Ciri Khas Ayam Bangkok Birma

Ciri Khas Ayam Bangkok Birma

Ayam Bangkok Birma atau yang kita kenal dengan birkok ini telah berhasil menghebohkan tanah air dengan hadirnya jenis baru ini dari negara Myanmar. Ayam jenis ini dikenal dengna sebutan ayam birkok atau bangkok birma, adapun kehebohan penghobi ayam aduan indonesia bukanlkah tapna sebab. Ayam jenis ini diketahui memiliki teknik bertarung yang sangat luar biasa. Bagi anda yang belum pernah tahu bagaimana keampuhan dari teknik tarung ayam , dan juga keunikan dari teknik bertarung ayam bangkok birma di bawah ini.

Ciri Khas Ayam Bangkok Birma

Ayam Bangkok Birma

Ayam Bangkok Birma
Ayam bangkok birma berasal dari Myanmar. Seperti halnya dengan Indonesia, di Myanmar juga ada banyak penghobi ayam petarung. Ayam – ayam unggulan dari negeri Myanmar sudah banyak tersebar ke seluruh penjuru dunia (terutama untuk wilayah Asia Tenggara).

Ayam bangkok birma dikenal memiliki keunggulan yang tak dimiliki oleh ayam petarung lain di dunia. Ayam ini mempunyai pukulan yang akurat dan sangat mematikan, gerakannya lincah, dan taktik bermainnya diplomatis. Keunggulan ini membuat ayam bangkok birma dibanderol hingga jutaan rupiah.

Ciri Khas Ayam Bangkok Birma
Untuk Anda para botoh ayam aduan yang sudah banyak makan asam garam di dunia perayaman, Anda pasti sudah pernah melihat ciri khas serta bentuk tubuh dari ayam unggulan yang satu ini. Entah itu melihat di arena sabung ayam ataupun di kandang teman. Bagi Anda yang belum pernah melihat ayam birma, Anda bisa mengenali ayam birma asli dari ciri – ciri fisiknya antara lain :

  • Ukurannya kecil, lebih kecil jika dibandingkan dengan ayam bangkok asli , ayam bangkok saigon , dan ayam bangkok pakhoy.
  • Berat badan ayam bangkok birma asli dewasa berkisar antara 2,0 – 2,5 kg.
  • Tulang ayam birma berukuran kecil. Ini menjadi salah satu kelemahan dari ayam birma. Karena itu, jika akan ditarungkan disarankan untuk menunggu sampai usianya 12 – 15 bulan agar tulangnya keras dahulu.
  • Memiliki paruh yang tajam dalam garis lurus dan matanya melotot. Jenggernya ada yang berbentuk seperti tanduk ular, bantam ular, ataupun seperti cabe rawit.
  • Bulu sayap tebal dan panjang tajinya sedang (spurs sent).
  • Sisik kakinya kecil tetapi penuh. Ini adalah ciri dari ayam aduan yang memiliki pukulan akurat.