Ciri Ayam Jalon Type Pembunuh

Ciri Ayam Jalon Type Pembunuh
Ciri Ayam Jalon Type Pembunuh – Ayam jalon adalah ayam aduan yang mempunyai taji/jalu yang digunakan untuk memukul lawannya bahkan juga bisa merobohkan lawan dalam waktu yang singkat. Adapun ayam jalon yang baik memiliki pukulan dengan menggunakan tajinya karena jenis pukulan secara umum dibagi 3, yaitu pukulan dengan kaki/ tepatnya pada taji, pukulan dengan jari dan pukulan menggunakan telapak kaki. Untuk ayam jalon yang ideal adalah memiliki pukulan kaki walau ada sebagian ayam memukul dengan jari namun bisa memasukkan tajinya namun ayam semacam itu tidak bisa memaksimalkan tajinya karena jenis pukulan tersebut tergolong ayam pukul.
Ayam jalon yang bertype pembunuh ini merupakan type dari salah satu ayam aduan yang disukai oleh para penghoby ayam aduan, karena memiliki tingkat akurasi pukulan yang tepat. Adapun ayam jalon yang mempunyai naluri membunuh konon ayam tersebut identik dengan ayam warna merah karena memiliki kasta tertinggi juga disegani dan memiliki tingkat keberanian yang lebih dibandingkan warna ayam lainnya. Pada realita yang terjadi sekarang juga banyak ayam taji dengan type pembunuh namun memiliki warna lain, seperti ayam taji warna wido, blorok madu, klawu geni dll, semua warna ayam juga dapat dikatakan sebagai ayam dengan type pembunuh, namun jika ayam tersebut memiliki warna merah akan mempunyai nilai yang lebih terhadap ayam aduan.
Untuk mengetahui ciri ayam jalon yang bagus bertype pembunuh tersebut bisa anda simak selengkapnya seperti dibawah ini.
Sebagai penghoby ayam aduan khususnya pemula, sebelum memilih ayam jalon yang bagus tersebut harus mengetahui ciri-cirinya serta memperhatikan kwalitas ayam, baik tulangan dan postur tubuh, tehnik bertarung dan jenis pukulannya. Karena ketiga hal tersebut merupakan sesuatu yang harus ada pada ayam jalon tersebut sebagai modal utama ayam jalon dalam bertarung. Untuk mengetahui kriterianya adalah sebagai berikut:
  • Ayam jalon yang bagus adalah gancang, ayam yang gancang tersebut dilihat secara fisik mempunyai tubuh tegap, kokoh dengan ekor yang menjulang naik dengan ujungnya menuju kebawah.
  • Ayam jalon yang bagus mempunyai paha yang berbentuk pipih/gepeng dan bisa juga berbentuk bulat dengan catatan bertype pukulan dengan taji.
  • Posisi taji ayam jalon yang bagus umumnya terletak didekat jari belakang dengan ujung taji agak naik keatas dan mempunyai arah dengan jari belakang.
Ketiga kriteria ayam aduan seperti diatas merupakan ciri ayam jalon yang bagus secara umum, Adapun untuk memastikannya apakah ayam tersebut tergolong ayam jalon atau tidak, ayam bisa digebrak dengan ayam untulan selama kurang lebih satu airan atau sepuluh pukulan. Jika taji tersebut bisa masuk antara 7-10 maka bisa disebut sebagai ayam jalon. Namun jika taji tersebut kurang dari 7 pukulan taji, maka bisa disebut sebagai ayam pukul.