Ciri Ayam Bangkok yang Siap Tarung

Ciri Ayam Bangkok yang Siap Tarung

Untuk ingin menang dalam pertandingan, sebagi botoh pemula yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan fisik dan juga melatih ayam bangkok jagoan kita agar ayam tersebut berada dalam kondisi yang primanya.

Ciri Ayam Bangkok yang Siap Tarung

Bangkok yang Siap Tarung

Mempersiapkan ayam bangkok dapat dilakukan melalui latihan dan perawatan dan pemberian jamu juga. setelah melalui semua persiapan, barulah kita perhatikan fisik dari ayam bangkok tersebut.

Secara sederhana ciri dari ayam bangkok yang siap ditarungkan bisa kita lihat dari 4 faktor yaitu dari warna kulit, warna bulu, sikap dan juga kelincahanya.

1. Warna Kulit

Ciri ayam bangkok yang siap ditarungkan utamanya dapat dilihat dari kenampakan warna kulitnya. Kulit ayam bangkok pada bagian wajah, kaki, daging pangkal sayap, dan paha pada ayam dengan kondisi prima umumnya berwarna merah segar, tidak pucat dan lesu. Warna merah pada kulit menunjukan aliran darah dan syaraf ayam sedang berfungsi dengan sangat baik.

2. Bulu Mengkilat

Ciri fisik ayam bangkok yang siap ditarungkan juga dapat dilihat dari kenampakan warna bulu. Seperti diketahui, warna bulu merupakan gambaran atau indikator tingkat vitalitas dan kesehatan ayam bangkok aduan. Ayam yang sehat akan terlihat memiliki bulu yang mengkilat jika diterpa sinar matahari. Sedangkan ayam yang punya bulu kusam biasanya adalah ayam yang sedang kurang sehat.

3. Kelincahan

Selain dari perubahan kenampakan fisik, ciri ayam yang siap ditarungkan juga akan terlihat dari gerakannya. Ayam yang siap ditarungkan umumnya akan bergerak dengan lincah, terlebih jika melihat ayam bangkok jantan sebayanya.

Cobalah untuk mendekatkan ayam lain, jika ayam bangkok Anda seperti gusar dan seolah-olah gatal ingin memukul ayam tersebut, bisa dipastikan ayam Anda sedang dalam kondisi prima untuk bertarung.

4. Napas

Napas yang panjang sangat menunjang pertarungan ayam di medan laga. Pastikanlah hanya menurunkan ayam yang nafasnya sudah jadi jika Anda ingin ayam Anda memenangkan pertarungan. Untuk mengetahui jadi atau belumnya napas ayam, Anda bisa mencoba mengabar ayam Anda dengan ayam aduan lain. Jika dalam waktu < 15 menit napas ayam Anda sudah terlihat payah, sebaiknya jangan coba menurunkan ayam itu ke medan laga. Sebaliknya, jika dalam waktu 25 menit ayam masih tetap dapat bertahan, maka bisa dipastikan ayam tersebut sudah siap untuk ditarungkan.