Kelebihan Ayam Bangkok Pakhoy

Kelebihan Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam Pakhoy Pertama Kali Berkembang Pesat di Perbatasan Antara Thailand Dengan Malaysia, Sehingga Orang Indonesia Menyebut Ayam Ini Dengan Sebutan Ayam Bangkok Selatan.

Kelebihan Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam Bangkok Pakhoy adalah salah-satu generasi sabung ayam modern. Nama pakhoy sendiri merupakan singkatan dari Pama-Khoy dan di ambil dari istilah negara Thailand yang diartikan sebagai penumpas setan atau pembunuh setan, di mana setan yang dimaksudkan di sini yaitu sebutan untuk jenis ayam Pama atau ayam aduan asli dari Birma yang berasal dari negara Myanmar.

Di tahun 2000 ayam birma pernah menjadi penguasa arena yang sudah malang melintang menaklukkan beragam jenis Ras ayam aduan seperti ayam Bangkok, walau ayam pama mempunyai postur tubuh yang lebih kecil dari ayam Bangkok, jenis ayam Pama ini mempunyai kecepatan, akurasi, timpukan-timpukan ke arah mata atau kepala dengan dampak yang mematikan lawan. Untuk ukuran kelas dibawah 3 kg ayam Birma di arena sabung ayam di bangkok nyaris tidak terkalahkan, maka dari itu ayam birma di juluki ayam pama atau ayam setan.

Merunut sejarahnya, ayam bangkok pakhoy sendiri adalah pengembangan dari ayam bangkok super dan di latih melalui tehnik breeding khusus. Ayam bangkok Pakhoy dirancang agar bisa bertanding dengan semua jenis ayam dengan ukuran yang beragam, termasuk juga dengan ayam bangkok saigon.

Ciri-Ciri Fisik Ayam Bangkok Pakhoy Serta Gaya Bertarung nya.

Ciri-ciri ayam pakhoy bisa di kenali dari fisik atau tulangan, gaya bertarung dan dari pukulan. Ketiga kombinasi yang di punyai ayam itu pastinya tidak sering di punyai oleh sabung ayam dari trah lain baik dari ayam bangkok, ayam birma ataupun ayam saigon. Adapun pada umumnya ciri-ciri tehnik dan pukulan ayam pakhoy tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Ayam bangkok pakhoy mempunyai tehnik pukulan cepat yang sering merapat kebadan lawan dengan gerakan lebih lincah dan cepat sebelum melepaskan pukulan.
  2. Ayam bangkok pakhoy mempunyai pukulan keras cenderung kearah badan dengan terlebih dahulu mematuk sekitar leher dan melepaskan pukulan kearah leher.
  3. Ayam pakhoy sering melepaskan pukulan berulang ulang dengan habis-habisan/mati matian yang terkesan tidak memberikan kesempatan lawan untuk munguasainya.
  4. Mempunyai gerakan cepat dan bahkan dapat mengimbangi tehnik lawan yang sebagus apapun.
  5. Sering melakukan pukulan badan dan cepat menaklukkan lawan terutama ayam aduan yang memiliki tulangan yang tipis seperti ayam burma.
  6. Mempunyai pukulan keras dan mengagetkan lawan.
  7. Sering masuk sela-sela dan menyulitkan pukulan lawan.
  8. Jika terdesak, ayam pakhoy mematuk di semua bagian tubuh, baik bahu, bulu ataupun leher kemudian melepaskan pukulan kerasnya.

Tidak hanya mengimbangi kecepatan yang di punyai oleh ayam birma, ayam pakhoy ini memiliki tulangan yang lebih tebal dan lebih kuat dari ayam birma, sehingga lebih kuat dalam terima pukulan. Oleh karena itu bisa di katakan kalau ayam pakhoy memiliki gaya tarung sedikit lebih sempurna di banding ayam birma.

Tetapi pada intinya tidak menutup kemungkinan kalau ayam birma bisa di kalahkan, karna dunia ayam yaitu misteri yang sulit untuk di tebak serta sesuai dengan bahasa kepercayaan dalam adu ayam yakni ayam bisa di kalahkan dengan ayam.

Kelebihan Dari Ayam Bangkok Pakhoy

Ayam bangkok pakhoy asli dari Thailand bagian selatan ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan ayam bangkok umumnya. Kelebihannya itu antara lain gerakannya yang cepat hingga memudahkan dirinya untuk berkelit dari pukulan lawan, langkahnya yang lincah hingga memberi kesempatan semakin besar untuk memutar, sudut tengokannya yang lebar memungkinkan kemenangan waktu mengalung leher lawan, dan pukulannya begitu tajam serta panas.

Selain mempunyai sebagian kelebihan diatas, ayam bangkok Pakhoy juga dikenal mempunyai gaya bertanding yang urakan, cepat, serta mematikan. Seringkali karna pukulannya yang akurat, beberapa lawannya lari tunggang langgang dan ada pula yang tumbang pada menit-menit pertama pertandingan.

Kelemahan Dari Ayam Bangkok Pakhoy

Walau mempunyai banyak kelebihan, tidak dipungkiri juga kalau ayam bangkok pakhoy juga mempunyai sebagian kelemahan. Mengenai kelemahan paling utama dari ayam pakhoy ini yaitu mentalnya yang kurang baik saat bertanding terlampau lama. Pukulannya yang semakin banyak menghadap ke arah tubuh juga buat lawan mempunyai peluang semakin banyak untuk menyerang.

Bila Anda mempunyai ayam ini, sebagian kekurangan ayam pakhoy itu butuh Anda cermati dengan cermat. Latihan mental begitu dibutuhkan untuk membuatnya lebih siap berlaga, sedang untuk pukulan, Anda dapat melatihnya dengan sebagian tehnik basic