Daun Sirih Bagi Ayam Bangkok Aduan

Daun Sirih Bagi Ayam Bangkok Aduan

Dalam dunia sabung ayam, merawat jenis ayam bangkok aduan agar menjadi jawara merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana nantinya membuat sang ayam menjadi unggulan atas lawannya di atas arena laga.

Daun Sirih Bagi Ayam Bangkok Aduan

Sirih Bagi Ayam Bangkok Aduan

Maka dari itu, menjaga kualitas tarung sang ayam sangat perlu dilakukan. Baik itu dari pemberian pakan hingga latihan khusus dan tak tertinggal asupan suplemen khusus.

Manfaat Daun Sirih Bagi Ayam Bangkok Aduan, Tanaman Herbal Jawara Botoh Tua

Faktanya, daun sirih sendiri memang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Bahkan penggunaan daun sirih lebih banyak dipilih ketimbang obat kimia dalam perawatan sang ayam.

Dimana yang tentunya lebih aman dan mudah untuk didapatkan serta tidak mahal. Berikut sejumlah manfaat yang diberikan daun sirih bagi ayam aduan dalam perawatannya.

1. Antibiotik Alami

Tak jarang, daun sirih sering kali dipilih sebagai antiseptik serta antibiotik dalam menjaga kesehatan ayam aduan. Terutama kepada ayam aduan yang baru saja mendapatkan luka usai diabar. Penggunaan daun sirih sangat manjur dalam mengobati luka ayam aduan dan dapat menjadi pengganti betadine.

2. Jamu Tambahan Ayam Aduan

Pemberian daun sirih baik secara langsung maupun campuran pakan sangat baik sebagai jamu herbal ayam aduan. Dimana kandungan nutrisinya dapat membuat ayam lebih kebal akan serangan berbagai virus. Untuk pemberiannya sendiri dapat ditambahkan dengan sejumlah bahan lainnya seperti kunyit dan gula merah.

3. Obat Penyakit Ngorok

Tentu para bobotoh tidak akan merasa asing dalam mengenal Penyakit Ngorok satu ini. Penyakit yang menyerang sistem pernapasan ayam secara langsung membuatnya menjadi sulit unuk bernafas. Sehingga nantinya membuat kualitas tarung yang dimiliki menjadi menurun. Untuk pengobatannya, para bobotoh dapat memanfaatkan daun sirih sebagai pengobatannya. Yakni dengan memberikan rebusan daun sirih secara langsung atau melolohkan daun sirih pada mulut ayam.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pemberian daun sirih juga sangat ampuh dalam menjaga sistem pencernaan. Yang dimana nantinya menjauhkan sang ayam dari serangan berbagai jenis penyakit. Sebut saja seperti cacingan, berak kapur, berak darah dan lainnya.

5. Mencegah Munculnya Penyakit Kurap

Penyakit kurap yang merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sering kali melanda ayam aduan. Kurap yang muncul karena serangan bakteri sehingga membuat terkelupasnya bagian kulit kepala ayam dan akan bermunculan bintik-bintik putih seperti ketombe.  Agar tidak muncul, pencegahannya sendiri dapat dilakukan dengan memandikan sang ayam menggunakan air rebusan daun sirih. Yakni selama seminggu sekali agar tidak terserang kuman.

6. Mengatasi Lemak Pada Bulu Ayam Aduan

Faktanya lemak pada bulu ayam aduan yang sering kali menghambat pertumbuhan bulu ayam dapat dihilangkan dengan pemberian daun sirih. Dimana cara ini sudah lama sekali diterapkan oleh botoh tua hingga saat ini. Yakni dengan sesekali memandikan sang ayam menggunakan air rebusan daun sirih selama perawatannya

7. Meningkatkan Stamina Tarung

Stamina atau nafas ayam aduan merupakan modal utama bagi sang ayam dalam memenangkan setiap pertandingan. Selain latihan khusus, namun pemberian daun sirih juga dapat menjadi salah satu cara lainnya. Yakni dengan menjadikan daun sirih sebagai pakan campuran selama perawatan berlangsung.

8. Menyeterilkan Kandang Ayam Aduan

Menjaga kebersihan kandang tentu merupakan tugas rutin bagi para bobotoh dalam menjauhkan sang ayam dari virus dan bakteri. Penggunaan daun sirih sendiri dapat menjadi salah satu peptisida atau obat semprot dalam proses pembersihannya.

9. Menghilangkan Bau Pada Kotoran Ayam Aduan

Digolongkan sebagai salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaatnya, salah satu nya adalah dalam menghilangkan bau kotoran sang ayam. Sehingga nantinya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan menganggu kesehatan ayam aduan.