Ciri Leher Ayam Bangkok Berkualitas

Ciri Leher Ayam Bangkok Berkualitas

Memilih jenis ayam bangkok aduan yang berkualitas tentu merupakan tugas wajib bagi para bobotoh sabung ayam agar tidak salah pilih. Dimana hal ini merupakan langkah awal dalam mendapatkan kemenangan di arena laga.

Ciri Leher Ayam Bangkok Berkualitas

Leher Ayam Bangkok Berkualitas

Umumnya menetukan kualitas sang ayam sendiri dapat melalui sejumlah cara seperti gaya tarung hingga ciri fisik yang dimiliki. Salah satunya seperti pada bagian leher yang dapat menjadi kualitas ayam aduan.

Mengenal Ciri Leher Ayam Bangkok Berkualitas Tanda Jawara Di Arena Tarung

Faktanya leher merupakan bagian penting yang digunakan ayam saat bermanuver menciptakan peluang pukulan serta dalam bertahan. Dimana hal ini menjadikannya sebagai tumpuan utama dalam melancarkan serangan atas lawannya di arena laga.

Seperti ketika sang ayam yang akan mematuk lawan, leher ayam akan membantunya dalam meningkatkan tenaga atas pukulan yang diberikan. Dan tentu keras dan kuatnya patukan bergantung pada bentuk leher yang dimiliki. Selain itu, leher juga sering digunakan ayam aduan dalam melakukan teknik mengunci, mengalung, menghindar, dll.

Ciri Leher Ayam Bangkok Berkualitas

Yang pertama adalah dari ukuran leher sang ayam. Ukuran leher yang panjang dan lurus tentu akan memudahkan sang ayam dalam menelan makanan yang masuk. Pasalnya banyak ayam aduan yang merasa kesulitan dalam menampun makanan pada bagian temboloknya. Sehingga membuatnya merasa pengap dan kelelahan dan pada akhirnya sulit untuk bertarung.

Kemudian leher yang panjang juga akan membantu dalam menciptakan pukulan yang lebih bertenaga dan kuat serta keras. Sehingga akan mudah menumbangkan musuhnya di arena laga.

Namun juga jangan terlalu panjang karena akan menyulitkan ayam untuk bergerak sehingga menjadi kurang lincah. Sehingga akan mudah menjadi sasaran bagi lawan untuk dipatuk. Sedangkan leher yang pendek akan menyulitkannya dalam mengunci lawan.

Kemudian ciri leher yang berkualitas dan ideal adalah harus kuat serta berotot dan juga lentur dengan tulang yang rapat. Hal ini akan membantunya dalam melakukan teknik kunci maupun ngalung.

Tulang leher yang rapat juga mengurasi resiko terjadinya kerusakan saraf usai mendapatkan serangan dari lawan. Tak jarang banyak ayam yang KO karena pukulan yang mengarah langsung pada ruas tulang leher sehingga ruas tulang tersebut terbuka dan menyebabkan kerusakan saraf.

Kemudian untuk bentuk leher ayam bangkok yang berkualitas adalah saat dilihat dari pangkal pundak. Yakni terlihat lurus ke atas namun juga condong ke depan. Dan juga terlihat seperti huruf r saat miring atau dilihat dari arah samping.

Harus terlihat seimbang antara leher dengan badannya. Jika terlihat tidak singkron akan membuat ayam tidak memiliki keseimbangan yang bagus pada tubuhnya.