Basmi Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan

Basmi Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan

Dalam dunia sabung ayam, merawat jenis ayam bangkok aduan agar sehat dan berkualitas tentu menjadi tugas wajib tersendiri bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya membuat sang ayam menjadi unggulan du atas arena laga.

Maka dari itu, perawatan serta latihan yang baik dan benar menjadi kunci utama dalam prosesnya. Namun tak jarang, para bobotoh sering kali mengalami hambatan dalam prosesnya. Seperti masalah pakan, ayam aduan terkena penyakit hingga urusan kandang.

Basmi Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan
Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan

Umumnya penyakit pada sang ayam dapat muncul dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya seperti kondisi kandang yang buruk dengan kehadiran lalat yang hinggap didalamnya.

Mempelajari Tips Ampuh Basmi Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan

Seperti yang sudah diketahui bawha lalat merupakan salah satu hewan yang paling kotor. Lingkungan yang kotor dan jorok menjadi salah satu tempat favoritnya dalam berkembang biak. Maka dari itu sebagai bobotoh perlu mengenali serta mempelajari cara untuk mengatasi masalah satu ini.

Umumnya munculnya lalat pada kandang ayam dapat dikarenakan sejumlah alasan. Yakni seperti berikut

  • Kondisi lingkungan kandang yang kotor
  • Keadaan kandang yang lembap dan tidak adanya sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk
  • Malas membersihkan kotoran ayam bahkan hingga menumpuk
  • Pemberian pakan yang basah
  • dan masih banyak lagi

Tips Pencegahan Kedatangan Lalat Di Kandang Ayam

  • Selalu rajin dalam membersihkan kandang ayam sehingga selalu bersih
  • Pada saat pembuatan kandang jangan lupa untuk membuat saluran udara serta tempatkan di daerah yang teduh dan mendapat sinar matahari secara langsung.
  • Hait-hati dalam menuang pakan yang basah agar tidak mudah tumpah dan bersihkan selalu sisa pakan yang tidak habis
  • Bersihkan kotoran ayam aduan dan dapat diberikan bahan Zeolit agar kotoran ayam cepat kering
  • Lakukan penyemprotan zat pestisida agar lalat tidak datang menghampiri

Berikut 3 Tips Ampuh Basmi Lalat Di Kandang Ayam Bangkok Aduan

Cara ini dilakukan apabila lalat dalam kandang sudah sulit untuk diatasi oleh para bobotoh sabung ayam.

1. Menggunakan Lem Lalat Khusus

Lem lalat memang termasuk ke dalam salah satu cara paling alternatif dalam membasmi lalat. Untuk mendapatkannya sendiri dapat ditemukan di toko pertanian atau hewan peliharaan. Cara ini dipilih apabila keberadaan lalat sudah terbilang sangat banyak. Sebaliknya apabila masih dikit disarankan untuk tidak menggunakan lem satu ini dikarenakan dapat mengundang lalat lain berdatangan.

2. Melakukan Penyemprotan Desinfektan

Cara kedua adalah dengan menyemprotkan cairan desinfektan yang dapat membunuh lalat secara langsung. Meski demikian dalam penerapannya harus hati-hati dan tidak boleh sembarang dikarenakan dapat membahayakan sang ayam nantinya.

3. Dengan Cara Alami

Terakhir dalam proses pengusiran lalat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dimana cara ini sudah lama diterapkan oleh para botoh tua dalam prosesnya. Yakni dengan memanfaatkan daun pandan atau lavender yang diletakan di sekeliling kandang. Hal ini dikarenakan lalat yang tidak menyukai wangi-wangian seperti ini dan juga tentu lebih aman bagi sang ayam nantinya.