Gaya Tarung dari Ayam Bangkok Birma

Gaya Tarung dari Ayam Bangkok Birma

Walaupun dari fisiknya nampak begitu kecil, ayam bangkok birma mempunyai gaya tarung yang khas. Gaya tarung ayam birma ini dikenal dengan istilah gaya ‘elit diplomatik’. Disebut denga istilah seperti demikian karena si ayam tak akan mau bertarung secara berhadap – hadapan jika tidak dalam keadaan terdesak. Ayam birma hanya akan menggunakan kecerdikannya dan taktik untuk dapat mengalahkan sang lawan. Beberapa teknik dan taktik tarung ayam ini antara lain :

Gaya Tarung dari Ayam Bangkok Birma

Ayam Birkok

  • Selalu bergerak untuk mencari kesempatan dan celah memukul. Pergerakannya lincah seperti sedang mengikuti irama tari. Itu bertujuan untuk mengindari serangan lawannya.
  • Kesempatan memukul yang ia peroleh akan digunakan dengan sebaik – baiknya sehingga pukulannya akan tepat mengenai titik kelemahan di bagian kepala lawan.
  • Pukulannya yang akurat seringkali membuat lawannya KO. Jangan heran kalau ayam aduan yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari ayam birma bisa KO karena syarafnya putus akibat taji ayam birma.
  • Pukulan dari ayam bangkok birma lebih banyak menyasar bagian telinga dan mata lawannya, dua bagian vital yang sangat berbahaya jika terkena serang.
  • Untuk mendapatkan peluang memukul, ayam birma akan membuat lawannya lelah dan lengah terlebih dahulu dengan cara terus memutar arena dengan lincah.

Keunggulan Ayam Bangkok Birma

Ayam birma memiliki keunggulan berupa pukulannya yang akurat, pergerakan lincah, dan gaya tarung yang diplomatik serta penuh taktik. Tetapi, ia mempunyai kelemahan yaitu ukuran tulangnya yang kecil. Ukuran tulang yang keci akan membahayakan jika ia terkena pukulan secara bertubi – tubi.

Oleh para botoh kelemahan ini sering kali ditutupi. Caranya dengan mengawinkan ayam birma asli dengan ayam lain yang memiliki tulang besar seperti ayam pakhoy, ayam saigon, ayam thailand dan sebagainya.

Nah, itulah sekilas penjelasan mengenai ayam bangkok birma dari ciri khas, gaya bertarung, serta keunggulannya. Apakah Anda tertarik untuk memiliki ayam aduan jenis ini?