Katuranggan Ayam Bangkok Super Ditakuti

Katuranggan Ayam Bangkok Super Ditakuti

Katuranggan pada jenis ayam bangkok aduan tentu bukan menjadi hal baru lagi bagi bobotoh sabung ayam. Dimana kehadirannya sering kali digunakan sebagai tolak ukur dalam menilai kualitas ayam aduan jawara.

Katuranggan Ayam Bangkok Super Ditakuti

Ayam-Bangkok-Super-Ditakuti

Katuranggan pada ayam aduan juga beragam jenisnya untuk dikenali, mulai dari teknik tarung hingga ciri fisik yang dimiliki. Dimana hal ini tidak dapat ditemukan pada semua jenis ayam aduan yang ada.

Jenis Katuranggan Ayam Bangkok Super Ditakuti Di Dunia Sabung Ayam

Ciri fisik yang dimaksud kali ini sendiri meliputi bagian kepala, kulit muka, jengger, struktur tulang leher, tulang dada, bentuk badan, bentuk paha, kaki, dan ekornya.

1. Bentuk Kepala

Ayam aduan dengan bentuk kepala yang berkualitas adalah memiliki bentuk layaknya seperti buah pinang. Hal ini menunjukan bahwa sang ayam terkenal akan cerdik dalam bertarung atas lawannya. Berbeda dengaan berkepala besar yang memiliki reflek lambat.

2. Kulit Muka

Selanjutnya tanda ayam jawara adalah melalui sturuktur kulit muka. Dimana diantaranya harus tebal dan banyak berkerut yang menandakan bahwa ayam tersebut memiliki gaya tarung yang tenang serta tahan akan serangan yang dilancarkan. Sebaliknya disarankan untuk tidak memilih ayam aduan dengan struktur kulit wajah yang tipis karena tidak mampu dalam menahan pukulan.

3. Warna Mata

Katuranggan mata sendiri ditandakan dengan warna mata yang sama dengan paruh dan kaki ayam. Dimana hal ini dimaksudkan bahwa sang ayam memiliki warna yang nyambung, yaitu antara warna kaki, paruh dan mata memiliki kesamaan. Ditambah juga dengan kornea mata yang jernih dan tatapan mata yang tajam menandakan sang ayam memiliki gerakan reflek yang lebih efektif.

4. Bentuk Jengger

Jengger dengan bentuk yang besar disebut memiliki gaya tarung yang tenang. Sedangkan bentuk yang kecil diartikan memiliki teknik tarung yang gesit. Memiliki kelebihan yang bagus namun bentuk jengger yang kecil lebih diunggulkan karena kegesitannya dalam bergerak.

Katuranggan Ayam Bangkok Super

5. Struktur Tulang Leher

Usahakan untuk mendapatkan ayam aduan dengan tulang leher yang rapat dan kecil. Hal ini akan memudahkan ayam dalam melakukan serangan teknik kunci saat ngalung. Selain itu hal ini juga akan memudahkan ayam untuk menggerakan kepalanya agar lebih leluasa dalam menghindari serangan.

6. Postur Badan

Postur badan yang berkualitas juga menjadi kunci dalam teknik tarung sang ayam. Cari ayam aduan dengan bentuk badan yang tegap hingga 45 derajat sehingga membuatnya memiliki gaya tarung main atas dan memberikan peluang untuk melancarkan banyak pukulan. Selain itu, menurut botoh tua, ciri seperti ini sering kali menjadi penentu dalam membedakan ayam jawara dan palsu.

7. Tulang Dada

Tulang dada ayam sendiri pada umumnya dibedakan menjadi dua jenis yakni yang panjang dan pendek dengan keunggulan masing-masing. Dimana tulang dada yang panjang memiliki daya tahan yang kuat dari serangan, memiliki pukulan yang keras namun sulit dalam melancarkan serangan. Sedangkan untuk yang pendek disebut memiliki pukulan yang baik, akurat dan kuat namun lemah menerima pukulan dari lawan.

8. Bentuk Paha

Jarah paha yang sama dengan telapak tangan diklaim sebagai ayam aduan dengan pukulan yang keras. Sebaliknya, apabila terlalu lebar dinilai sulit untuk menggunakan jalu dalam memukul lawannya. Kemudian untuk bentuknya harus menyerupai paha belalang sehingga memiliki pukulan yang keras.