6 Ramuan Suplemen Ayam Bangkok

6 Ramuan Suplemen Ayam Bangkok

Dalam dunia sabung ayam, mendapatkan jenis ayam bangkok aduan dengan tubuh yang optimal tentunya harus berasal dari perawatan serta pelatihan yang tepat. Pasalnya meski sang ayam berasal dari keturunan ayam jawara atau tidak, namun apabila sang ayam tidak mendapatkan perawatan dan latihan yang optimal maka akan sia-sia.

Maka dari itu latihan dan perawatan baik berupa kandang, pakan maupun suplemen yang diberikan harus diperhatikan. Pada dasarnya pemberian suplemen seperti ramaun jamu dan vitamin secara rutin juga dapat dijadikan sebagai faktor penunjang guna membentuk ayam menjadi jawara. Maka tidak heran apabila pemberian suplemen bagi jenis ayam bangkok dikategorikan sebagai tahap yang perlu diperhatikan.

6 Ramuan Suplemen Ayam Bangkok

Suplemen Ayam Bangkok

Pasalnya pemberian suplemen sendiri dianggap ampuh dalam meningkatkan berbagai fungsi metabolisme di dalam tubuhnya, mulai dari pembentukan tenaga, pembentukan tulang, pertumbuhan bulu, sistem pencernaan dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, pembuatan suplemen pada ayam bangkok sendiri terbilang mudah dan proses pembuatannya cukup dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang mudah didapatkan. Umumnya, jenis-jenis suplemen yang dibutuhkan sang ayam antara lain seperti suplemen karbohidrat, protein, suplemen pencernaan, percepatan pertumbuhan bulu, dan suplemen kesegaran.

Berikut Suplemen Ayam Bangkok Aduan Berkualitas dari Bahan Tradisional

1. Suplemen Karbohidrat

Suplemen yang pertama adalah suplemen untuk meningkatkan penyerapan karbohidrat dalam sistem pencernaannya. Dimana pada dasarnya pemberian ini penting dilakukan guna meningkatkan stamina ayam bangkok yang akan diadu.

Dalam pembuatannya cukup memanfaatkan gula merah yang sudah dicairkan dengan ukuran setangah jempol tangan. Dalam prosesnya, cairkan gula merah menggunakan air hangat setelah itu minumkan pada sang ayam jika sudah dingin. Pemberiannya cukup dilakukan pada malam hari dimana tepat sebelum ayam bangkok berkualitas akan diadu.

Ketahui Ramuan lain dalam tingkatkan tarung sang ayam dalam

2. Suplemen Kesegaran

Ayam bangkok dalam kondisi yang terlihat lemah dan lesu serta pucat dapat dibantu dengan pemberian suplemen kesegaran. Suplemen satu ini juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yakni berupa buah tomat matang. Pembuatannya juga mudah, yakni dengan cara melumatkan setengah buah tomat yang kemudian dicekoki secara langsung kepada sang ayam. Dipercaya bahwa pemberian buah tomat dapat mencukupi kebutuhan vitamin C nya. Sebaiknya pemberian ini diberikan minimal 1-2 minggu sekali.

3. Suplemen untuk Protein

Pada dasarnya, jenis suplemen satu ini dikhususkan kepada ayam bangkok yang mengalami pertumbuhan yang lambat. Biasanya, ayam bangkok dengan pertumbuhan yang lambat dapat terjadi dikarenakan penyerapan protein dari pakannya tidak optimal. Suplemen yang diberikan juga terbilang mudah dibuat. Yakni dengan menyiapkan sebutir telur puyuh, rebus, kemudian lumatkan hingga halus, dan lolohkan sedikit demi sedikit ke mulut ayam.

Lakukan pemberian ini secara rutin agar dapat merasakan hasilnya secara lebih optimal. Suplemen ini juga diutamakan kepada ayam jenis tipe pukul. Dalam pemberiannya dapat dilakukan setiap 3-7 hari sekali hingga pertumbuhan tubuhnya terlihat berangsur membaik.

Suplemen Ayam Bangkok Aduan Berkualitas

4. Suplemen Pertumbuhan Bulu

Jenis ayam bangkok dengan pertumbuhan bulu yang lambat juga dapat mempengaruhi kualitas pada sang ayam. Maka dari itu, pemberian minyak ikan diyakini dapat membantu dalam menunjang pertumbuhan bulu pada sang ayam. Terlebih apabila sang ayam baru saja menyelesaikan proses mabung, tentunya bulu yang dimilikinya akan sangat rapuh. Pemberiannya juga tidak perlu dilakukan secara rutin, sebaliknya cukup sekali saja sebanyak 1 butir untuk satu kali masa mabung atau saat dirasa perlu.

5. Suplemen Tulang

Memiliki tulang yang besar, kuat, dan keras merupakan modal utama bagi ayam untuk dapat bergerak secara dinamis dan terukur. Pemberian suplemen sendiri dapat membantu dalam memperkuat tulang pada sang ayam. Pada dasarnya, mendapatkan ayam dengan tulang yang kuat dapat dilakukan dengan cara pemberian suplemen tulang yang berupa pil kalsium, misalnya pil Calq yang dapat dibeli di apotek sekitar.

6. Suplemen Pencernaan

Ayam yang sedang mengalami masalah pada saluran pencernaan yang dimiliki dapat diatasi dengan rutin memberikan pemberian suplemen pencernaan dari bahan alami berupa kunyit. Kandungan kunyit sendiri dianggap ampuh dalam membersihkan saluran pencernaan ayam dari penumpukan sampah dan kotoran. Cukup dengan memanfaatkan seperempat jempol kunyit yang diparut yang kemudian dilolohkan langsung kepada mulut sang ayam hingga pencernaannya sehat kembali.

Selain itu, manfaat pada kunyit sendiri masih terbilang banyak, dimana dapat anda simak pada