Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Memberikan sejumlah pemeliharaan kepada jenis ayam bangkok aduan guna membentuknya sebagai petarung handal tentu merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Yang dimana nantinya dapat melahirkan ayam aduan petarung berkualitas tinggi di arena laga.

Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok

Pinang Bagi Ayam Bangkok

Persiapan yang diberikan juga beragam, dimulai dari pemberian pakan hingga asupan suplemen tambahan khusus. Selain itu, perawatan yang diberikan juga bertujuan agar sang ayam tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Yang nantinya dapat mempengaruhi kualitas tarung yang dimiliki.

Manfaat Pemberian Buah Pinang Bagi Ayam Bangkok Aduan, Obat Tradisional Botoh Tua

Faktanya pengunaan buah pinang sendiri memang sudah lama diterapkan oleh para botoh tua selama perawatan pada sang ayam. Buah yang dikenal dengan buah jambe ini rupanya sangat ampuh dijadikan sebagai obat tradisional ayam aduan. Dimana khasiatnya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit yang ada.

Dan tentunya banyaknya pemilihan buah pinang tentu dikarenkan lebih aman ketimbang menggunakan obat-obat kimia.

1. Obat Cacicngan Ayam Aduan

Cacingan ayam aduan terjadi dikarenakan adanya gangguan pada sistem pencernaan yang dimiliki. Dimana hal ini nantinya membuat ayam menjadi tampak pucat dan lesu, nafsu makannya berkurang, hingga pada akhirnya membuat kemampuan bertarungnya menurun. Maka dari itu, penyakit satu ini tidak boleh dianggap remeh dan harus segera di tangani agar tidak semakin parah.

Dan untuk pengobatannya sendiri, para bobotoh dapat menggunakan buah pinang sebagai cara alternatifnya. Yakni seperti berikut

  • Siapkan buah pinang yang sudah tua dan juga sudah dijemur kering
  • Pisahkan buah pinang dari kulitnya dan ambil bagian bijinya saja
  • Kemudian hancurkan buah pinang dengan ditumbuk atau diparuh hingga halus
  • Berikan sedikit air dan berikan secara langsung pada sang ayam
  • Untuk jenis ayam aduan dewasa dapat diberikan setangah biji dari buah pinang. Sedangkan untuk ayam muda cukup seperempatnya saja.

2. Atasi Penyakit Kurap Ayam Aduan

Kurap ayam bangkok pada dasarnya sudah menjadi penyakit yang sudah sering kali ditemui. Dimana terkelupasnya bagian kulit kepala ayam dan akan bermunculan bintik-bintik putih seperti ketombe pada tubuh ayam. Penyakit ini juga harus segera ditangani karena merupakan penyakit yang mudah menular.

  • Pertama ambil buah pinang yang masih muda kemudian tumbuk atau parut hingga menjadi halus
  • Tambahkan juga beberapa sendok air
  • Jika sudah, oleskan ramuan tersebut secara langsung pada bagian yang terkena.
  • Dimana pengolesan ini nantinya dapat membantu membunuh kuman yang bersarang hingga sembuh kembali

3. Obat Luka Ayam Aduan Usai Diabar

Ayam aduan  yang baru saja diabar tentu tidak akan pernah terbebas dari namanya luka bertarung. Dimana luka yang timbul harus segera mendapatkan penanganan khusus agar nantinya tidak semakin parah. Buah pinang sendiri dianggap sangat ampuh kala menyembuhkan luka secara cepat.

  • Masih menggunakan buah pinang yang masih muda
  • Kemudian hancurkan hingga menjadi halus dan oleskan langsung pada bagian luka ayam
  • Cara ini akan membantu menghentikan pendarahan ayam dan membuatnya lebih cepat kering dan sembuh kembali

4. Tingkatkan Produktivitas Ayam Aduan

Ayam aduan yang tidak memiliki nafsu untuk kawin tentu akan menjadi masalah besar terutama kepada peternak ayam aduan. Dimana nantinya dapat menimbulkan kerugian dikarenakan tidak mampu menghasilkan keturunan selanjutnya. Dan berikut penangan dalam meningkatkan produktivitas ayam menggunakan buah pinang.

  • Siapkan terlebih dulu buah pinang yang masih mudah dan belum keras
  • Potong hinga menjadi ukuran yang sangat kecil dan lolohkan secara langsung pada sang ayam baik itu jantan maupun betina