Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh

Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh

Dalam dunia sabung ayam, setiap bagian tubuh jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya memiliki peranannya masing-masing dalam menjalani sebuah pertandingan di arena laga. Dimana apabila dipergunakan dengan baik dan benar maka nantinya dapat dijadikan sebagai senjata mematikan dalam merobohkan lawan.

Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh

Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh

Dan salah satunya adalah bagian jalu atau taji yang sering kali digunakan sebagai senjata utama jenis ayam bangkok aduan. Maka dari itu, memiliki jalu ayam bangkok yang mematikan merupakan impian para bobotoh sabung ayam.

Umumnya, ketika ayam aduan yang memasuki usia 10 bulan ke atas sudah memiliki jalu yang tumbuh dengan ideal. Namun tak jarang juga, para bobotoh sabung ayam yang menemukan ayam aduannya memiliki masalah dalam pertumbuhan jalu yang dimilikinya. Sebut saja seperti lambat sehingga lama untuk panjang.

Biasanya kejadian ini sering ditemukan dikarenakan sejumlah faktor seperti masalah keturunan, jenis ayam jalu lepek serta kurangnya perawatan pada jalu.

Perlu diketahui bahwa ayam tipe jalu pada dasarnya tidak sama dengan ayam tipe pukul dalam melancarkan serangan. Kebanyakan sang ayam lebih suka memukul secara bertubi-tubi. Meski pukulan yang tidak berikan terlalu kuat namun apabila sudah mengenai bagian vital maka tentu akan berbahaya.

Cara Cepat Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh Panjang Secara Alami

1. Melakukan Pengupasan

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengupasan pada jalu ayam sejak masih dini. Dimana yang berarti ketika jalu sang ayam baru mulai tumbuh.

Umumnya, para bobotoh sudah dapat melihat jalu ayam bangkok tumbuh ketika berusia lima bulan ke atas. Dan pada saat itulah, para bobotoh sabung ayam dapat segera melakukan pengupasan lapisan luar pada jalu sudah mulai menonjol atau yang biasanya dikenal dengan sebutan jalu jagung.

2. Mengoleskan Bawang Putih

Selanjutnya dan sudah lama sekali diterapkan oleh para botoh tua sejak dulu adalah dengan menggunakan bawang putih. Dalam dunia sabung ayam, pemberian bawang putih kepada ayam bangkok memang membawa banyak manfaat dan salah satunya adalah kepada jalu sang ayam.

Dalam penerapannya juga mudah yakni dengan cara mengoleskan bawang putih secara teratur ke lapisan luar jalu ayam yang sudah di kupas. Selanjutnya, para bobotoh juga dapat menambahkan minyak goreng selama pengolesan berlangsung guna membuat pertumbuhan jalu lebih optimal.

Tips Membuat Jalu Ayam Bangkok Tumbuh Panjang

3. Rutin Membuang Lapisan Jalu

Perlu diketahui, pada dasarnya setiap jalu pada ayam memiliki 3 lapisan utama. Yakni lapisan luar berwarna putih, lapisan tengah berwarna kuning dan lapisan dalam berwarna kuning muda. Dimana setiap lapisan pada jalu memberikan pengaruh dalam proses pemanjangan jalu.

Maka dari itu agar jalu pada ayam bangkok aduan dapat cepat tumbuh panjang ada baiknya para bobotoh sabung ayam rutin dalam membersihkan lapisan luar jalu. Dimana cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan pecahan kaca atau pisau dan usahakan hanya lapisan yang berwarna putih saja dan lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai kaki ayam.

4. Menggunakan Belimbing Wuluh

Kemudian para bobotoh dapat melakukan perawatan berikutnya dengan menggunakan bantuan dari buah belimbing wuluh. Pasalnya, penggunaan buah belimbing wuluh dalam proses menumbuhkan jalu ayam  agar cepat panjang memang sudah lama dikenal.

Caranya juga cukup mudah yakni dengan cara mengoleskan buah belimbing wuluh ke bagian jalu ayam.

5. Mengeraskan Jalu

Dan cara terakhir yang dapat dilakukan dalam memanjang jalu ayam adalah dengan membuatnya menjadi sekeras mungkin. Selain itu, jenis ayam bangkok aduan dengan jalu yang keras juga akan memberikan keuntungan tersendiri. Sebut saja seperti tidak mudah patah, tahan akan pukulan, mampu melancarkan pukulan yang keras dan perih pada lawan serta akan lebih mudah untuk disetting.

Dalam prosesnya juga terdapat banyak cara dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan beberapa siung kunyit yang sudah ditumbuk. Kemudian oleskan pada jalu ayam dan bungkus menggunakan kain.