Bawang Putih Obat Bagi Ayam Bangkok

Bawang Putih Obat Bagi Ayam Bangkok

Menjaga jenis ayam bangkok aduan agar selalu dalam keadaan yang prima merupakan tugas wajib setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya akan mempengaruhi kualitas tarung yang dimiliki di atas arena laga.

Bawang Putih Obat Bagi Ayam Bangkok

Putih Obat Bagi Ayam Bangkok

Selain itu, pemberian perawatan yang rutin tentu akan membuat sang ayam menjadi tidak mudah terserangn penyakit. Berbagai jenis perawatan dapat dilakukan, baik itu dari pemberian pakan hingga asupan suplemen khusus.

Salah satunya seperti yang akan menjadi topik pembahasan agen sabung ayam kali ini. Yakni dalam Mengenali Sejumlah Manfaat Bawang Putih Bagi Ayam Bangkok, Ramuan Obat Segala Jenis Penyakit

Manfaat Bawang Putih Bagi Ayam Bangkok, Ramuan Obat Segala Jenis Penyakit

Faktanya, selain digunakan sebagai bumbu dapur masakan siapa sangka rupanya pemberian bawang putih dapat berguna bagi sang ayam. Salah satunya adalah dalam mengobati sejumlah jenis penyakit yang menyerang.

Sejumlah kandungan seperti kalsium, diallysulfide, protein, lemak, fosfor, dan zat besi sangat berpengaruh pada tubuh sang ayam. Terlebih memasuki musim pancaroba seperti ini, pemberian bawang putih sangat cocok dalam perawatannya.

1. Obat Ayam Aduan Pukul Saraf

Umumnya penyakit pukul saraf sering terjadi usai sang ayam ditarungkan. Dimana hal ini membuat ayam menjadi sulit untuk bergerak bahkan berdiri. Adapun untuk pengobatannya, para bobotoh dapat memanfaatkan bawang putih sebagai cara alternatifnya.

Hal ini dikarenakan kandungan saltvine yang ampuh dalam memperbaiki serta menyehatkan saraf sang ayam yang terganggu. Untuk penerapannya juga mudah yakni dengan melolohkan bawang putih secara langsung atau dicampur dengan bahan herbal lain seperti jamu atau pil herbal.

2. Obat Ampuh Penyakit Cacingan

Memasuki musim pancaroba seperti ini, salah satu penyakit yang paling sering ditemui adalah penyakit cacingan. Dimana nantinya, sistem pencernaan pada sang ayam akan terganggu dan membuatnya lesu.

Biasanya banyak bobotoh yang menggunakan buah pinanh sebagai pengobatannya. Namun kini pemberian bawang putih dapat menjadi salah satu cara alternatif lainnya. Dimana hal ini mampu membunuh cacing dalam perut ayam dan tingkatkan nafsu makan yang dimiliki. Untuk pemberiannya cukup dilolohkan secara langsung sesuai dengan kondisi sang ayam.

3. Antiseptik Alami Ayam Aduan

Untuk mencegah infeksi dan radang muncul usai ditarungkan, para bobotoh dapat menggunakan bawang putih sebagai antiseptik alami. Yakni dengan membersihkan luka ayam menggunakan air campuran tumbukan bawang putih. Terlebih kepada ayam aduan yang baru saja diadu, cara ini terbilang sangat ampuh.

4. Obat Kurap Ayam Aduan

Untuk penggunaanya dapat diterapkan pada ayam aduan yang baru saja terkena kurap dan tidak terlalu parah. Kurap yang timbul pada bagian tubuh ayam dapat dihilangkan. Yakni dengan menggosokan bawang putih pada bagian kulit yang terkena.

5. Ramuan Penyakit Pilek Ayam Aduan

Penyakit pilek yang dibarengi dengan sejumlah penyakit lain seperti penyakit ngorok, snot dan lainnya sangat mudah muncul di musim seperti ini. Kandungan alicin yang terkenal pada bawang putih sangat ampuh dalam mengatasi bakteri yang menimbulkan penyakit pilek satu ini.

6. Menguatkan Kualitas Paruh Ayam Aduan

Paruh yang kuat tentu merupakan senjata mematikan pada sang ayam dalam menumbangkan musuhnya. Sebaliknya, paruh yang lemah tentu tidak akan mampu dalam menjalani pertandingan yang sengit. Maka dari itu, perlu adanya perawatan pada paruh ayam dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Dimana dalam penggunaanya ampuh dalam menguatkan serta mempercepat pertumbuhan paruh yang patah.