Ayam Aduan Bangkok Birma dari Thailand

Ayam Aduan Bangkok Birma dari Thailand

Ayam aduan birma yang bagus mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh dari ayam birma asli yang berasal dari Myanmar. Sejalan dengan perkembangan adu ayam, ayam bangkok jenis birma dari Thailand lebih mendominasi laga berkat keja keras peternak dari Thailand.

Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma dari Thailand

Oleh peternak ayam aduan di Thailand, ayam birma yang dulunya berasal dari myanmar dikembangkan hingga mempunyai hasil ternakan yang berkwalitas sebagai ayam aduan populer. Ayam aduan birma mempunyai gaya tarung yang tidak dimiliki oleh ayam aduan bangkok. Akibat keunikan gaya tarung tersebut juga banyak pula peternak Thailand yang menyilangkan ayam birma tersebut dengan ayam Thailand. Namun bagaimana mengetahui ayam aduan birma yang asli dan birma campuran..? Untuk mengetahui Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma dari Thailand yang bagus dan berkelas dengan ayam birma campuran akan segera kami sajikan dengan gambar dan tabel seperti dibawah ini:

Ayam Birma Asli Myanmar Ayam Birma Campuran/Silangan Birma dengan Ayam Thailand
Mempunyai tulang kecil dengan ukuran yang mendekati ayam kampung Mempunyai ukuran kecil masih dibawah 3kg
Bentuk kepala mempunyai ukuran yang sempit dan kecil Bentuk kepala mempunyai ukuran yang sempit dan kecil
Sorot mata melotot Sorot mata melotot
Bulu sayap tebal dan panjang melebihi panjang badan Bulu sayap agak tipis namun tetap mempunyai ukuran panjang
Ada warna putih dabagian telinga Kadang masih ada warna putih
Warna kaki gelap Warna kaki agak gelap
Warna mata kehitam-hitaman Warna mata lebih jernih

Tabel diatas merupakan ciri ciri yang dilihat secara umum untuk ayam aduan birma myanmar dan hybrida/silangan. Namun pada dasarnya kawin silang/ayam birma hibrida tersebut mempunyai keuntungan dan keunggulan tersendiri yang mampu menutupi kelemahan ayam birma asli(ayam Myanmar). Adapun keunggulan ayam birma hibrida dengan ayam birma Myanmar tersebut bisa anda simak seperti dibawah ini:

Keunggulan Ayam Birma Myanmar Keunggulan Ayam Birma Thailand/Hybrida
Lebih lincah mempunyai kecepatan gerakan yang sempurna 100% Untuk kelincahan masih mendekati ayam Myanmar namun tinggal 75%
Mempunyai tingkat kecerdasan yang luar biasa dan mencapai 100% Mempunyai kecerdasan yang sudah berkurang agak jauh sampai 50%
Mempunyai gaya dan taktik dalam bertarung yang sempurna Mempunyai gaya dan taktik dalam bertarung yang mendekati Ayam Myanmar sampai 25%
Mempunyai tulangan yang sangat tipis dan tidak mampu menerima pukulan Lebih kuat menerima pukulan

Ayam Myanmar adalah satu-satunya ayam aduan yang memiliki kecerdasan dan kelicikan yang luar biasa dalam bertarung, hal itulah yang mendorong peternak ayam aduan menyilangkan ayam aduan Myanmar tersebut dengan berbagai jenis ayam aduan lainnya seperti ayam bangkok dan saigon.

Dan saya kira sudah cukup mengenai sajian tentang Ciri Ayam Aduan Bangkok Birma dari Thailand, Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Trik Menang Adu Ayam Bangkok Menurut Primbon Jawa.