Jenis Penyakit Mematikan Pada Ayam Bangkok

Jenis Penyakit Mematikan Pada Ayam Bangkok

Ayam bangkok sama dengan manusia layakanya makhluk hidup tentu saja dapat terserang penyakit, Imunitas tubuh yang lemah , cuaca dll, makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan pada ayam bangkok. Dari penyakit ringan hingga seperti pilek, hingga penyakit yang membahayakan nyawa ayam bangkok patut diwaspadai oleh para botoh tua.

Jenis Penyakit Mematikan Pada Ayam Bangkok

Penyakit Mematikan Pada Ayam Bangkok

Pada kali ini kami akan memberikan pengetahuan baru kepada botoh, yakni jenis penyakit yang mematikan pada ayam bangkok yang patut dihindari dan di jaga. Para botoh wajib mengetahui gejala yang ada pada ayam bangkok apabila terserang penyakit , pencegahan serta juga penanganan yang baik harus dilakukan.

Berikut adalah jenis penyakit mematikan yang dapat menyerang ayam bangkok kesayangan anda.

  1. Tetelo
    Penyakit yang disebabkan oleh virus ND ini sangat sering menyerang ayam bangkok. Jika ayam bangkok anda terserang tetelo, maka cara terbaik adalah dengan membakar atau menguburnya hidup-hidup. Karena apabila dibiarkan, virus dari ayam bangkok tersebut sangat mudah menyebar. Ciri-ciri ayam bangkok yang terkena tetelo yaitu sesak nafas, batuk, bersin, feses berwarna merah, ngorok, lemas. Penyakit ini bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi pada ayam bangkok kesayangan anda.
  2. Cacingan
    Tidak hanya manusia, hewan juga bisa terserang parasit seperti cacing. Penyebab ayam bangkok terkena cacingan biasanya akibar dari kandang yang kotor dan tidak terawat kebersihannya. Jika ayam bangkok mengalami penurunan berat badan yang drastis, serta terlihat lesu bisa dipastikan ayam terkena cacingan. Pemberian obat cacing Exitor dapat dilakukan saat pagi hari sebelum ayam makan. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang ayam bangkok kesayangan anda.
  3. Bronkitis
    Penyakit menular ini berbahaya bagi kelangsungan hidup ayam bangkok. Ciri-ciri yang dapat dikenali adalah bulu kusam, tubuh ayam gemetar, sesak nafas, batuk, dan bagian leher agak memutar. Bronkitis pada ayam bangkok dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi, yang diberikan dengan cara tetes pada mata atau hidung.
  4. Berak Putih
    Apabila ayam terkena berak putih, lekas berikan obat Trimezin atau Tretraclor sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika tidak juga kunjung sembuh dan semakin parah, jalan satu-satunya adalah dengan mengubur atau membakar hidup-hidup. Agar menghindari penularan terhadap ayam-ayam lainnya.
  5. Berak Darah
    Penyakit ini juga kurang lebih sama dengan berak putih, dengan gejala ayam mengalami mencret, mengigil, sayap ayam menggantung ke bawah, dan nafsu makan menurun. Apabila ayam bangkok terserang berak darah, dapat di tangani dengan pemberian Tetra chlorine atau Trisula Zuco sesuai dengan dosis yang dianjurkan.