Buah Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Buah Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Dalam dunia sabung ayam, pemberian perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan faktor penting dalam menjadikan sang ayam menjadi jawara.

Pasalnya, tanpa diberikan perawatan yang benar maka sang ayam akan tumbuh dengan kualitas yang buruk meski berasal dari keturunan jawara. Maka dari itu pemberian perawatan yang benar dan sesuai merupakan tahap penting dalam menjaga kualitas sang ayam.

Buah Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

Perawatan yang diberikan diantaranya seperti pemberian pakan, memandikan dan menjemur serta tak lupa pemberian asupan nutrisi tambahan.

Pada dasarnya, pemberian asupan nutrisi pada sang ayam sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti asupan yang berasal dari bahan-bahan alami.

Salah satunya adalah pemberian buah mengkudu pada jenis ayam bangkok aduan. Buah mengkudu atau yang dikenal dengan sebutan buah pace merupakan jenis buah yang kaya akan manfaat bagi ayam bangkok aduan.

Baunya yang menyengat serta rasanya yang pahit menjadikan buah ini banayk digunakan untuk sang ayam. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada buah mengkudu dapat digunakan dalam memulihkan serta mengobati beberapa penyakit yang dialami oleh ayam bangkok.

Dan juga manfaat lain yang diberikan adalah seperti mengatasi peradangan serta pereda rasa nyeri usai sang ayam ditarungkan.

1. Memelihara Kesehatan Ayam Bangkok

Dalam buah mengkudu pada dasarnya mengandung sejumlah nutrisi, seperti mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim.Dimana dari kandungan tersebut bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh sang ayam pasca selesai ditarungkan.

Dan juga tak tertinggal kandungan vitamin seperti vitamin E dan koenzim Q10, membuat pertahanan tubuh pada ayam semakin bertambah dari serangan berbagai penyakit.

2. Melindungi Ayam Bangkok Dari Infeksi 

Munculnya infkesi pada ayam bangkok sendiri umumnya  terjadi dikarenakan timbulnya luka usai bertarung. Luka yang dibiarkan saja tentu akan mengundang sejumlah bakteri serta virus masuk ke dalam tubuh sang ayam.

Maka dari itu, perawatan ayam bangkok pasca ditarungkan sangat penting dilakukan. Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan penggunaan mengkudu. Para botoh tua percaya bahwa penggunaan buah mengkudu sendiri dapat membantu mencegah dan mengatasi luka tersebut hingga tidak tambah parah.

3. Mengatasi Penyakit Korep Ayam Bangkok

Penyakit kurap merupakan jenis penyakit yang biasanya sering kali menyerang bagian tubuh ayam terutama pada bagian kepala seperti jengger. Umumnya pada bagian  kulit kepala ayam dan akan bermunculan bintik-bintik putih seperti ketombe. Dan perlu di ingat bahwa pada dasarnya penyakit korep merupakan jenis penyakit yang mudah menular maka dari itu butuh penaganan khusus.

Penggunaan buah mengkudu dapat menjadi salah satu cara alternatifnya. Kandungan senyawa antrakuinon dan terpana mampu melindungki kulit ayam dari serangan parasit dan jamur. Serta mengatasi radang pada sang ayam juga.

Pemberian Buah Mengkudu Bagi Ayam Bangkok Aduan

4. Mengobati Penyakit Kuning Ayam Bangkok

Umumnya penyakit kuning dapat dikenali dengan ciri seperti nafsu makan yang tiba-tiba menurun. Ada juga kulit yang terlihat keriput dan adanya bercak warna kuning pada bagian tubuh tertentu. Penyakit kuning sendiri dikategorikan sebagai jenis penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan bagi ayam bangkok aduan.

Untuk mengatasinya sendiri, para bobotoh tidak perlu cemas. Pasalnya penggunaan buah mengkudu dapat diterapkan. Dan berikut pemberian buah mengkudu bagi ayam bangkok yang terkena penyakit kuning.

· Siapkan dua buah mengkudu yang telah masak dan Telah berbau.
· Haluskan dan peras mengkudu.
· Masukkan madu ke dalam perasan mengkudu.
· Aduk hingga rata.
· Minumkan kepada ayam sebanyak 2 kali sehari.

5. Mengatasi Penyakit Ngorok Pada Ayam Bangkok

Satu lagi jenis penyakit yang dapat diatasi dengan pemberian buah mengkudu adalah penyakit ngorok. Penyakit yang muncul dengan beberapa ciri seperti bersin, batuk, susah bernafas, bunyi ngorok karena hidung lembab atau basah berlendir dan nafsu makan yang menurun.

Dalam pemberiannya sendiri dapat dilakukan dengan mencampurkan buah mengkudu dan jahe. Haluskan kedua bahan kemudian berikan secara langsung dengan di lolohkan ke dalam mulut sang ayam. Pemberiannya sendiri dapat dilakukan pada pagi serta sore hari dan terapkan hingga sang ayam benar-benar sembuh.