Anjuran Memandikan Ayam Bangkok

Anjuran Memandikan Ayam Bangkok

Menjaga penampilan dari jenis ayam bangkok yang dimiliki tentu merupakan tugas penting bagi setiap bobotoh sabung ayam. Selain menjaga penampilan namun hal ini juga meningkatkan mental tarung yang dimiliki.

Anjuran Memandikan Ayam Bangkok

Memandikan Ayam Bangkok

Salah satu cara yang dapat diterapkan diantaranya seperti memandikan sang ayam dengan cara yang benar. Faktanya banyak bobotoh pemula yang sering kali mengalami kesalahan ketika akan memandikan ayam yang dimilikinya.

Pada artikel kali ini sendiri, agen sabung ayam akan menjelaskan kepada kalian sejumlah tips yang benar dalam memandikan ayam sesuai anjuran botoh tua. Yakni dalam Anjuran Memandikan Ayam Bangkok Dari Botoh Tua Yang Benar.

Anjuran Memandikan Ayam Bangkok Dari Botoh Tua Yang Benar

Memandikan ayam bangkok dengan sembarang pada dasarnya dapat berakibat fatal baik itu penampilan maupun perfoma bertarung nantinya. Maka dari itu, rutin memandikan sang ayam agar selalu sehat dan dilakukan dengan tepat.

Dimana proses memandikan ini dapat dilakukan pada sekutar pukul 08.00 pagi dengan sejumlah peralatan yang sudah disiapkan. Yakni berupa gabus atau spons, handuk kering dan ember yang berisikan air bersih. Usahakan untuk tidak menggunakan air hangat karena dapat mempengaruhi faktor pertumbuhan bulu ayam aduan.

Proses Memandikan Ayam Bangkok Yang Benar

  • Pertama apit terlebih dahulu tubuh ayam menggunakan kaki dengan posisi membelakangi kita.
  • Basuh kepala ayam sambil ditundukan menggunakan busa yang telah dibasahi dengan air. Posisi menunduk ini akan memudahkan membasuh muka ayam dengan menyeluruh.
  • Lanjutkan dengan memegang leher ayam kemudian basahi kembali. Air yang mengalir akan membasahi bagian tenguk hingga pangkal sayap.
  • Kemudian segera basuh leher ayam menggunakan handuk kering agar tidak banyak air yang diserap oleh bulu bagian leher.
  • Selanjutnya basahi kembali bagian dada hingga ke belakang (kloaka), dimana pada bagian ini berbagai jenis kotoran banyak sekali menempel.
  • Tidak tertinggal juga bagian seperti sayap hingga ketiak, paha dan kaki ayam hingga benar-benar bersih dari kotoran.
  • Untuk bagian punggung ayam dapat dilewati pasalnya apabila terlalu banyak menyerap air akan membuat bulu yang dimiliki menjadi rusak sehingga rontak dan mudah patah.
  • Terakhir adalah proses pembersihan dubur atau brutu ayam

Tips Penting Memandikan Ayam Bangkok

Perlu diingat apabila proses memandikan sudah selesai, segera cuci dan bersihkan dengan segera peralatan mandi yang digunakan tadi. Mulai dari busa hingga handuk yang dipakai agar tetap bersih dan dapat digunakan kembali. Dan juga dilarang keras untuk menceburkan ayam langsung ke bak air hal  ini dapat membuat ayam mati karena kedinginan.

Proses terakhir usai memandikan ayam yang penting dilakukan adalah dengan menjemur ayam di bawah sinar matahari secara langsung. Proses menjemur ayam juga banyak memberikan manfaat, mulai dari pengeringan bulu hingga asupan vitamin D tambahan.

Lakukan proses penjemuran sebelum memasuki jam 11 siang dan juga tidak terlalu lama karena dapat merusak bulu sang ayam nantinya. Perhatikan juga kondisi cuaca sebelum memandikan ayam, jika mendung atau hujan maka proses ini dapat dilewati dikarenakan dapat membayakan bulu ayam karena tidak kering.