7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok

7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, menjadikan jenis ayam bangkok menjadi jawara tentunya tidak dapat diterima dengan instan begitu saja. Sebaliknya ayam bangkok yang dibudidayakan perlu diberikan perawatan serta pelatihan khusus, dimana nantinya akan menunjang kualitas bertarung pada ayam bangkok aduan.

7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok

Berbagai macam perawatan dimulai dari kandang, proses memandikan dan menjemur dan yang tak kalah penting adalah mengenai jenis pakan yang diberikan. Pakan pada ayam bangkok sendiri merupakan salah satu kunci utama dalam membantu pertumbuhan serta stamina sang ayam sendiri. Maka dari itu, pemberian pakan tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan, melainkan perlu diperhatikan zat-zat yang dibutuhkan olehnya.

Pasalnya satu saja kesalahan dalam menentukan jenis pakan yang diberikan akan langsung berakibat fatal pada ayam bangkok yang dimiliki. Seperti terganggunya perkembangan dan kemampuannya dalam bertarung di medan laga. Maka dari itu, sebagai bobotoh sabung ayam harus dapat mengetahui sehingga dapat memenuhi gizi yang diperlukan agar ayam bangkok dapat tumbuh menjadi jawara.

Umumnya, terdapat 7 zat yang diperlukan dalam pakan ayam yakni diantaranya adalah seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral, air, hijauan, serta grit. Dimana sudah dirangkum secara langsung oleh agen sabung ayam online

Berikut 7 Kandungan Pakan Ayam Bangkok Aduan Jawara

1. Protein

Protein pada pakan ayam bangkok berguna sebagai zat pembangun tubuh. Dimana hal ini akan meningkatkan jumlah otot serta daging yang nantinya akan dibutuhkan pada ayam dalam proses pertumbuhan tepatnya pada usia 0-5 bulan. Selain itu tak tertinggal juga, kandungan protein juga diperlukan untuk jenis ayam bangkok yang akan diadu.

Umumnya para bobotoh yang sudah berpengalaman sering kali menambahkan cincangan daging pada pakan guna memenuhi nutrisi proteinnya. Selain itu, anda juga dapat memberikan kuning telur sebagai jamu pelengkap pakan. Dan untuk jenis ayam bangkok yang masih anakan cukup dipenuhi dengan pemberian konsentrat yang tinggi akan protein. Sehingga nantinya akan bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam bangkok.

2. Lemak

Kandungan lemak juga diperlukan dalam pakan ayam bangkok termasuk pada saat ayam bangkok sedang dalam masa pertumbuhan. Namun berbeda lagi untuk jenis ayam bangkok yang akan diturunkan ke dalam arena. dikarenakan kandungan lemak tidak dibutuhkan. Pasalnya lemak yang berlebihan dapat berakibat sang ayam mudah lelah atau tidak mampu terbang dan memukul dimana pada dasarnya ayam harus memiliki pergerakan yang lincah, langsing, tubuhnya padat berisi, dan tidak menampung banyak lemak.

3. Karbohidrat

Karbohidrat pada kandungan pakan ayam bangkok pada dasarnya sangat diperlukan dimana nantinya akan berguna untuk memberikan stamina lebih pada sang ayam saat ditarungkan. Dan takaran yang diperlukan sendiri harus banyak agar stamina pada ayam bangkok dapat bertahan hingga ronde terakhir. Kandungan karbohidrat pada ayam bangkok sendiri dapat kita temukan dalam beras merah, gabah, atau jagung pipil.

4. Vitamin Dan Mineral

Dalam meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh serta kelincahan pada ayam bangkok dapat dicukupi dengan pemberian vitamin dan mineral. Selain itu pemberian vitamin serta mineral juga berguna sebagai katalisator dalam proses metabolisme tubuh sang ayam.

Takaran vitamin juga tidak terlalu banyak dibutuhkan yakni cukup 1 sampai 2% dari total pakan yang diberikan. Namun usahakan agar vitamin yang diberikan mengandung kandungan vitamin B kompleks dimana hal ini penting dalam mempengaruhi kemampuan bertarung ayam.

Kandungan Pakan Ayam Bangkok Aduan Jawara Yang Harus Dipenuhi

5. Air

Seperti yang sudah diketahui, air putih sendiri pada dasarnya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Baik dalam menjaga saluran pencernaan, mengatur suhu badan, dan mengatur kerja enzim di dalam tubuhnya. Maka dari itu, setiap pemberian pakan diberikan selalu barengi dengan pemberian air minum juga.

6. Hijauan

Hijauan kali ini sendiri diartikan seperti kecambah kacang hijau, kangkung, dan daun pisang muda. Dimana dalam pemberiannya dapat dijadikan sebagai pakan tambahan dan juga dalam melancarkan pencernaan terutama pada ayam baru berumur dua bulanan.

7. Grit

Pemberian grit pada ayam bangkok sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan hijau dimana mampu dalam melancarkan pencernaan . Grit yang dimaksud sendiri seperti kulit kerang atau cangkang bekicot. Dimana dalam pemberiannya dapat dicampurkan dengan pakan sang ayam. Pemberian grit sendiri ditujukan kepada ayam bangkok aduan Anda yang telah berumur lebih dari 3 bulan.