Intip 7 Perawatan Kepada Ayam Bangkok

Intip 7 Perawatan Kepada Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam aduan yang berasal dari negara Thailand. Dimana umumnya para bobotoh sabung ayam sering kali menjadikan jenisnya sebagai ayam aduan petarung dalam arena laga.

Intip 7 Perawatan Kepada Ayam Bangkok

Di Indonesia sendiri, usaha dalam membudidayakan ayam bangkok aduan memang sudah banyak beredar disetiap wilayah. Kehadiran ayam bangkok aduan sendiri memang sudah sangat populer bahkan dari sejak zaman kerajaan masih ada hingga memasuki dunia modern.

Dan seiring berjalannya waktu, banyak para bobotoh sabung ayam yang melakukan perkawinan silang ayam bangkok dengan jenis ayam aduan lainnya. Dimana cara ini dilakukan guna menciptakan jenis ayam aduan baru yang tidak kalah hebatnya dari ayam bangkok. Sebut saja beberapa jenis ayam aduan seperti ayam birma, ayam saigon, pakhoy, shamo dan masih banyak lagi.

Selain itu, jenis ayam aduan sendiri pada dasarnya dibedakan menjadi dua tipe yakni ayam aduan tipe jalu dan tipe pukul. Faktanya kebanyakan para bobotoh sabung ayam lebih menyukai jenis ayam aduan tipe jalu dikarenakan banyaknya kelebihan dalam bertarung. Dimana diantaranya seperti peluang untuk menang lebih besar, lebih agresif, serta memiliki jenis serangan dan pukulan yang keras dan mematikan.

Meski demikian, ayam bangkok aduan tipe jalu juga harus mendapatkan sejumlah perawatan agar kualitas bertarung yang dimilikinya semakin meningkat. Dan pada artikel kali ini agen sabung ayam online akan menjelaskan mengenai sejumlah cara dalam Perawatan Kepada Ayam Bangkok Aduan Super Jalu Sabung Ayam.

Berikut 7 Perawatan Kepada Ayam Bangkok Aduan Super Jalu Sabung Ayam

1. Pemberian Pakan Berkualitas

Seperti yang diketahui, pemberian pakan pada ayam bangkok yang tepat merupakan salah satu kunci utama dalam menunjang pertumbuhan pada sang ayam sendiri. Untuk jenis ayam bangkok yang akan diturunkan ada baiknya diberikan kombinas pemberian pakan yang benar.

Dimana semakin baik pakan yang diberikan makan kualitas bertarung sang ayam juga akan semakin maksimal. Untuk jenis ayam tipe jalu, kombinasi pakan yang dapat dianjurkan adalah seperti jagung, beras merah, dan gabah. Namun kebanyakan para bobotoh lebih sering memberikan gabah dan beras merah dimana membuat tubuh ayam menjadi ringan sehingga gerakannya semakin lincah dalam melesatkan pukulan.

2. Memandikan Ayam Bangkok

Selain untuk membersihkan tubuh dari kotoran, proses memandikan ayam bangkok secara rutin dan benar juga dapat membantu dalam membentuk otot ayam. Dimana pada nantinya stamina serta nafas pada sang ayam aduan dapat terbentuk.

Dalam penerapannya dapat dilakukan sekitar pukul 08.00 pagi dan dalam kondisi cuaca yang cerah. Selain itu, pemandian ayam bangkok juga tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan melainkan perlu ada nya perhatian khusus, dimana dapat kalian simak dalam.

4. Pelatihan Fisik Ayam Bangkok

Pelatihan fisik pada ayam bangkok sendiri tentunya dilakukan agar dapat meransang perkembangan otot sang ayam. Dimana dalam latihannya dapat dilakukan seperti senam ringan, senam leher dan sayap, push up, latihan melompat dan masih banyak lagi.

Latihan ini sendiri dapat dilakukan baik sebelum maupun sesudah sang ayam dimandikan. Dan sesuaikan dengan kesanggupan serta kekuatannya.

Perawatan Kepada Ayam Bangkok Aduan Super Jalu

5. Mengumbar Ayam Bangkok

Mengumbar atau melepas ayam biasanya bertujuan agar ayam aduan dapat bebas bermain diluar sehingga tidak selamanya terkurun dalam kandang. Proses umbaran ini juga bertujuan untuk menjauhkan ayam aduan dari stress dimana nantinya sang ayam dapat berinteraksi dengan ayam bangkok aduan lainnya. Lakukan pengumbaran pada sang ayam sekitar 3-5 sore.

6. Pemberian Jamu Khusus

Seperti yang sudah diketahui, pemberian jamu pada sang ayam sendiri diharapkan dapat membuat stamina pada sang ayam dapat meningkat hingga mencapat titik optimal. Pada dasarnya, jamu pada ayam bangkok sendiri dapat dibuat sendiri sesuai dengan kebutuhan pada sang ayam sendiri.

7. Latihan Abar Ayam Bangkok

Larihan abar merupakan jenis pelatihan yang mengadu dua ayam dalam satu arena. Dimana cara ini dilakukan untuk menilai kualitas bertarung sang ayam apakah sudah siap untuk diturunkan atau belum. Selain itu, latihan abar pada ayam bangkok juga sekaligus dapat membantu meningkatkan mental serta pengalaman bertarungnya.

Namun untuk ayam tipe jalu ada baiknya dibungkus lebih dulu jalunya agar tidak melukai satu sama lain. Dan dapat dilakukan dengan durasi waktu sekitar 5 – 10 menit saja kemudian istirahatkan.