertarungan. Seperti yang baru saja dijelaskan di atas, lemak yang terdapat pada bulu ayam bangkok selain mampu menghambat pertumbuhan otot namun juga dapat berefek pada bulu sang ayam dalam menghisap udara sehingga mudah kelelahan.

9. Menghilangkan Bau Pada Kotoran Ayam Bangkok

Jika biaranya manusia menggunakan daun sirih dalam menghilangkan bau badan. Maka hal ini juga mampu diterapkan tepatnya dalam Menghilangkan Bau Pada Kotoran Ayam Bangkok.