6 Vitamin Ayam Bangkok

6 Vitamin Ayam Bangkok

Sama dengan manusia yang membutuhkan vitamin untuk tubuhnya, selain membutuhkan pakan dan juga nutrisi yang seimbang, ayam bangkok juga sangat membutuhkan  asupan vitamin untuk dapat tumbuh secara maksimal. Kendati demikian, kebutuhan vitamin ayam bangkok sebetulnya sudah terpenuhi dari makananya, terutama jika anda memberi ia pakan dengan gizi yang lengkap. Pemberian gabah sebagai pakan misalnya secara tidak langsung anda juga telah memberika  asupan vitamin B komplek bagi si ayam, pemberian daun memberikan asupan vitamin C, dan lain – lain.

6 Vitamin Ayam Bangkok

Vitamin Ayam Bangkok

Vitamin adalah asupan penting yang dapat menaikan vitalitas ayam bangkok. Jika dirasa perlu, pemberian dalam vitamin dalam bentuk suplemen pada ayam bangkok juga tidak menyalahi, asalakan pemberianya dalam dosis dan juga waktu yang tepat.

1. Vitamin A

Yang pertama adalah vitamin A. Vitamin A dibutuhkan ayam untuk memperbaiki ketajaman penglihatannya. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk memperbaiki dan memperbaharui sel-sel darah merahnya. Kedua fungsi dari vitamin ini terbilang penting dalam menopang kemampuannya dalam bertarung. Oleh karena itu, sebisa mungkin berikan asupan vitamin ini secara rutin setiap minimal 1 butir setiap 1-2 minggunya.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks, mulai dari B1, B2, B3, B4, B6, dan B12 juga dibutuhkan ayam untuk pertumbuhannya. Akan tetapi, jenis vitamin ini biasanya sudah terpenuhi dari pakan yang Anda berikan. Berbagai serealia, jagung, dan kacang-kacangan yang menjadi makanan ayam bangkok umumnya sudah mengandung vitamin B kompleks dalam jumlah yang cukup. Jadi, Anda tak perlu lagi repot-repot menganggarkan dana untuk membeli suplemen dan vitamin jenis ini.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah vitamin penting bagi ayam bangkok yang dapat menunjang kekebalan tubuhnya dalam menghadapi berbagai jenis penyakit. Vitamin C adalah jenis vitamin yang harus rutin diberikan, terutama saat musim hujan. Dosis pemberiannya disesuaikan dengan keadaan musim. Jika dimusim pancaroba, dimana penyakit menyebar dengan sangat cepat, pemberian bisa dilakukan dengan dosis 1 butir setiap minggunya.

4. Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan terutama ketika ayam dalam usia anakan. Vitamin D bersama kalsium penting dalam menunjang proses pertumbuhan tulang yang kokoh. Jika Anda ingin memiliki ayam dengan tulangan besar dan kuat, berikanlah vitamin ini bersama susu bubuk saat usia 0-3 bulan. Berdasarkan pengalaman saya, lewat dari usia itu, pemberian vitamin ini bisa dianggap sudah tidak penting lagi.

5. Vitamin E

Sama seperti vitamin B kompleks, vitamin E juga biasanya juga sudah terpenuhi melalui konsumsi pakan. Vitamin E terkandung banyak dalam pakannya yang berupa biji-bijian. Jenis vitamin ini dibutuhkan untuk pertumbuhan bulunya. Jika mungkin bulu ayam bangkok kesayangan Anda tampak kusam, pemberian vitamin ini juga dapat dilakukan dengan dosis 1 butir setiap minggu.

6. Vitamin K

Vitamin K bisa dikatakan sebagai jenis vitamin yang tidak terlalu dibutuhkan ayam bangkok aduan. Vitamin ini hanya berfungsi sebagai pembeku darah ketika ayam bangkok terluka. Oleh karenanya, pemberian mungkin hanya diperlukan saat ia akan ditarungkan. Itupun sebetulnya tidak terlalu signifikan hasilnya.

Dari pemaparan jenis-jenis vitamin ayam bangkok di atas, dosis yang saya anjurkan untuk masing-masing vitamin adalah dosis butiran vitamin merk IPI. Anda bisa memberikan vitamin-vitamin tersebut secara berselang-seling atau sekaligus pada saat malam hari. Saat malam, ayam bangkok beristirahat sehingga proses penyerapan vitamin yang diberikan akan lebih maksimal.