Beternak Ayam Petelur rumahan bagi pemula

Beternak Ayam Petelur rumahan bagi pemula

Ayam petelur yaitu memang di budidayakan dan di ternakan secara khusus bagi peternak ayam dan untuk di panen telur nya , dan tak sedikit peternak menjual daging ayam petelur ini , apalagi khusus nya di hari – hari raya besar seperti idul fitri sering kali bakul ayam pun menjual ayam ini dan ayam putih atau ayam  ( potong ).

Ada 2 Tipe Ayam Petelur

  • Ayam Petelur Ringan/Ayam Petelur Putih 

ayam ini betelur 260 telur /tahun dan ayam jenis ini sangat rentan sekali dengan cuaca panas , dan ayam ini mudah sensiti apabila di kandang mengalami kegaduhan , ayam lain dan mengakibatkan peneurunan hasil produksi

  • Ayam Petelur Medium/Ayam Petelur Coklat

ayam petelur ini selain di ambil telur nya bisa juga di sebut juga ayam pedaging karena berat badan nya yang cukup cepat dan para peternak ayam pun sering kali mengambil 2 ke untungan sekaligus berupa daging dan telur , oh ya ayam ini memproduksi lebih sedikit dari ayam petelur ringan atau aam petelur putih.

Cara Budidaya Ayam Petelur Hingga Sukses

  • Pilihlah Lokasi Kandang Ayam Yang Pas 

budidaya ayam memang susah susah gampang , namun bagi pemula memang cukup sulit dan di tambah lagi lokasi rumah memang terbatas , memang kandang adalah syarat mutlak bagi anda untuk beternak ayam selain untuk berlindung dari cuaca panas maupun hujan , dan tempat bertelur nya ayam.

  • Lokasi Yang Jauh Dari Keramain

bagi ayam petelur lokasi yang tenang adalah syarat wajib agar  dalam beternak pun dapat hasil memuaskan , jika kalau memilih lokasi yang banyak kegaduhan produksi ayam pun dapat menurun ,saran admin carilah lokasi yang jauh dari keramian dan kegaduhan agar produksi ayam pun memuaskan anda.

  • Lokasi Mudah Pemasaran

tempat lokasi pemasaran pun harus di perhatikan dekat nya lokasi pemasaran bisa mengurangi ongkos kirim dan pemasaran dan memudahkan akses berjualan kepada para konsumen,
saran admin bila anda jiwa berdagang sebaik nya anda pula yang menjual ayam hasil atau telur hasil panin apabila anda menjual kepada para pengepul , keuntungan anda menjadi lebih.

  • Lokasi Kandang Tidak Berpindah Pindah

bagi saya berpindah lokasi ayam sangat merugikan dalam hal tenaga waktu dan biaya , ada baik nya apabila anda ingin memnindahkan lokasi kandang yang lebih jauh , ada baik nya bongkar semua kandang dan pasang lagi.

  • Bentuk Kandang  Yang Hemat Biaya

setelah anda menetapkan lokasi kandang buatlah desain kandang yang hemat biaya dan mentukan besar dan ayam kebutuhan sepeti betelur dan lain lain.

Kandang Koloni

Kandang Koloni

kandang koloni yaitu bersifat massal atau di tempati semua ayam dalam 1 kandang atau 1 tempat dan kandang ini sangat menghemat biaya pembuatan dan ada pun kelemahan pembuatan kandang seperti ini apabila ayam yang terkena penyakit tanpa penghetahuan anda , seluruh ayam pun mati dan produksi telur pun menjadi kotor karena terkena injakan ayam lain nya.

kandang individu

kandang individu yaitu kandang ayam sendiri sendiri memang dalam pembuatan kandang ayam sepeti ini sangat lah rumit dari membuat tingkatan kandang dan juga pakan dan minum yang harus bisa di bagi rata kepada ayam lain nya . kandang ayam ini cukup bagus karena mudah mengambil telur yang keluar dari ayam tanpa harus kotor terkena kotoran ayam lain nya.

perhatikan dalam pembuatan kandang ayam bertingkat 
 
ada 2 cara pembuatan lantai kandang ayam yang baik dan hemat , pertama gunakan liter yang terbuat dari kulit padi yang di campur sedikit kapur dan pasir serta bubuk dari kayu dan mempunyai ketebalan yang di sarankan 10cm. tujuan ini di maksudkan agar menahan uap air dari tanh dan lantai pun mudah di bersihkan dan sterilkan hama.
 
persiapkan lah bibit /DOC ( day old chicken )
 
setelah kandang siap di huni untuk ayam persiapkan lah bibit atau benih unggul ayam , dan pilihlah indukan ayam yang sehat bebas dari cacat , muka kemerahan pucat yang terlihat terkena penyakit pilihlah yang induka lincah dan aktif dan tidak kurang bulu dan bulu nya pun harus penuh tidak jarang jarang agar kuat saat cuaca dingin dan pilihlah bobot ayam sekitar 35 – 40 gram

Pemberian Pakan ayam

1. fase awal ( umur 0-4 minggu )
saat ayam berumur 0 sampai 4 minggu , berilah pakan yang sesuai porsi ayam dan perkembangan ayam jangan sampai ayam kelaparan dan turun nya produksi ayam dan perhatikan lah kandungan gizi ayam seperti protein 22% -24% lemak 2,5% serat 4% kalsium (ca ) 1 % phospor (p) 0,7-0,9 % ME 2800-3500 kcal.
dan takaran yang pas bila umur benih ayam 1 -7 hari berikan lah 17 gram /ekor/hari minggu ke 2  ,43 gram /ekor/hari , dan minggu berikut nya 66gram/ekor/hari dan minggu ke 4 , 91 gram/ekor/hari.
2. fase selesai ( umur 4-6 minggu )
saat ayam berumur 4 sampai 6 minggu beri lah pakan yang sesuai kandungan vitamin dan gizi ayam seperti protein 18% -21% lemak 2,5% serat kasar 4,5 % kalsium  (ca) 1 % phospor (p)0,7-0,9 % dan energi (me) 2900-3400 Kcal .
dan dalam dosis pakan di berikan pada minggu ke 5 atau ke 111 gram /ekor/hari minggu selanjutnya 129 gram./ekor/hari mingu ke 7 berikan 146 gram/ekor/hari dan minggu ke 8 161 gram/ekor/hari
CATAT : untuk pemberian minum pada hari pertama baik nya di beri gula dengan dosis 50  gram /liter serta di tambahkna obat anti stres ayam dan sering di lihat wadah atau tempat minun ayam agar terhindar dari penyakit dan lumut atau jamur ayam di sekitar wadah.

Tips Dan Cara Mencegahan Penyakit 

untuk mencegah dalam penularan penyakit dan datang nya penyakit ayam, dan segera lah amankan ayam yang terkena penyakit agar tidak menular ke lain nya dan bersihkan kandang ayam yang terkena penyakit , dan selalu jaga kebersihan kandang dan tempat pakan dan minuman ayam. dan lakukan lah vaksin ayam denga teratur agar ayam bebas dari penyakit dan , apabila penyakit ini menyerang ternak anda sampai habis dan terkena manusia , baik nya hubunggi dinas peternakan terdekat.

Panen Hasil Produksi 

dalam hasil produksi telur sebaik nya lakukan lah 3 x sehari di pagi 10 -11.00 dan siang 13.00 sampai sore pukul 15.00 agar menjaga kualitas telur dan mengawasi ayam agar aman dari penyakit, apabila tidak di lakukan pengecekan dengan 3x , kwatir nya penumpukan telur dan mengakibatkan pecah nya telur ayam. bentuk telur normal nya adalah oval mempunyai berat sekitar 57 gram.