Berikut Tips Pemilihan Pakan Ayam Bangkok

Berikut Tips Pemilihan Pakan Ayam Bangkok

Majalah Ikan – Dalam dunia sabung ayam, perawatan kepada jenis ayam bangkok aduan merupakan tugas utama bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana seperti yang diketahui bahwa perawatan yang diberikan bertujuan agar kualitas bertarung sang ayam tidak terganggu.

Berikut Tips Pemilihan Pakan Ayam Bangkok

Umumnya, jenis perawatan yang diberikan kepada ayam bangkok aduan sendiri dapat berupa seperti pemberian pakan, memandikan, menjemur serta pemberian asupan seperti suplemen atau jamu tambahan.

Namun tak banyak para bobotoh pemula yang masih kesulitan dan bingung dalam merawat ayam aduan yang dimiliki. Salah satunya adalah seperti pemberian pakan ayam bangkok aduan sesuai dengan tipe tarung. Bahkan banyak dari mereka yang malah memberi secara asal asupan pakan pada sang ayam.

Padahal sesuai dengan anjuran para botoh tua bahwa pada dasarnya pemberian jenis serta komposisi pakan haruslah disesuaikan yakni sesuai dengan tipe tarung dari ayam itu sendiri.

Umumnya, tipe tarung dari sang ayam sendiri dibedakan ke dalam 2 jenis, yaitu tipe ayam jalu dan tipe ayam pukul. Dalam pemberian pakannya sendiri haruslah disesuaikan dikarenakan memiliki karakteristik tarung yang berbeda.

Dan pada artikel kali ini sendiri agen sabung ayam Online akan membahas mengenai Tips Pemilihan Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Tipe Tarung.

Berikut Tips Pemilihan Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Tipe Tarung

1. Pakan Untuk Tipe Ayam Jalu

Untuk jenis ayam bangkok tipe jalu pada dasarnya lebih condong dengan teknik memukul terus menerus tanpa mematuk. Selain itu, jenis ayam tipe jalu ini lebih sering memukul dengan waktu yang cukup singkat. Maka dari itu, faktor kecepatan menjadi modal utama dalam melakukan laga tarung.

Maka dari itu, untuk meningkatkan kecepatan pukulan dan pergerakan dari ayam jalu itu sendiri, para bobotoh dapat memberikan pakan yang kaya akan protein serta rendah lemak.

Dengan pemberian pakan tersebut tentunya selain akan membuat pergerakan ayam semakin lincah namun juga mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar.

Umumnya jenis pemberian pakan yang dapat diberikan sesuai dengan anjuran botoh tua adalah 2 kg konsentrat ayam petelur dan 8 kg bekatul atau dedak.

Kemudian campurkan formula tersebut ke dalam air. Para bobotoh juga dapat mengkombinasikannya dengan pakan lain seperti jagung, beras merah, atau gabah sebagai suplemen dalam jumlah sedikit saja.

Selanjtunya, para bobotoh sabung ayam juga dapat menjemur sang ayam diatas alas pasir yang ditaburi pecahan batako. Dimana pecahan batako yang dimakan pada nantinya dapat menjadi sumber kalsium yang dapat menguatkan tulang-tulangnya.

2. Pakan Untuk Tipe Pukul

Selanjtunya adalah jenis ayam bangkok aduan tipe pukul. Umumnya, tipe ayam pukul lebih digunakan untuk diturunkan bermain dalam ronde panjang. Maka dari itu, untuk lebih meningkatkan kualitas bertarung dari sang ayam itu sendiri perlu ditunjang sejumlah pakan yang tinggi protein dan tinggi karbohidrat.

Adapun pemberian pakan yang dianjurkan seperti komposisi 5 kg jagung halus, 2 kg dedak, dan 3 kg konsentrat ayam petelur. Dimana pemberian ini hanya ditujukan kepada jenis ayam aduan yang dipelihara secara semi intensif atau ekstensif. Untuk perawatan secara intensif, para bobotoh sabung ayam dapat menambahkan 1 ons susu bayi pada formula di atas.

Pemberiannya sendiri hanya dapat diberikan dalam selang waktu 14 hari saja. Lewat dari hari itu, harus diselingi makanan lain selama beberapa hari kemudian.