Ayam Aduan Bantat Atau Tidak Tumbuh Ideal

Ayam Aduan Bantat Atau Tidak Tumbuh Ideal

Dalam dunia sabung ayam, mendapatkan jenis ayam bangkok aduan dengan kualitas super tentu merupakan idaman para bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini akan memperbesar peluang bagi sang ayam guna keluar sebagai jawara nantinya.

Ayam Aduan Bantat Atau Tidak Tumbuh Ideal

Aduan Bantat Atau Tidak Tumbuh Ideal

Maka dari itu, memilih jenis ayam bangkok aduan pada dasarnya tidak dapat dilakukan dengan sembarang. Melainkan butuh adanya ketelitian sehingga nantinya tidak salah memilih. Kemudian sang ayam juga perlu didukung dengan pemeliharaan khusus sehingga nantinya dapat berkembang sesuai dengan yang diharapkan.

Sayangnya, tak jarang pada bobotoh sering kali mengalami sejumlah masalah dalam pemeliharaanya. Baik itu masalah pakan, cedera, terkena penyakit maupun pertumbuhan yang tidak ideal.

Pada dasarnya, ayam yang tumbuh dengan ukuran yang tidak ideal atau bantat tentunya sempat dirasakan oleh sejumlah bobotoh sabung ayam.

Penyebab Ayam Aduan Bantat Atau Tidak Tumbuh Ideal

Terganggunya pertumbuhan pada sang ayam sendiri dapat dikarenakan sejumlah faktor. Meski dari awal indukan yang dimiliki memiliki postur yang normal namun tidak memungkinkan anakan yang dihasilkan berukuran kecil atau bantat.

1. Faktor Keturunan

Seperti yang sudah diketahui bahwa pemilihan jenis indukan baik itu pacek maupun babon tidak boleh sembarang dilakukan. Dimana hal ini dapat menjadi kunci utama dalam mendapatkan jenis anakan unggulan nantinya. Namun apabila dari awal indukan yang di pilih berukuran normal ata lebih besar tetapi tetap menghasilkan anakan yang kecil, ada baiknya para bobotoh mencoba untuk mengganti indukan.

2. Pemberian Pakan Yang Tidak Sesuai

Selanjutnya yang dapat menjadi faktor ayam tumbuh bantat adalah pemberian pola pakan yang tidak sesuai. Seperti yang sudah diketahui, bahwa pemberian pakan yang tepat merupakan langkah utama dalam menjadikan sang ayam berkualitas. Selain itu, pemberiannya sendiri tidak dapat dilakukan dengan sembarang melainkan harus disesuaikan dengan umur masing-masing sang ayam serta gaya bertarung.

Sebaliknya, pemberian pakan yang tidak sesuai dapat menjadi penyebab terganggunya pertumbuhan ayam aduan. Salah satu contoh kesalahan yang sering kali dilakukan adalah dengan pemberian beras jagung kepada ayam yang berusia dua bulan. Tentu hal ini akan menyebabkan pertumbuhan yang dimiliki menjadi lambat dan tulangan tidak dapat tumbuh dengan maksimal.

3. Terkena Penyakit

Faktor terakhir yang menyebabkan pertumbuhan ayam terganggu adalah terserang penyakit ketika masih berusia muda. Maka dari itu, banyak botoh tua yang mengatakan bahwa ayam dengan usia yang muda sangat membutuhkan pemeliharaan secara khusus. Baik itu dari sisi pemberian pakan, kandang, mandi serta pemberian jamu atau suplemen khusus. Dimana hal tentu tidak akan memudahkan sang ayam dalam terserang berbagai jenis penyakit.

Tak jarang ayam aduan muda mengalami pertumbuhan yang lambat hanya dikarenakan terserang penyakit. Meski dari awalnya berasal dari keturunan indukan yang sempurna.