Ayam Kate Si kecil Cabe Rawit

Ayam Kate Si kecil Cabe Rawit

Dalam dunia sabung ayam, kemunculan berbagai jenis ayam bangkok aduan hingga saat ini memang tengah banyak beredar. Dimana ayam bangkok aduan yang dikenal memiliki kualitas serta gaya bertarung yang hebat di arena laga.

Salah satunya yang tak kalah terkenal dan sudah tidak asing di telinga para bobotoh sabung ayam adalah jenis Ayam Kate. Hingga saat ini, kehadiran ayam kate memang cukup populer terutam di kalangan para bobotoh sabung ayam aduan.

Ayam Kate Si kecil Cabe Rawit

Kate Si kecil Cabe Rawit

Ciri khas dari ayam kate yang membedakannya dengan ayam aduan lainnya adalah ukuran tubuhnya yang kecil. Bahkan tak jarang para bobotoh percaya bahwa jenis ayam kate dikategorikan sebagai jenis ayam aduan dikarenakan penampilannya yang menggemaskan.

Meski dengan penampilan tubuh yang kecil namun tidak membuat kualitas bertarung yang dimiliki boleh diragukan. Pasalnya, ayam jenis ini memiliki kemampuan bertarung yang cukup baik bahkan tak jarang sering kali merepotkan lawannya di arena laga.

Mengenal Ayam Kate Si Kecil Cabe Rawit Di Arena Laga Sabung Ayam

Umumnya, penampilan dari ayam kate memang hampir mirip dengan jenis ayam kampung biasanya. Yakni dengan ukuran tubuh yang kecil serta ekornya yang melengkung ke atas. Meski demikian, hal inilah yang menjadi kunci utama dalam bertarungnya dalam arena sabung ayam.

Tak jarang ayam ini sendiri sering kali diunggulkan kala dilagakan dengan ayam aduan bertaji yang sudah dikenal dengan keakuratannya dalam melancarkan serangan yang mematikan.

Keunggulan Ayam Kate Di Arena Laga

Dikarenakan memiliki tubuh yang kecil membuat ayam sulit dipukul lawan. Namun memiliki manuver yang baik dalam menghindar maupun menyerang lawan yang akurat serta tepat sasaran. Selain itu, tubuh kecilnya juga memudahkan sang ayam untuk melakukan lompatan serta mengelabui lawan.

Bahkan tak jarang jenis ayam kate sering kali keluar sebagai juara meski lawan yang dihadapi dua kali lebih besar badannya. Hal ini sendiri menjadi daya tarik bagi para bobotoh untuk memlihar jenis ayam ini. Baik itu sebagai ayam aduan maupun dijadikan sebagai ayam hias dikarenakan bentuknya yang lucu.

Peneliharan Ayam Kate Yang Baik dan Benar

Dalam pemeliharaanya, para bobotoh tidak boleh melakukan dengan sembarang melainkan perlu adanya perawatan khusus. Pasalnya, apabila dilakukan dengan sembarang maka dapat mengganggu mental serta kualitas bertarung yang dimiliki.

Proses perawatan yang diberikan dapat dimulai dari memperhatikan serta menjaga kualitas kandang sehingga nyaman untuk ditinggal sang ayam. Hal ini bertujuan dalam menjaga sistem imun sang ayam agar tidak mudah terserang penyakit dikarenakan faktor tubuhnya yang kecil. Pasalnya, ayam kate dikenal sebagai ayam aduan yang memiliki pertahanan tubuh yang dikenal kurang bagus.

Dalam penempatan kandangnya, para bobotoh dapat memilih daerah kandang yang kering, bersih serta mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Untuk masalah pemberian pakan, umumnya para bobotoh dapat memberikan biji-bijian seperti jagung dan dicampur dengan nasi putih sebagai pakan. Hal ini sekaligus bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh serta membantu proses pertumbuhan tulan dan otot yang dimiliki.