Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan Siap Diadu

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan Siap Diadu

Pada dasarnya, tujuan utama para bobotoh dalam melagakan ayam bangkok aduan ke dalam arena sabung ayam tentunya guna mencari kemenangan serta menilai apakah ayam yang diturunkan tersebut sudah termasuk ke dalam kriteria ayam berkualitas.

Maka dari itu, menurunkan ayam aduan ketika belum siap diadu merupakan sebuah kesalahan fatal bagi para bobotoh. Pasalnya, selain dikarenakan akan kalah dalam arena, ayam aduan juga akan mengalami cedera saat diadu atau bahkan berakhir dengan kematian.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan Siap Diadu

Ayam Bangkok Aduan Siap Diadu

Maka demikian, memperhatikan kondisi sang ayam merupakan salah satu tugas penting bagi para bobotoh sabung ayam. Usahakan untuk selalu mempersiapkan kondisi ayam secara matang sebelum diadu dengan memberikan sejumlah perawatan. Dan perawatan rutin yang dapat dilakukan juga antara lain adalah seperti meningkatkan teknik pukul, pernafasan, pemberian obat-obatan herbal, vitamin, jamu dan persiapan lainnya.

1. Bentuk dan Warna Kulit

Umumnya, kondisi ayam dikatakan siap tarung adalah dengan memiliki kulit yang halus serta berwarna merah tua dan tidak terlihat pucat pada bagian muka, paha, dada, leher. Pasalnya, kulit ayam dapat dikatakan halus apabila terlihat mengkilat layaknya di olesi minyak sayur dan berwarna merah.

Sedangkan untuk kulit ayam bangkok yang belum siap diadu umumnya akan tampak pucat bahkan juga akan terlihat perubahan yang cepat yakni dari pucat tiba-tiba menjadi merah. Untuk menilainya dapat anda lihat ketika sang ayam selesai di mandikan.

2. Bulu yang Mengkilat

Faktanya, sering kali para bobotoh menggunakan bulu ayam aduan sebagai salah satu tolak ukur untuk menentukan apakah sang ayam sduah siap atau tidaknya. Hal ini dikarenakan, ayam yang sedang dalam kondisi tidak sehat akan memiliki bulu yang cenderung terlihat kusam dan kumal.

Sedangkan ayam dengan kondisi mengkilat dapat dipastikan akan terlihat lebih berwibawa dan gagah. Dan juga tingginya vitalitas ayam diikuti dengan ciri bulu yang terlihat mengkilat.

3. Sikap Agresif

Ayam aduan yang berada dalam kondisi siap tarung pada dasarnya akan terlihat lebih agresif dan lebih cepat panas. Untuk mengetahuinya, anda dapat mendekatkan ayam aduan yang anda miliki dengan ayam aduan milik tetangga. Sikap agresif akan ditunjukan dengan hasratnya dalam memukul ayam lain.

Anda dapat melatih keagresifan sang ayam dengan cara mengurung ayam di dalam kandang dan kemudian dalam waktu yang bersamaan anda mengumbar ayam jantan lain di hadapanya. Maka kenampakan yang anda lihat pada ayam aduan yang anda miliki adalah keinginan untuk memukul ayam aduan. Seperti sangat marah dan seolah-olah mengamuk ingin keluar dari kandang dengan melompat-lompat mendobrak kandang.

4. Kondisi Stamina Ayam

Dalam dunia sabung ayam, stamina pada ayam bangkok pada dasarnya diartikan sebagai nafas pada sang ayam. Nafas pada ayam bangkok sendiri merupakan salah satu kunci dalam menentukan kesiapan ayam aduan.

Pasalnya, ayam dapat dikatakan siap adu apabila memiliki stamina yang bagus yang dapat bertahan hingga akhir pertandingan. Untuk mengujinya, anda dapat mengabar atau melakukan laga tarung pada ayam. Untuk latihannya cukup dilakukan dalam janngka waktu 15-20 menit. Dan apabila ayam mampu bertahan hingga waktu tersebut dan pukulan yang dilesatkan juga masih akurat, maka dapat dipastikan bahwa ayam aduan sudah siap untuk diturunkan.

5. Mental Ayam Aduan

Mental ayam aduan merupakan kunci keberanian pada sang ayam untuk mengalahkan lawannya. Biasanya kasus kegagalan mental sering kali ditemukan dalam arena sabung ayam. Hal ini dikarenakan kesalahan para bobooth yang menurunkan ayam ketika masih dala usia yang muda.

Maka dari itu, sebaiknya selalu persiapkan mental sang ayam sebelum diadu. Anda dapat meningkatkan mental pada sang ayam dengan cara melakukan laga abar dimana memilih lawan yang berbeda secara berkala dengan tujuan ayam tidak kaget saat bertanding karena sudah memiliki banyak pengalaman..