Ciri Supit Belakang dan Tulang Berutu Ayam

Ciri Supit Belakang dan Tulang Berutu Ayam

Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok aduan dikatakan berkualitas tinggi apabila sering menjadi jawara di arena laga tarung. Dimana hal ini menandakan bahwa pada dasarnya sang ayam memiliki kualitas bertarung yang hebat dalam mengalahkan lawannya.

Ciri Supit Belakang dan Tulang Berutu Ayam

Supit Belakang dan Tulang Berutu Ayam

Umumnya, menilai ayam aduan berkualitas sendiri dapat dilakukan dengan sejumlah cara, baik itu dari penampilan fisik maupun dari teknik bertarung yang dimiliki. Sebut saja seperti memiliki jenis pukulan yang amat mematikan bahkan hanya dengan sekali pukulan saja. Jenis pukulan yang dimaksud diantaranya seperti cepat, keras dan sangat akurat dalam mengenai bagian tubuh vital sang lawan.

Jenis ayam bangkok aduan seperti ini sendiri pada dasarnya dapat ditemukan pada setiap jenis ayam aduan baik itu tipe taji maupun pukul. Pada dasarnya, kualitas pukulan pada sang ayam sendiri dapat dikarenakan sejumlah faktor diantaranya seperti faktor keturunan, latihan, perawatan serta bentuk tulangan yang dimiliki.

Fisik Ayam Bangkok Aduan Berkualtias Tinggi

Bentuk tulangan pada setiap ayam sendiri sangan mempengaruhi akurasi pukulan yang diberikan oleh sang ayam. Bisa dikatakan hal ini menjadi modal penting agar mendapatkan jenis pukulan yang berkualitas dikarenakan merupakan tempat bertumpunya semua otot ayam aduan.

Maka dari itu pemberian perawatan dan latihan yang tepat sejak dini akan mempengaruhi proses tumbuhnya tulang sang ayam. Terlebih ketika masih berusia anakan dimana merupakan waktu yang tepat dalam membuat tulangan berkualitas. Sebaliknya, apabila dari awal sang ayam sudah tidak diurus maka hasil yang didapatkan tidak akan maksimal meski ayam aduan tersebut berasal dari keturunan jawara.

Mengenal Ciri Supit Belakang dan Tulang Berutu Ayam Aduan Berkualitas Pukul Mati

Pada dasarnya bentuk tulang berutu dan tulang supit belakang ayam merupakan bagian tubuh yang penting dalam menilai kualitas bertarung sang ayam. Maka dari itu, para bobotoh harus cermat memilih ayam aduan dengan menilai dari bentuk tulang berutu dan tulang supit belakang. Hal ini dapat dilakukan dengan merabanya secara langsung ketika akan membeli ayam aduan.

Pasalnya hal ini perlu dilakukan karena setiap jenis ayam aduan memiliki bentuk tulang berutu dan tulang supit belakang yang berbeda-beda. Adapun terdapat sejumlah cara dalam menilai tulang berutu dan tulang supit belakang pada setiap ayam aduan. Salah satunya adalah dengan mengenali lebih dekat dua tulangan satu ini seperti berikut :

1. Mengenal Ciri Tulang Berutu

Tulang berutu pada ayam aduan merupakan rumah semua bulu ekor bertumpu. Dimana tulang satu ini berperan untuk menjaga keseimbangan sang ayam pada saat akan melakukan gerakan. Kemudian juga menjadi titik pusat sang ayam dalam melakukan manuver pada lawan diarena laga tarung sekaligus membantu meningkatkan kecepatan dalam bergerak.

Pada dasarnya terdapat dua jenis tulang berutu yakni tulang berutu rapat dan renggang, keduanya sendiri memiliki perbedaan yang mencolok. Dimana ayam dengan tulang berutu rapat memiliki respon gerakan yang cepat sehingga mampu dalam menghasilkan pukulan yang gesit, lincah, keras dan mematikan. Sebaliknya untuk bentuknya yang renggang membuat pergerakan sang ayam terbilang lambat sehingga sulit dalam menghindari pukulan dari lawan.

Umumnya, ayam aduan dengan tulang berutu rapat dapat ditemukan pada jenis ayam bangkok pukul mati.

2. Mengenal Ciri Tulang Supit Belakang

Umumnya ayam dengan tulang supit belakang yang berkualitas adalah memiliki bentuk yang tebal, keras dan kokoh apabila disentuh atau diraba. Dimana hal ini akan menghasilkan jenis pukulan yang berat dan keras. Bahkan dengan hanya sekali pukulan saja dapat menghancurkan tengkorak kepala dan merusak bagian vital tubuh lawan.

Pada dasarnya, jenis ayam aduan dengan tipe tulang seperti ini dimiliki ayam bangkok pukul mati. Dan tentunya sangat jarang apabila lawan mampu menahan serta menangkis pukulan seperti ini. Meski hanya sekali pukulan saja namun akan terasa menyakitkan dan pedas apabila sudah terkena bahkan tak jarang lawan langsung mati di tempat.