Ekor Ayam Bangkok Aduan Kualitas

Ekor Ayam Bangkok Aduan Kualitas

Majalah Ikan – Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok aduan dengan kualitas tarung yang baik merupakan idaman para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini tentu akan menjadi modal penting bagi sang ayam dalam menjalani laga tarung.

Ekor Ayam Bangkok Aduan Kualitas

Ayam Bangkok Aduan Kualitas

Umumnya, kualitas pada sang ayam dapat dinilai dari sejumlah sisi baik itu dari perfoma tarung maupun penampilan fisik. Fisik yang prima tentu akan mendukung perfoma sang ayam ketika menghadapi lawannya di arena.

Maka dari itu pada saat akan memilih ayam aduan, para bobotoh sabung ayam sebaiknya memperhatikan setiap sisi fisik yang dimiliki sang ayam. Dimulai dari kepala hingga ujung kaki dan tak tertinggal juga bagian ekor ayam yang sering kali kurang mendapat perhatian.

Mengenali Ekor Ayam Bangkok Aduan Kualitas Jawara Di Arena Tarung

Seperti yang sudah diketahui, bahwa pada dasarnya ekor pada sang ayam merupakan bagian dalam menjaga keseimbangan dan kestabilan dalam gerakan serta arah pukulan agar tepat dan akurat. Banyak sekali bobotoh sabung ayam yang sering kali melewati bagian satu ini ketika sedang memilih jenis ayam bangkok aduan. Sebaliknya bagian tubuh satu ini menjadi modal penting lainnya bagi sang ayam petarung.

Pada dasarnya terdapat sejumlah bagian ekor yang mempengaruhi pergerakan sang ayam. Dimana para bobotoh dapat menilai kualitasnya melalui ciri fisik yang dmiliki, yakni seperti berikut

1. Tulang Ekor

Memiliki tulang ekor yang besar, rapat dan kuat dimana hal ini nantinya akan mempengaruhi pergerakan sang ayam. Ditambah lagi akan membuat gerakan memutar, melompat maupun menghindar semakin mudah dilancarkan oleh sang ayam.

Pada dasarnya, kehadiran ekor berguna untuk menjaga keseimbangan ayam aduan dalam bergerak. Yang juga menentukan seberapa besar dan akurat kekuatan pukulan yang mampu dilancarkan. Namun tak perlu khawatir apabila tulang ekor terlihat kurang rapat dan kecil, para bobotoh dapat menentukan kualitasnya dengan langsung yakni dengan merabanya. Dan apabila terasa kuat dan keras maka sang ayam termasuk berkualitas.

2. Bentuk Ekor

Selanjutnya adalah bentuk ekor yang berkualitas yakni harus lurus memanjang, kuncup dan mengarah ke bawah. Dimana ekor yang berbentuk kuncup akan membantu pergerakan ayam aduan semakin lincah dibanding dengan penampilam ekor yang terbuka.

Umumnya, untuk jenis ayam bangkok memiliki bentuk ekor yang mengarah ke bawah. Dan untuk jenis ayam seperti ayam birma memiliki bentuk ekor yang melengkung dan agak mengarah ke atas.

3. Tulang Capit Kloaka

Bagian terakhir yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah pada bagain Tulang Capit Kloaka. Ayam aduan yang dilengkapi dengan tulang capit yang sangat rapat dipercaya mampu melayangkan serangan pukulan beruntun. Bahkan tak jarang mampu mencapai hingga 5 pukulan dalam satu gebrakan.

Sebaliknya, semakin renggan tulang capit ayam maka jumlah pukulan yang diberikan juga akan semakin berkurang. Faktanya, ayam aduan dengan Tulang Capit Kloaka yang rapat akan membuat pukulan yang diberikan terasa keras, cepat dan juga mematikan.