Ciri Fisik Ayam Shamo Jepang Berkualitas

Ciri Fisik Ayam Shamo Jepang Berkualitas

Ayam shamo jepang adalah jenis ayam petarung yang berasal dari jepang dan juga terkenal karena tubuhnya yang besar dan juga gagah. Umumnya bobot pada ayam ini 3 hingga 7 kg. Ayam shamo adalah tipe ayam petarung yang kuat hingga lawan yang akan bertarung dengannya harulah seimbang atau bahkan lebih kuat. Ayam shamo ini mungkin belum banyak penggemarnya di Indonesia. Akan tetapi, peluang untuk beternak ayam shamo sangatlah terbuka lebar.

Ciri Fisik Ayam Shamo Jepang Berkualitas

Shamo Jepang Berkualitas

sebaiknya Anda selalu memerhatikan perawatan ayam shamo jepang agar mampu tumbuh dengan baik dan tentunya menjadi jawara dalam medan laga. Berikut tiga tips ampuh untuk merawat ayam shamo jepang agar tetap prima dan staminanya terjaga.

Sebagai pecinta ayam petarung, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu ciri fisik dari ayam shamo jepang yang berkualitas seperti berikut ini.

  • Ayam shamo jepang jantan memiliki ciri khas pada bagian jenggernya yang belah tiga. Jengger belah tiga ini merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh ayam shamo.
  • Umumnya ayam shamo jepang jantan memiliki berat 5,6 kg sedangkan betinanya memiliki berat 4,8 kg.
  • Ayam shamo memiliki dada yang bidang, seimbang dengan ukuran tubuhnya besar. Warna dadanya adalah merah dan umumnya bulu yang tumbuh di area dada memang sedikit.
  • Selain tubuhnya yang besar, ternyata ayam shamo jepang juga memiliki paruh yang berukuran besar dan kuat. Salah satu kunci mengapa ayam shamo jepang sangat kuat dalam pertarungan dan tidak mudah dikalahkan adalah keberadaan paruh yang besar dan kuat. Ia mampu melakukan serangan patukan yang mematikan dan menyakitkan bagi lawan.
  • Ayam shamo memiliki leher yang panjang dan kaki yang juga panjang. Keduanya sangat menunjang ukuran tubuhnya yang memang besar. Leher dan kaki yang panjang membuat ayam shamo akan mampu bergerak dengan bebas dan luwes dalam pertarungan sehingga lawan akan kewalahan menghadapi kecepatannya.
  • Ayam shamo memiliki jenis sayap yang pendek yang mengarah ke bagian bawah badannya. Walaupun pendek ternyata sayap ayam shamo sangat kuat. Sendi-sendi sayapnya mengarah ke bagian luar tubuh dengan ujung sayap yang juga menghadap ke arah luar tubuh. Kekuatan ayam shamo tidak hanya terletak dari ukuran badannya yang besar, tetapi juga dari sayapnya yang sangat mendukung dalam pertarungan.
  • Ayam shamo jepang memiliki garis ekor yang sejajar dengan garis punggungnya sehingga terlihat sangat indah dan cantik.
  • Ayam shamo secara umum memiliki betis berwarna kuning. Akan tetapi untuk jenis ayam shamo yang memiliki warna bulu hitam, warna betisnya adalah kuning dengan bercak-bercak hitam.

Mengenali ciri fisik dari ayam shamo jepang akan memudahkan Anda ketika hendak memilih ayam berkualitas dari Jepang ini. Bahkan karena belum banyak yang membudidayakan ayam shamo di Indonesia, bisa menjadi peluang tersendiri bagi Anda yang memang berminat untuk memasarkan ayam shamo jepang di Indonesia.