Alasan Ayam Bangkok Kurus

Alasan Ayam Bangkok Kurus

Merawat jenis ayam bangkok aduan agar selalu dalam kondisi prima tentu merupakan tugas penting bagi setiap bobotoh sabung ayam. Dimana hal ini nantinya akan mempengaruhi kualitas tarung yang dimiliki.

Alasan Ayam Bangkok Kurus

Ayam-Bangkok-Kurus

Salah satunya seperti menyelesaikan masalah ayam aduan yang terlihat kurus meski sudah diberikan pakan secara tepat. Dan tentunya hal ini menjadi hal yang harus segera ditangani sehingga dapat tumbuh sesuai dengan bentuk tubuh yang ideal.

Alasan Ayam Bangkok Kurus Hingga Susah Gemuk Wajib Diketahui

1. Terjangkit Penyakit Cacingan

Penyebab pertama yang sering kali ditemukan adalah karena serangan cacing yang tumbuh pada tubuh ayam. Umumnya sering kali dapat ditemukan pada bagian usus ayam. Hal ini tentu akan membuat sang ayam menjadi tidak nafsu makan, terlihat lemas dan lesu serta menganggu proses pertumbuhan. Berbagai cara dapat dilakukan dan salah satunya seperti pemberian buah pinang.

2. Gizi Yang Tidak Terpenuhi

Selanjtunya adalah kandungan nutrisi yang tidak tercukupi. Dimana hal ini dapat ditemukan dengan pemberian pakan yang seimbang serta sesuai dengan kebutuhan sang ayam. Agar selalu tercukupi, bobotoh kini dapat melakukan sejumlah kombinasi pakan. Seperti pemberian jagung, nasi, beras, konsentrat, sayur-sayuran, atau jamu sehingga gizi sang ayam akan selalu terpenuhi.

3. Faktor Keturunan

Keturunan pada sang ayam juga dapat menjadi faktor lainnya dalam proses pertumbuhan sang ayam. Dimana hal ini merupakan keturunan dari sang indukan sehingga mempengaruhi ukuran, fisik, teknik, bakat, dan kecerdasan ayam aduan.

Ayam Bangkok Kurus Hingga Susah Gemuk

4. Ayam Terlalu Aktif

Terlalu aktif dalam bergerak juga dapat menjadi pemicu ayam menjadi susah gemuk. Dimana lemak pada tubuh ayam menjadi banyak terbakar ketimbang ayam yang malas bergerak. Maka dari itu jangan terlalu lama mengumbar ayam dan masukan ke dalam kandang dan berikan pakan yang sesuai.

5. Struktur Tulang

Pengaruh struktur tulang pada ayam aduan hingga saat ini masih banyak diperdebatkan oleh bobotoh. Dimana banyak yang menganggap bahwa ayam dengan tulangan kecil memang sulit untuk gemuk. Hal ini dapat terlihat pada ukuran kaki yang dimiliki.

6. Proses Perkawinan

Terakhir adalah pada proses perkawinan pada sang indukan, yang dimana sangat mempengaruhi ukuran dan bentuk pada anakan. Usahakan untuk tidak melakukan perkawinan pada jenis ayam muda dikarenakan masih dalam proses pertumbuhan.