Ayam Olagan Aduan Legenda Asli

Ayam Olagan Aduan Legenda Asli

Kehadiran jenis ayam bangkok aduan hingga saat ini memang tengah marak berkembang dan menyebar di sejumlah negara. Banyaknya peminat dari sejumlah bobotoh sabung ayam, membuat kehadiran dari ayam aduan ini juga ikut meningkat.

Ayam Olagan Aduan Legenda Asli

Olagan Aduan Legenda Asli

Hingga saat ini, jenis ayam aduan pada dasarnya  beragam dan tentunya memiliki kualitas tarung yang berbeda-beda. Sebut saja seperti di Thailand yang terkenal dengan sejumlah ayam aduan berkualitas seperti ayam bangkok asli, ayam birma, ayam saigon dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, kehadiran ayam aduan berkualitas juga tidak kalah banyaknya. Hal ini terlihat dari sejumlah ayam aduan lokal yang memiliki kualitas layaknya yang tidak jauh berbeda dengan ayam bangkok asli Thailand.

Umumnya, ayam aduan asal Indonesia beragam sebut saja seperti ayam tolaki, ayam banten, ayam ciparage dan masih banyak lagi. Namun dari semua jenis ayam aduan yang ada, terdapat salah satu jenis ayam aduan lokal yang tidak kalah berkualitasnya dan sudah banyak dikenal orang yakni kemunculan ayam olagan.

Mengenal Ayam Olagan Aduan Legenda Asli Asal Bali Yang Kini Sudah Langka.

Pada dasarnya, kehadiran ayam olagan di Indonesia hingga saat ini dapat dikatakan sudah sangat langka. Tepatnya, kemunculan ayam olagan pertama kali berasal dari Bali yang dimana dulunya sering kali digunakan dalam sejumlah upacara adat.

Faktanya, ayam olagan sendiri sudah lama sekali dijadikan sebagai sosok ayam petarung yang beringas di atas arena laga. Kemampuan bertarung yang mahir membuatnya sebagai salah satu jenis ayam aduan legenda dan juga langka untuk ditemukan.

Pasalnya hingga saat ini kehadiran ayam olagan termasuk sudah sedikit dan sulit untuk didapatkan. Dikarenakan langkanya kehadiran ayam aduan satu ini tentu membuatnya memiliki sejumlah bertarung yang luar biasa.

Kelebihan Ayam Olagan Dalam Bertarung Di Arena Tarung

Ketenaran dari ayam aduan satu ini tak lain dikarenakan kekuatan pukulan dahsyat sehingga mampu menghancurkan lawannya dalam sekali pukul. Sering kali diunggulkan dalam setiap pertandingan dan tak jarang keluar sebagai pemenang.

Ayam olagan sendiri memiliki postur tubuh yang terbilang besar, dimana nantinya membuat pukulan yang diberikan juga mematikan. Banyak dari kalangan bobotoh yang sering kali menyamai kehadiran ayam satu ini dengan ayam saigon.

Kelebihan lain dari ayam olagan adalah stamina serta mental bertarung yang tinggi. Dan juga daya tahan tubuh yang kuat sehingga jarang sekali untuk terserang berbagai jenis penyakit.

Ayam olagan juga sering kali dianggap sebagai ayam multifungi. Pasalnya selain bisa digunakan sebagai ayam petarung, namun sang babon juga mampu menghasilkan telur yang tinggi.

Ciri Ayam Olagan Asli Asal Bali Yang Populer

Umumnya, ayam aduan satu ini memiliki sejumlah ciri fisik yang mudah untuk dikenali. Yakni seperti berikut :

  • Memiliki postur tubuh yang lebih kecil ketimbang ayam saigon dan hampir sama dengan ukuran ayam kampung
  • Kombinasi warna bulu coklat hitam serta putih dan kuning
  • Bentuk jengger yang kecil dan berwarna merah
  • Ukuran leher yang pendek dan pada bagian leher tidak ditumbuhi dengan bulu
  • Paruh yang pendek namun kokoh dan berwarna kuning biasanya
  • Memiliki penampilan kaki yang mulus berwarna kuning atau putih
  • Umumnya sang pacek memiliki berkisar 2 – 2.5 kg dan untuk babonnya 1.8 – 2 Kg.

Dulunya kehadiran dari ayam olagan sering kali diunggulkan dikarenakan ketangguhannya saat tampil di atas arena laga. Namun dikarenakan sudah langka, kini ayam olagan hanya digunakan sebagai indukan saja guna meningkatkan produksi telur.