Katuranggan Mata Ayam Bangkok Aduan

Katuranggan Mata Ayam Bangkok Aduan

Dalam dunia sabung ayam, terdapat sebuah ilmu yang dikenal dengan sebutan ilmu katuranggan. Dimana katuranggan ini sendiri dipercaya merupakan sebuah karakter atau ciri khusus yang dimiliki  jenis ayam bangkok aduan dalam menjalani laga.

Katuranggan Mata Ayam Bangkok Aduan

Katuranggan pada ayam bangkok sendiri pada dasarnya sudah ada dan diturunkan sejak turun temurun oleh para botoh tua kepada anak cucunya. Dimana hal ini agar dapat menilai kualitas jenis ayam bangkok aduan dengan cara melihat dari ciri fisik ayam. Kepercayaan para bobotoh sabung ayam kepada ilmu satu ini juga sudah lama diterapkan. Dimana mereka percaya bahwa jenis ayam bangkok yang memiliki ciri fisik khusus atau katuranggan memiliki keunikan dan keunggulan dalam melakukan laga tanding.

Katuranggan pada ayam bangkok dapat dinilai dengan cara melihat dari bagian fisik pada sang ayam, yakni seperti kepala, kulit muka, jengger, struktur tulang leher, tulang dada, bentuk badan, bentuk paha, kaki, dan ekornya. Dan pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai salah satu katuranggan yang juga tidak kalah terkenalnya, yakni katuranggan ayam bangkok aduan.

Faktanya para bobotoh sabung ayam percaya bahwa mata pada ayam bangkok aduan dapat dijadikan acuan dalam menilai kualitas sang ayam dalam arena sabung ayam. Dan berikut agen sabung ayam telah rangkum sejumlah katuranggan pada mata ayam bangkok serta kelebihannya dalam dunia sabung ayam online.

Berikut Katuranggan Mata Ayam Bangkok Aduan Serta Kelebihannya

Mata Api

Mata api termasuk ke dalam salah satu jenis mata yang cukup mudah untuk dikenali. Dimana dengan ciri hampir keseluruhan matanya berwarna merah serta terdapat juga bintik-bintik merah. Dipercaya bahwa jenis ayam bangkok dengan bentuk mata api memiliki mental bertarung jawaran dalam arena sabung ayam. Selain itu juga dapat menyebabkan mental sang ayam turun apabila sudah bertatapan secara langsung.

2.  Mata Jalak

Untuk mata jalak memiliki ciri yakni berwarna putih kuning. Dimana kelebihan pada mata ini adalah mampu memberikan mental bertarung yang tinggi dalam menjalani laga meski pada saat menjalani laga biasanya sering memulai dengan tempo lambat.

3. Mata Sutra

Untuk jenis mata satu ini memiliki penampilan dengan warna oranye dengan linkaran hitam pada bagian luarnya. Untuk mata sutra pada dasarnya diyakini memiliki tingkat keagresifan yang tinggi sehingga mampu dalam membuat lawan menjadi takut dan turun mentalnya.

4. Mata Gagak

Dikenal dengan mata gagak dikarenakan warna matamnya yang hitam pekat. Kelebihan dari mata gagak sendiri adalah memiliki semangat bertarung yang tinggi serta tidak mudah menyerah dalam menjalani sebuah laga yang sengit. Dan juga, diketahui untuk jenis ayam bangkok dengan mata satu ini biasanya sering kali memilih lawan dalam menjalani laga pertempuran.

Katuranggan Mata Ayam Bangkok Aduan Serta Kelebihannya

5. Mata Raja

Dari semua jenis mata pada ayam bangkok, mata raja sering kali dipilih dan menjadi favorit oleh para bobotoh sabung ayam. Dengan ciri khas yakni bola mata yang berwarna oranye menyala terang dengan corak merah membuatnya menjadi incara para bobotoh sabung ayam untuk dipelihara. Selain itu, banyaknya bobotoh sabung ayam memilih jenis mata raja sendiri dikarenakan ketangguhannya serta latar belakannya yakni pantang menyerah hingga titik penghabisan. Pasalnya, ayam bangkok aduan mata raja diyakini lebih baik mati daripada harus menyerah.

6. Mata Kadal

Bentuk mata kadal termasuk ke dalam jenis mata yang cukup langka di dunia sabung ayam. Dimana dengan warna khas matanya yakni hitam merah membuat ayam ini dikenal dengan kemampuannya dalam membuat mental sang ayam menjadi tidak stabil sehingga akan dibuat kebingungan saat menjalani laga.

7. Mata Kristal

Warna mata putih bening layaknya sebuah kristal ini dikenal dalam dunia sabung ayam sebagai jenis mata yang memiliki penglihatan yang tajam. Dimana hal ini biasanya dimanfaatkan sang ayam dalam membaca kualitas serta teknik dan gaya bertarung pada lawan dalam arena.

8. Mata Kerak

Sama halnya dengan mata kristal, jenis mata kerak juga memiliki penampilan fisik yakni dengan corak matanya yang hitam pada bagian putihnya.  Namun untuk mata kerak memiliki 4 bintik hitam disekitar bola mata hitamnya. Menurut sejumlah pengalaman bobotoh, untuk jenis mata kerak termasuk salah satu yang banyak dihindari dalam arena sabung ayam.

Selain pada mata ayam bangkok, terdapat beberapa jenis katuranggan yang dapat digunakan dalam menilai kualitas pada ayam bangkok seperti diantaranya

Demikian pembahasan tetang “Buah Pinang Untuk Ayam Bangkok Aduan” yang wajib anda ketahui, bagi anda yang ingin mengikuti sabung ayam online, anda bisa melakukanya dengan klik “SABUNG AYAM ONLINE