Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan

Cara merawat ayam bangkok aduan yang biasanya dilakukan para bebotoh berpengalaman sangat beragam. Meski terdapat banyak cara merawat namun anda tidak boleh melakukannya secara sembarangan. Banyak kesalahan – kesalahan perawatan ayam aduan yang sering terjadi sehari – hari oleh pecinta ayam yang masih awam. Karena ayam bangkok merupakan ayam aduan, Sebaiknya perawatan harus dilakukan secara tepat dan rutin.

Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan

Terdapat banyak cara dalam merawat ayam petarung yang dapat anda lakukan agar ayam menjadi lebih tangguh. Berikut adalah Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Agar Menjadi Petarung Yang Handal yang telah dirangkum oleh sabung ayam online. Mari kita simak artikel berikut ini.

Merawat Ayam Bangkok Berdasarkan Pemberian Pakan ayam

Pemberian pakan pada ayam petarung tidak boleh sembarangan dilakukan. Berbeda dengan ayam potong, pemberian pakan ayam bangkok sesuai dengan gaya bertarungnya haruslah benar dan teratur. Contoh pakan ayam berupa beras merah dan jagung. Pemberian makanan ayam berupa beras merah dan jagung sangat baik jika digunakan pada ayam bangkok tipe pukul. Karena dapat memperbesar otot dan tubuh ayam bangkok.

Dengan otot yang besar dapat memperkuat pukulan ayam aduan jenis ini. Selain itu karena gaya bertarungnya lebih condong ke serangan jarak dekat maka dibutuhkan tubuh yang besar dan tahan terhadap pukulan.

Namun tidak baik untuk ayam bangkok tipe jalu, sebab akan memperlambat gerakan ayam. Ayam yang bertipe jalu atau taji lebih membutuhkan tubuh yang proposional karena kecepatan adalah hal yang paling utama Kecepatan akan menyokong kekuatan pukulan yang dihasilkan.  Selain itu kecepatan juga berpengaruh pada banyaknya serangan yang bisa dilancarkan.

Sementara Tubuh yang ramping dan proposional dibutuhkan dalam menyeimbangkan gerakannya diudara. Keseimbagan ini akan memberikan akurasi yang baik sehingga kemungkinan serangan mengenai lawan lebih besar.

Memandikan dan menjemur ayam merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam cara merawat ayam bangkok. Sebabnya banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan memandikan dan menjemur ayam jagoan kita. Berikut manfaat memandikan dan menjemur ayam aduan :

  • Menjaga penampilan ayam agar bulu ayam tetap terlihat segar dan mengkilap
  • Memandikan Ayam dapat menjaga kesehatan ayam petarung dari berbagai penyakit ayam yang berbahaya
  • Membantu mempercepat proses pertumbuhan tulang dan bulu untuk ayam jago
  • Membantu meningkatkan stamina ayam aduan

Jika anda memandukan ayam anda secara benar dan tepat maka tidak diragukan lagi akan meningkatkan kemampuan tarung ayam bangok anda. Berikut adalah Memandikan Ayam Aduan Secara Tepat Dan Efektif :

  • Pegang ayam hingga menjadi tenang dan basuh bagian kepala ayam dengan menggunakan sponge yang telah anda basahi sebelumnya.
  • Siram tubuh ayam anda secara perlahan agar ia tidak kaget
  • Basuh bagian leher hingga keselah selah tubuh ayam dengan menggunakan handuk yang kering. Hal ini sangat penting demi
  • menghindari bagian leher tidak terdapat air yang nantinya dapat merusak keindahan warna pada bulu.
  • Usap bagian sayap dan ketiak ayam menggunakan handuk kering sampai terlihat bersih.
  • Bersihkan daerah kloaka hingga dubur ayam anda hingga benar – benar bersih.

NB : Pastikan handuk tetap bersih sebelum memandikan ayam

Setelah Proses memandikan sebaiknya anda menjemur ayam aduan. Penjemuran dapat anda lakukan dengan memasukan ayam ke dalam kurungan bulat. Pastikan anda menjemur ayam anda di bawah sinar matahari pagi. Beri alas berupa papan agar ayam tidak berguling-guling dan kembali kotor.

Penjemuran yang paling baik dilakukan pada pukul 8 hingga 10 pagi agar ayam masih terkena sinar matahari pagi. Karena sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tulang dan bulu pada ayam aduan.  Selain itu sinar matahari pagi juga baik untuk meningkatkan stamina ayam aduan.

Memberikan Latihan Fisik Ayam Bangkok

Dalam merawat ayam bangkok aduan agar menjadi petarung yang handal dalam arena laga ayam, Latihan merupakan hal wajib yang perlu dilakukan. Latihan fisik ini dapat meningkatkan kekuatan dan teknik ayam aduan sehingga ayam dapat bertarung dengan lebih baik. Selain itu latihan yang benar dan teratur dapat membantu meningkatkan stamina ayam.

Latihan latihan yang dilakukan juga harus sesuai dengan kebutuhan dari ayam tersebut. Jangan berikan latihan yang berlebihan karena dapat memberikan efek buruk pada ayam. Contoh efek buruk pada ayam bangkok adalah turun urat. Turun urat dapat menyebabkan proses latihan terganggu karena kelumpuhan sementara yang terjadi.

Meyediakan Lawan Sparing atau ABAR

ABAR atau Sparing biasa dilakukan sebagai percobaan kemampuan dari hasil latihan ayam.  Ketika melakukan Latihan Sparing kita dapat mengetahui apakah ayam bangkok kita sudah dalam keadaan siap tarung atau belum. Selain itu Sparing juga dapat membuat ayam petarung membiasakan diri dalam teknik yang dilatihnya.

ABAR sendiri juga tidak boleh dilakukan terlalu lama. Batas waktu ABAR yang baik adalah sekitar 5 – 10 menit untuk pertama kali. Setelah ayam kita sembuh selepas abar pertama, kita dapat meningkatkan batas waktu hingga 15 menit. Yang paling penting dari abar adalah pemilihan lawan.

Lawan terbaik yang harus kita siapkan adalah ayam yang seimbang atau lebih lemah dari ayam bangkok kita. Tujuannya agar ayam memiliki mental yang baik sewaktu diturunkan ke arena aduan ayam.

Memberikan Suplement Alamiah Atau Jamu Ayam

Cara merawat ayam bangkok yang terakhir adalah pemberian suplemen atau jamu ayam bangkok. Pemberian jamu dan suplemen ayam bangkok ini sangat penting diberikan baik sebelum atau sesudah melakukan laga ayam. Kemampuan dari ayam petarung dapat terbantu dengan andanya jamu ayam bangkok ini.

Salah satu contohnya adalah pemberian kunyit untuk ayam bangkok sebagai jamu. Pemberian kunyit dapat memberikan khasiat baik berupa peningkatan stamina. Stamina yang menigkat dapat membuat ayam bangkok tahan bertarung dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu kita sarankan pemberian jamu ayam bangkok sebaiknya wajib anda berikan demi meningkatkan peluang kemenangan.