6 Obat Ayam Bangkok Bubulan

6 Obat Ayam Bangkok Bubulan

Penyakit bubulan merupakan salah satu jenis penyakit yang sering kali melanda ayam bangkok aduan kesayangan kita. Biasanya penyakit bubulan akan menyerang bagian telapak kaki sang ayam. Munculnya bubulan dikarenakan adanya infeksi bakteri pada kaki ayam yang terluka. Umumnya, ayam bangkok aduan yang selesai diadu akan mengalami sejumlah luka salah satunya adalah adalah pada telapak kaki ayam. Luka yang dibiarkan tersebut akhirnya lama-lama akan menjadi sarang dari mikro-organisme atau bakteri senghingga menyebabkan pembengkakan pada kaki ayam. Maka dari itu, bagi para bobotoh jangan lupa untuk selalu memberikan

6 Obat Ayam Bangkok Bubulan

Obat Ayam Bangkok Bubulan

Ditambah lagi dengan lingkungan kandang yang kotor dan jarang dibersihkan, sehingga membuat telapakak kaki sang ayam akan mudah terkena antai kandang, pecahan kaca dan lain sebagainya.

Pengobatan pada jenis penyakit ayam bangkok ini tidak dapat dianggap remeh. Pasalnya, apabila dibiarkan begitu saja dapat berpengaruh langsung kepada sang ayam. Yakni dapat menyebabkan kaki ayam sakit untuk digerakan dan bahkan bila bubul sudah terlalu parah bisa menyebabkan ayam pincang bahkan cacat permanen.

Berikut Obat Ayam Bangkok Bubulan

1. Penggunaan Garam dan Deterjen

Hal pertama yang dapat dilakukan dalam menangani penyakit bubul adalah dengan menggunakan garam dan deterjen. Pengobatan satu ini dikategorikan kepada bubul yang masih belum parah. Hal ini dikarenakan pada kondisi ini, bubul pada sang ayam masih dalam stadium awal dan masih belum membengkak.

Caranya hanya cukup dengan menyiapkan lumpur yang telah dicampurkan dengan air garam atau air deterjen bekas cucian. Hal ini dilakukan usai sang ayam dimandikan pada pagi hari. Kemudia jemur sang ayam diatas kubangan tersebut. Alhasil bubul akan mengeras dan rontok dengan sendirinya pada sore harinya.

2. Penggunaan Obat Kutil

Penggunaan Obat Kutil juga dapat menjadi senjata utama dalam mengobati penyakit bubul. Bersihkan terlebih dulu kaki sang ayam yang terkena bubul kemudian usap menggunakan alkohol. Jika sudah olesi bagian kaki yang bubulan menggunakan obat kutil.

Usai diolesi, segera tutupi luka bubul menggunakan plester dan biarkan hingga beberapa hari. Selama pengobatan berlangsung, usahakan untuk selalu menjaga alas kandang sang ayam agar selalu empuk. Yakni dengan menambahkan sekam atau jerami.

3. Penggunaan Counterpain

Faktanya Counterpain rupanya dapat dimanfaatkan juga sebagai obat bagi penyakit bubul. Caranya cukup dengan mengoleskannya ke bagian telapak kaki ayam yang terkena bubul. Kemudian pengangi selama sekitar 5 menit hingga krim mengering. Masukan sang ayam ke dalam kandang yang sudah dilapisi sekam padi atau jerami.

4. Koyo Cabe

Umumnya, sejumlah bobotoh sabung ayam aduan biasanya menggunakan resep pengobatan ayam bubulnya sendiri. Salah satunya adalah dengan cara menggunakan Koyo Cabe. Cukup dengan menempelkan koyo, kemudian ganti setiap 3 kali sehari dan selama 2 kali penggantian. Maka dengan sendirinya, bubul ayam akan mulai mengering dan membaik.

5. Paku Bakar

Untuk serangan bubul yang sudah parah, sejumlah bobotoh menyarankan untuk melakukan metode pengobatan dengan cara menggunakan paku bakar. Pengoabatan ini diklaim sebagai tahap yang paling ampuh dan manjur.

Penerapannya yakni dengan cara menyiapkan lebih dulu paku yang berukuran sebesar luka bubul kemudian panaskan. Jika sudah, tempelkan secara langsung paku yang panas tersebut ke tempat mata bubul hingga sang ayam merasa kepanasan dan menghentakan cakarnya. Lakukan cara ini selaam 3 hari berturut-turut atau hingga bubul menghilang.

Obat Ayam Bangkok Bubulan dengan Operasi

6. Operasi Bedah

Langkah terakhir dalam mengobati bubul ayam adalah dengan melakukan operasi sederhana. Meski terbilang paling ampuh, namun cara ini dapat dilakukan apabila cara-cara duatas tidak membuahkan hasil.

Dalam tahapannya, pertama siapkan lebih dulu peralatan yang dibutuhkan seperti antara lain silet, alkohol, kapas, kain kasa, jarum, benang, dan betadine. Dan berikut tahapan dalam melakukan operasi bedah pada bubul sang ayam.

  1. Pertama pegang kaki sang ayam mengarah ke atas, kemudian sterilkan menggunakan alkohol.
  2. Kemudian silet kaki sang ayam menyilang membentuk huruf X. Silet yang digunakan juga harus baru agar luka sang ayam tidak mengalami infeksi.
  3. Kemudian tekan atau gunakan gunting untuk mengeluarkan gumpalan bubul (nanah) dari kaki hingga bersih
  4. Usai tidak ada bubul yang menempel. Kemudian bersihkan darah yang keluar menggunakan kapas
  5. Dilanjutkan dengan mengoleskan betadine secukupnya pada bekas sayatan dan tutup menggunakan kain hingga rapat.

Salam tahap penyembuhan, biarkan luka dibalut selama seminggu. Kemudian selingkan juga dengan olesan betadine dan tutup luka jika masih belum mengering.