Atasi Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok

Atasi Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, khususnya kepada para bobotoh sabung ayam yang tengah menjalani usaha budidaya ayam bangkok tentunya sering kali menjumpai sejumlah masalah. Baik masalah mengenai pakan, keturunan maupun yang paling sering adalah mengenai masalah penyakit ayam bangkok aduan.

Pada dasarnya, munculnya penyakit pada ayam bangkok sendiri sudah menjadi hal lumrah bagi para bobotoh sabung ayam. Dimana kemunculan penyakit pada sang ayam sendiri dapat disebabkan oleh sejumlah faktor dan yang paling sering adalah masalah kebersihan lingkungan dan kandang sang ayam.

Atasi Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok

Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok

Lingkungan kandang  yang kotor tentunya menyebabkan sejumlah penyakit akan mudah muncul dan menyerang ayam bangkok aduan. Dan salah satu jenis penyakit yang paling sering ditemukan adalah penyakit cacar ayam bangkok aduan.

Umumnya, munculnya penyakit cacar pada ayam bangkok aduan sendiri dikarenakan beberapa faktor seperti tertular secara langsung maupun melalui udara. Maka dari itu pada artikel kali ini sendiri kami akan membahas mengenai Tips Atasi Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok Aduan Secara Cepat.

Pencegahan Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok Aduan

Namun sebelumnya mari para bobotoh sabung ayam mengetahui lebih dulu mengenai Mencegah Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok Aduan agar tidak muncul lagi. Dan berikut penjelasannya :

  • Rutin membersihkan kandang ayam bangkok
  • Tidak membiarkan jenis ayam liar masuk ke kawasan kandang sang ayam
  • Pada saat pembuatan kandang usahakan untuk selalu membuat sirkulasi udara yang cukup agar tidak pengap
  • Membersihkan kotoran ayam, jangan sampai menumpuk. Dan apabila perlu berikan Zeolit pada kotoran agar cepat kering
  • Menjaga kondisi kandang agar tetap kering dan tidak lembap
  • Menutup kandang atau menyelimutinya dengan kain pada malam hari
  • Menjaga kebersihan tempak pakan dan minum pada sang ayam setiap harinya

Tips Atasi Penyakit Cacar Kepada Ayam Bangkok Aduan Secara Cepat

Dalam penyembuhannya para bobotoh sabung ayam dapat menggunakan Kitolot Plus Cream pada sang ayam. Yakni dengan cukup mengoleskannya menggunakan sarung plastik atau karet serta cotton bud ke daerah tubuh yang mengalami cacar. Lakukan cara ini setiap pagi dan sore hingga ayam sembuh.

Umumnya cara ini dapat berhasil dengan membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari saja apabila cacar pada ayam tidak terlalu parah. Sebaliknya apabila sudah terlalu banyak maka dapat memakan waktu hingga  3 – 4 minggu untuk proses penyembuhannya.

Selain Kitolot Plus Cream, para bobotoh sabung ayam juga dapat mecoba obat lain yang disarangkan, yakni seperti berikut.

  • Penggunaan Methylen Blue / Neo Blue, Betadine, antisep, rodalon. Dimana cara ini dapat anda pilih dan dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari. Maka sekitar 3 – 4 hari kemudian para bobotoh dapat melihat efek yang diberikan kepada bagian yang terkena cacar / kutil.
  • Selain bahan-bahan kimia tersebut, para bobotoh juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami. Yakni seperti gambir, injet dan jeruk purut. Dimana nantinya semua bahan tersebut dicampurkan dan ditumbuk hingga tercampur rata. Kemudian olekan kepada cacar / kutil dan anda akan melihat cacar atau kutil ayam akan jatuh dengan sendirinya.

Langkah Terakhir Atasi Penyakit Cacar Ayam Bangkok Yang Sudah Parah

Perlu diketahui, pengobatan diatas ditujukan kepada ayam bangkok yang mengalami cacar yang tidak terlalu parah. Melainkan apabila penyakit cacar pada sang ayam sudah terlalu parah, maka cara satu-satunya yang harus dilakukan adalah dimusnahkan dengan cara dibakar untuk mencegah penyakit yang menular ayam lainnya.

Kemudian jika sudah, lakukan pembersihan kepada kandang sang ayam. Yakni dengan menyemprotnya menggunakan larutan desinfektan di sejumlah toko hewan atau toko pertanian terdekat. Hal ini dilakukan agar menekan bakteri yang terdapat dalam kandang agar tidak timbul kembali.