Desain Minimalis Kandang Ayam Bangkok

Desain Minimalis Kandang Ayam Bangkok

Kandang ternak ayam bangkok merupakan rumah dari ayam bangkok aduan. Kandang ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam merawat dan mengobati ayam petarung.

Untuk membentuk ayam bangkok yang berkualitas sebagai ayam aduan, memang harus dipersiapkan dari bibit dengan perawatan khusus. Tujuan perawatan dari bibit agar proses pertumbuhannya dapat kita maksimalkan baik dalam segi mental maupun fisik.

Desain Minimalis Kandang Ayam Bangkok

Kandang Ayam Bangkok

Dalam perawatannya ayam petarung ini sendiri bukan hanya soal jenis makanan ayam bangkok saja yang harus diperhatikan. Anda juga harus melihat dari segi kandang ternak ayam bangkok.  Kandang ayam bangkok ini harus di desain dengan tepat dan efisien. Mendesain kandang ayam yang tepat akan memberikan rasa nyaman untuk ayam tersebut. Maksud dari kandang yang efisien adalah kandang harus dapat menghindarkan ayam dari berbagai resiko seperti terjangkir penyakit, dicuri orang lain dan lain – lain.

Ada banyak sekali jenis desain kandang ayam untuk bisnis ternak ayam bangkok sebagai ayam aduan yang berkualitas. Beragam desain itu sendiri bisa dipilih untuk menyesuaikan dari lokasi kandang ternak. Karena desain kandang harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang anda sediakan. Apakah lahan anda besar atau hanya sedikit.

Namun kebanyakan desain yang dipilih oleh para peternak dan bebotoh untuk ternak ayam bangkok cukup minimalis. Desain yang minimalis tersebut dibuat dengan tujuan menghemat laham dan pengeluaran yang akan kita pakai nantinya. Tentu saja desain tersebut hanyalah hal kedua yang harus anda perhatikan. Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah dalam dalam efisiensi kandang ayam tersebut.

Berikut syarat pembuatan kandang yang efisien dalam merawat ayam bangkok anda.

  • Lokasi dari kandang ayam kita usahakan untuk dibangun minimal berjarak lima meter dari perumahan ataupun kandang ayam lain terutama kandang ayam potong. Tujuannya adalah agar tidak terlular penyakit ayam yang dapat menyebar dari ayam – ayam tersebut.
  • Lokasi dari kandang haruslah pada area yang datar dan beradad dekat dengan pohon. Fungsinya adalah untuk melindungi sekaligus mengatur sirkulasi udara sehingga ayam menjadi lebih sehat.
  • Anda harus membuat saluran pembuangan air disekitar lokasi kandang. Saluran tersebut harus anda pastikan juga tidak akan membuat genangan air ketika hujan turun.
  • Area disekitar kandang usahakan ditumbuhi dengan rerumputan. Perlu diketahui bahwa lokasi yang berumput sangat disukai ayam Bangkok untuk mencari tambahan makanan.
  • Buatlah kandang dengan menghadap ke arah matahari terbit agar cahaya dapat masuk ke kandang.
  • Pastikan juga harus searah dengan arah angin berhembus. Fungsinya agar dapat mengantisipasi ayam bangkok tidak mudah terserang penyakit yang terbawa oleh angin.
  • Buatlah pagar yang mengitari kandang untuk melindungi ayam bangkok dari tindak pencurian. Pagar tersebut dapat anda buat dari bahan bahan seperti batu bata ataupun dari bambu.

Desain Minimalis Kandang Ternak Ayam Bangkok Yang Multifungsi

Lahan penempatan kandang dapat terselesaikan dengan memakai desain ini. Selain itu menggunakan desain minimalis ini sangat multifungsi. Anda dapat menggunakan kandang ini sebagai kandang kawin dan perawatan ayam pada usia 1,5 ~ 3 bulan. Tentu saja harus anda sesuaikan dengan syarat pembuatan kandang yang efisien.

Cara pembuatan desain kandang Minimalis dan multifungsi dapat anda lakukan dengan mengikuti syarat dibawah ini.

  • Kandang yang akan dibangun tersebut harus memiliki panjang sekitar 1,5 meter sementara lebar kandang 1 meter dan tinggi kandang sekitar 2,5 meter.
  • Alasi kandang dengan menggunakan tanah yang dicampur dengan pasir. Tujuan pemberian alas kandang berupa tanah dan pasir tersebut untuk melatih jari serta kekuatan dari cakaran ayam bangkok aduan.
  • Tambahkan juga tenggeran yang terbuat dari bahan kayu yang telah dihaluskan permukaannya. Tujuan pemberian tenggeran pada kandang adalah sebagai tempat bermain dari ayam bangkok.

Kandang yang didesain minimalis ini akan membuatnya terlihat lebih indah dan tidak terkesan kotor jika anda rajin mengganti alasnya.