Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Kandang merupakan salah satu bagian penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan usaha budidaya ayam bangkok. Pasalnya, tanpa memiliki kandang yang baik maka dapat membuat sang menjadi mudah terserang penyakit bahkan dicuri dan masalah-masalah lainnya.

Cara Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

Pembuatan Kandang Ayam Bangkok1

Kandang dapat dikatakan baik apabila mampu memenuhi sejumlah kriteria seperti sebagai tempat hidup yang nyaman bagi sang ayam. Serta ampuh dalam menjauhkan sang ayam dari segala macam musibah. Maka dari itu, sebagai bobotoh sabung ayam aduan harus mampu dalam membuat kandang ayam bangkok yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

Maka dari itu, bagi anda para bobotoh sabung ayam aduan yang sedang menekuni usaha ayam bangkok, maka harus wajib mengetahui cara membuat kandang yang ideal. Pasalnya selain faktor bibit yang baik, namun kandang juga menjadi salah satu faktor penentu lainnya dalam menentukan keberhasilan seorang peternak.

  • Pastikan kandang ayam bangkok ditempatkan jauh dari rumah dan juga perhatikan area sekitar lokasi. Jika perlu, pilih lokasi yang tenang dan nyaman. Dimana hal ini membantu sang ayam tidak menjadi stress dan tidak merasa terganngu.
  • Kandang dapat dikatakan ideal apabila mampu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Maka dari itu, buatlah kandang yang mengarah ke timur, sehingga setiap paginya sang ayam dapat mendapatkan nutrisi dari sinar matahari pagi.
  • Buatlah kandang ayam yang mudah dibersihkan. Sehingga dalam melakukan perawatan serta pembersihan akan mudah dilakukan.
  • Buatlah kandang ayam yang mudah dibersihkan. Sehingga dalam melakukan perawatan serta pembersihan akan mudah dilakukan.

Usai memenuhi ciri-ciri kandang ayam bangkok aduan yang ideal diatas, selanjutnya adalah melakukan pembuatan dengan mengikuti empat kriteria kandang seperti berikut.

Berikut Kriteria Khusus Dalam Melakukan Pembuatan Kandang Ayam Bangkok

1. Kandang Bok atau Kandang Khusus Anak Ayam

Kandang bok atau yang biasa lebih dikenal dengan sebutan kandang postal memang dikhususkan untuk anak ayam aduan terlebih yangbaru menetas. Untuk ukurannya memang terbilang kecil yakni panjang 1 meter, lebar 0,8 meter, dan tinggi 1 meter. Kandang bok pada umumnya mampu menampung 10-15 anakan ayam.

Dalam proses pembuatannya dapat menggunakan dengan menggunakan bahan seperti kawat disertai dengan pemanas yang terbuat dari lampu bohlam. Dimana hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban dalam kandang. Kandang ini dapat digunakan hingga sang ayam berumur 3 atau 4 bulan.

2. Kandang Ayam Bangkok Dewasa

Memasuki usia 3 bulan ke atas, persaingan antar anak ayam bangkok akan mulai terlihat. Maka dari itu, untuk mengurangi persaingan antar ayam aduan yang dapat berakibat kematian, maka anda dapat memindahkan mereka ke dalam kandang khusu ayam bangkok dewasa. Dimana pada setiap kandang di khususkan untuk satu ekor ayam.

Untuk pembuatannya dapat dibuat dengan ukuran 1×1 meter untuk satu ekor ayam. Dan apabila dibuat berjejer antara satu dengan yang lain maka jangan lupa untuk memberikan batas dinding antar kandang yang rapat. Dimana hal ini untuk mengatasi perkelaihan antara ayam.

3. Kandang Umbaran Ayam Bangkok Aduan

Kegunaan Kandang Umbaran memang memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah untuk proses mengawinkan dan menjemur ayam. Namun berbeda lagi apabila anda hanya memelihara satu atau dua ayam, maka pembuatan kandang ayam tidak perlu dilakukan.

Berbeda lagi apabila anda merupakan seorang pengusaha ayam bangkok aduan, maka pembuatan kandang umbaran sangat perlu dilakukan. Untuk pembuatannya dapat dibuat dengan ukuran 2×1,5 meter atau 1×2,5 meter.

4. Kandang Untuk Menjemur Ayam Bangkok Aduan

Dalam melakukan perawatan pada ayam bangkok memang tidak dapat disamakan dengan perawatan pada ayam biasa. Pasalnya, perawatan ayam bangkok sedikit lebih unik. Selain itu, ayam bangkok juga perlu diberikan perawatan dengan melakukan penjemuran. Penjemuran pada ayam aduan bermanfaat untuk menyehatkan serta meningkatkan kualitas ayam bangkok aduan. Maka dari itu, pembuatan kandang ayam guna menjemur sang ayam penting dibuat.