Kandungan Pakan Ayam Bangkok

Kandungan Pakan Ayam Bangkok

Salah satu kunci sukses dalam mendapatkan ayam bangkok aduan dengan tingkat pertumbuhan dan kesehatan yang baik adalah dengan memperhatikan setiap kandungan pakan yang diberikan. Maka dari itu, kandungan zat-zat yang dibutuhkan oleh sang ayam haruslah berasal dari pakan yang baik.

Kandungan Pakan Ayam Bangkok

pakan ayam bangkok

Pasalnya, apabila anda melakukan kesalahan dalam proses penentuan jenis-jenis pakannya dapat mempengaruhi siklus pertumbuhan serta kemampuan sang ayam dalam menjalani pertandingan di medan laga. Maka dari itu, sebagai pemiliki sabung ayam aduan haruslah selalu memperhatikan serta mengetahui zat-zat apa saja yang terkandung dalam pakan ayam. Agar selanjutnya dapat tumbuh secara optimal sehingga menjadi ayam jawara.

Pada dasarnya, terdapat 7 kandungan yang harus dimiliki dalam pakan ayam bangkok aduan. Ketujuh kandungan itu sendiri antara lain merupakan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, air, hijauan, serta grit.

Dan pada artikel kali ini , kami selaku Situs Agen Judi Sabung Ayam Online, akan menjelaskan mengenai apa saja manfaat dari kandungan pakan ayam bangkok yang diberikan.

Berikut Kandungan Pakan Ayam Bangkok Yang Harus Dipenuhi

1. Protein

Kandungan Protein dalam pakan ayam bangkok berfungsi sebagai zat pembangun tubuh. Dimana hal ini berguna untuk meningkatkan jumlah otot serta daging yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak ayam yang masih dalam proses pertumbuhan. Yakni pada usia 0-5 bulan ditambah juga kepada ayam yang sedang dalam persiapan bertarung.

Umumnya, para bobotoh sering kali menambahkan sejumlah cincangan daging dalam pakan sang ayam. Selain itu, protein pada pakan ayam juga dapat berasal dari kuning telur sebagai jamu pelengkap pakan. Namun untuk pemenuhan protein pada anak ayam dapat dilakukan dengan pemberian konsentrat. Hal ini dikarenakan kandungan konsentrat memiliki kandungan yang tinggi protein dimana bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan sang ayam.

2. Lemak

Tidak hanya protein, lemak juga merupakan salah satu kandungan penting yang diperlukan oleh anak ayam yang sedang dalam proses pertumbuhan. Sebaliknya, untuk jenis ayam bangkok petarung, kandungan lemak tidak begitu dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan ayam yang siap diadu harus memiliki sejumlah kriteria yakni seperti harus singset, langsing, tubuhnya padat berisi, dan tidak menampung banyak lemak. Pasalnya, kelebihan lemak pada ayam bangkok dapat menyebabkan badan ayam menjadi berat. Dimana hal ini akan berpengaruh secara langsung terhadap pergerakan serta teknik pukul pada sang ayam. Maka dari itu, dianjurkan agar tidak memberikan pakan yang mengandung lemak berlebih pada ayam bangkok aduan.

3. Karbohidrat

Kandungan Karbohidrat pada pakan dapat membantu menjaga stamina sang ayam dalam bertarung. Pasalnya, kandungan Karbohidrat pada pakan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber tenaga bagi sang ayam. Selain itu, porsi yang dibutuhkan juga harus banyak, agar sang ayam memiliki stamina bertarung hingga akhir pertandingan. Adapun dalam pemberiannya, anda daapt memberikan makanan pokok berupa beras merah, gabah, atau jagung pipil.

4. Vitamin Dan Mineral

Untuk meningkatkan kekebalan serta daya tahan tubuh sang ayam dalam menjalani laga, pemberian Vitamin dan Mineral merupakan hal yang tepat. Pasalnya pemberian vitamin dan mineral pada pakan dapat berguna untuk katalisator dalam proses metabolisme tubuhnya.

Selain itu, takaran vitamin yang dibutuhkan juga tidak perlu banyak. Cukup 1 sampai 2% dari total ransum yang diberikan. Usahakan untuk memberikan vitamin dengan kandungan vitamin B kompleks dikarenakan dapat membantu sang ayam dalam kemampuan bertarungnya dalam arena.

5. Air

Tentunya selain memberikan pakan, ayam aduan juga perlu diberikan air sebagai minuman. Pasalnya, manfaat yang diberikan air putih sendiri dapat berfungsi sebagai pelarut dalam proses metabolisme tubuh. Misalnya dalam proses pencernaan, mengatur suhu badan, dan mengatur kerja enzim di dalam tubuhnya.

6. Hijauan

Hijauan sendiri merupakan salah satu jenis pakan tambahan yang dapat diberikan pada ayam bangkok. Hijauan yang dimaksud juga antara lain adalah seperti kecambah kacang hijau, kangkung, dan daun pisang muda. Yang dimana hal ini dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan khususnya kepada ayam berumur dua bulanan. Usahakan untuk memberikan jenis hijauan yang memiliki banyak kandungan air serta tidak memberikan efek racun bagi si ayam.