Cara Melakukan Kawin Silang Ayam Bangkok

Cara Melakukan Kawin Silang Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, mendapatkan jenis ayam bangkok aduan berkualitas merupakan impian para bobotoh sabung ayam. Hal ini sendiri membuat para pengusaha budidaya ayam bangko aduan mau tidak mau harus memenuhi permintaan dari konsumen.

Cara Melakukan Kawin Silang Ayam Bangkok

Melakukan Kawin Silang Ayam Bangkok

Bahkan dikarenakan banyaknya peminat untuk memiliki ayam aduan berkualitas membuat para sejumlah pengusaha budidaya ayam aduan melakukan cara lain. Yakni dengan melakukan kawin silang dengan ayam aduan yang berbeda namun memiliki kualitas tinggi.

Kegiatan ini sendiri dilakukan guna mendapatkan jenis ayam aduan baru. Meski demikian, dalam penerapannya sendiri para bobotoh tentu tidak boleh melakukannya dengan sembarang. Melainkan adanya peraturan khusus yang harus diketahui sehingga nantinya ayam aduan yang diinginkan dapat terwujud

Berikut Cara Tepat Melakukan Kawin Silang Ayam Bangkok Aduan Berkualitas

Cara yang diberikan pada kali ini sendiri sudah terbukti dan terbilang sangat efektif serta tentu sudah terbukti oleh para peternak ayam aduan. Berikut langkah langkah yang harus dilakukan dalam melakukan kawin silang ayam aduan agar menghasilkan keturunan yang super.

1. Pemilihan Induk Ayam Petarung Berkualitas
Hal pertama yang harus dilakukan adalah proses pemilihan indukan yang berkualitas baik itu dari sisi pejantan maupun sang betina. Pasalnya memilih indukan yang berkualitas tentu akan menghasilkan anakan yang nantinya menuruni sifat-sifat yang dimiliki.

Pasalnya babon ayam aduan merupakan kunci utama yang wajib diperhatikan kala menghasilkan keturunan jawara. Maka dari itu sebagai bobotoh sabung ayam, mengenali ciri babon ayam yang berkualitas merupakan tugas wajib yang perlu diketahui.

2. Menghindari Perkawinan Sedarah
Perkembangan jenis ayam modern hingga saat ini memang tengah marak, dimana banyak peternak ayam aduan yang melakukan kawin silang dengan menggunakan dua ayam aduan berbeda. Dimana darah campuran yang dihasilkan sendiri berasal dari trah yang masih murni atau asli.

Sebut saja salah satunya seperti ayam makhoy yang merupakan hasil perkawinan dari ayam pakhoy dengan ayam pama. Sementara ayam pakhoy sendiri merupakan ayam bangkok dan pama.

Namun perlu diketahui bahwa sebelum mengawinkan kedua ayam tersebut, ada baiknya para bobotoh mengenali lebih dulu asal usul kedua indukan. Apakah keduanya merupakan satu keturunan atau tidak. Pasalnya tak jarang, ayam dengan darah keturunan yang sama dapat menghasilkan anakan yang cacat nantinya.

Sebut saja contohnya seperti mengawinkan jenis ayam aduan makhoy dan ayam pama maka kemungkinan mendapatkan anakan yang cacat dapat saja terjadi.

Meski demikian tidak semua perkawinan sedarah dilarang. Untuk keturunan yang masih belum terlalu jauh masih dapat berhasil. seperti ayam pama yang dikawinkan dengan Pakhoy masih dapat menjadi ayam makhoy yang kuat. Namun ada buiknya untuk tidak mengawinkan jenis ayam yang masih memiliki darah yang sama.

3. Cara atau Tenik Kawin Silang Yang Paling Efektif
Untuk melakukan kawin silang pada sang ayam sendiri pada dasarnya terdapat dua cara. Yakni dengan menggunakan bantuan manusia maupun secara alami. Dimana keduanya memiliki efek yang bagus dan juga tidak.

Teknik pertama yang akan dibahas adalah dengan melakukan perkawinan dengan bantuan manusia. Dimana cara ini sudah banyak diterapkan dan dicoba oleh sejumlah peternak ayam aduan.

Caranya yakni dengan memegang ayam betina dengan posisi menghadap kearah anda. Kemudian berikan bagian belakang tersebut ke arah ayam aduan berkualitas yang akan dikawin silangkan. Jika sang pejantan masih dalam usia produktif maka ia akan meloncat naik keatas tubuh betina untuk mengawininya.

  • Keuntungan dari cara ini adalah tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan keturunan.
  • Sedangkan untuk kekurangannya adalah harus rutin dalam melakukannya dikarenakan belum tentu bibit anakan ayam sudah berhasil dibuahi.

Dan cara yang kedua adalah pembuahan secara alami. Yakni dengan cara memasukan ayam aduan pejantan dan betina sekitar 4 hingga 5 ekor dalam kandang. Perlu dingat dalam pemilihannya sendiri, pilih indukan yang masih dalam keadaaan produktif agar proses pembuahan dapat berhasil.

  • Kelebihan dari cara ini adalah banyaknya jumlah pilihan keturunan ayam yang dihasilkan. Dan juga akan membantu sang pejantan dalam meningkatkan mental serta tingkat keagresifan.
  • Untuk kekurangannya tidak lain adalah membutuhkan kesabaran ekstra dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama.