Bentuk Badan Ideal Ayam Bangkok

Bentuk Badan Ideal Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, jenis ayam bangkok aduan dikatakan jawara dalam arena laga apabila memiliki kualitas bertarung yang baik serta ditopang dengan fisik yang baik juga.

Dimana kualitas bertarung dari jenis ayam bangkok aduan sendiri pada dasarnya dapat dilihat melalui sejumlah faktor dan salah satunya adalah melalui bentuk badan dan dan tulangannya. Pasalnya kedua bagian fisik sang ayam ini merupakan kunci dalam menilai kemampuan bertarung dan kekayaan variasi pukulan yang dimiliki sang ayam.

Bentuk Badan Ideal Ayam Bangkok
Badan Ideal Ayam Bangkok

Dan juga tak tertinggal, jenis ayam aduan dengan penampilan yang fisik yang baik tentu akan dinilai memiliki tingkat stamina yang tinggi, semangat bertarung serta daya tahan tubuh yang prima. Selain itu, juga akan menunjang sang ayam dalam menjalani pertandingan di arena laga.

Sebut saja seperti memudahkannya dalam menempatkan posisi yang tepat sehingga dapat melancarkan serangan yang akurat dan mematikan terhadap lawan. Dan juga, sang ayam akan dengan mudahnya dalam menghindari pukulan lawan sehingga tidak akan terkena pukulan.

Maka dari itu, tidak heran apabila jenis ayam bangkok aduan dengan bentuk badan yang ideal sangat membantu sang ayam dalam arena laga.

Berikut Bentuk Badan Ideal Ayam Bangkok Sebagai Petarung Sejati

Umumnya, bentuk tubuh jenis ayam bangkok dikatakan ideal apabila terlihat gagah dan atletis. Yang artinya memiliki bentuk badan yang agak panjang dan tegap menyerupai botol saat berdiri. Dan juga dari kepala hingga ekor membentuk sudut sekitar 60 derajat dengan posisi lutut menekuk sedikit ke depan.

Kemudian dibantu juga dengan bentuk punggung sedikit melengkung dengan bulu menutupi badan dan sayap relatif panjang dan besar. Dan apabila disentuh, bulu-bulu tersebut akan terasa licin seperti minyak yang dimana menandakan sang ayam dalam kondisi yang sehat. serta saling menumpang rapat.

Selanjutnya adalah bentuk dadanya yang bidang serta mempunyai panjang leher yang sama panjang dengan panjang badan. Yang menandakan sang ayam nantinya akan memiliki nafas serta stamina yang panjang dalam menjalan arena laga dalam durasi yang lama.

Mengenali Bentuk Badan Ideal Ayam Bangkok

Untuk mengenali jenis ayam aduan dengan tubuh yang ideal, para bobotoh dapat melakukan sejumlah cara. Dan salah satunya adalah dengan memegang dan mengukur ayam aduan yang dimiliki.

Caranya pegang tubuh ayam aduan di sisi kanan dan kiri dengan kedua tangan. Kemudian jempol saling bertemu di punggung ayam dan jari tengah saling bertemu di dada, tepatnya di pangkal paha bagian depan. Dan dengan menggunakan teknik satu ini, para bobotoh akan merasakan sendiri bentuk badan ayam yang dimiliki.

Tips Membentuk Badan Ideal Ayam Bangkok

Dan apabila para bobotoh sabung ayam merasa kurang puas dengan bentuk tubuh yang dimiliki oleh sang ayam. Para bobotoh dapat melakukan beberapa cara dalam mengatasi masalah satu ini.

Bahkan proses pembentukan tubuh ayam menjadi ideal dapat dilakukan sejak sang ayam masih berusia sekitar 3 bulan. Kemudian perlu diingat selama proses pembentukannya, para bobotoh juga dapat membantunya dengan menggunakan kandang sang ayam. Yakni dengan membuat tenggeran atau tangkringan di dalam kandang sang ayam dengan menggunakan alat bantu seperti bambu bulat yang dikaitkan menyilang pada dinding-dinding kandang.

Cara satu ini juga dapat digunakan dalam mengantisipasi terjadinya bentuk tubuh ayam bronggal. Dimana istilah ayam bronggal dimaksudkan sebagai ayam kontet atau bentuk tubuh ayam yang tidak normal. Selain itu tak tertinggal juga dengan pemberian asupan gizi yang tepat agar pertumbuhan ayam tidak terhambat.