5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia

Dalam dunia sabung ayam, berbagai perawatan khusus pada jenis ayam bangkok aduan memang sangat diperlukan. Dimana hal ini sendiri dilakukan guna menjaga kualitas dari sang ayam itu sendiri agar tetap jawara dalam arena sabung ayam.

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia

Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia

Pada dasarnya perawatan yang diberikan juga tidak dapat dilakukan dengan sembarang. selain itu pemberian perawatan pada ayam bangkok tidak dapat disamakan dengan ayam kampung biasanya. Umumnya perawatan pada sang ayam sendiri tidak jauh dari sejumlah aspek seperti masalah pakan, kandang, suplemen atau jamu tambahan.

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia Sesuai Dengan Manfaatnya Masing-Masing

1. Jamu Ayam Bangkok Aduan Sebelum Di Adu

Pemberian jamu aduan sebelum di adukan sendiri patut diberikan kepada jenis ayam bangkok yang baru saja menyelesaikan sesi latihan. Hal ini dilakukan meningkatkan stamina ayam aduan. Dimana dalam pembuatannya hanya cukup menyediakan bahan-bahan seperti 5 lembar daun jeruk purut, 2 ruas jahe, 2 ekor ikan lele, 2 ons daging kambing, 2 batang lidah buaya, telur bebek, daun kacang, gula merah dan garam.

Cara pembuatanya sendiri dapat dilakukan dengan cara menyiapkan daun jeruk purut, jahe, lidah buaya dan daun kacang yang kemudian dipotong hingga kecil-kecil. Campurkan semua bahan dalam satu wadah kemudian tumbuh hingga halus. Lanjutkan dengan memasukan potongan ikan lele panggang, daging kambing, gula merah serta kuning telur bebek dan tumbuk kembali.

Jemur adonan dibawah sinar matahari hingga kering dan tambahkan sedikit olesan madu kemudian buat menjadi butiran-butiran kecil dan berikan kepada sang ayam satu hari minimal satu butir sebelum diadukan.

2. Jamu Penambah Tenaga Ayam Bangkok Aduan 

Pemberian jamu ini dapat dilakukan apabila sang ayam terlihat lesu dan tidak bergairah dalam melakukan laga tarung. Selain itu pemberian jamu ini sekaligus mampu dalam menjaga kekebalan tubuh sang ayam selama musim pancaroba seperti ini dari serangan virus dan bakteri.

Dalam pembuatannya cukup menyediakan bahan-bahan seperti 5 lembar daun jeruk purut, 1 sendok teh merica, 5 buah cabai jamu, 1 ekor ikan lele dan madu secukupnya. Jika sudah disiapkan semua bahan, berikut cara pembuatannya.

Dengan cara mencampurkan cabai jamu, daun jeruk, dan merica dalam satu wadah kemudian tumbuk hingga halus. Masukan adonan pada perut ikan lele yang sudah disiangi. Bakar lele hingga matang kemudian oleskan sedikit madu. Jangan lupa untuk membentuknya menjadi butiran kecil agar mudah ditelan dan berikan 1 butir perharinya.

5 Resep Jamu Ayam Bangkok Aduan Rahasia

3. Jamu Memperpanjang Nafas Ayam Bangkok Aduan

Memiliki ayam aduan dengan nafas yang panjang merupakan idaman bagi para bobotoh sabung ayam. Hal ini dikarenakan nafas yang panjang merupakan stamina pada sang ayam dalam menjalani pertandingan dalam durasi yang lama. Maka dari itu selain latihan, sang ayam juga perlu diberikan tambahan suplemen atau jamu.

Untuk membuatnya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan 1 ruas temu kunci, 100 gr gula aren dan 1 buah asam jawa. Jika sudah haluskan lebih dulu semua bahan-bahan tersebut kemudian rebus dengan segelas air putih. Kemudian biarkan hingga air rebusan mendidih, jika sudah matikan api dan diamkan hingga hangat.

Minumkan kepada sang ayam secara langsung atau dapat menggunakan bantuan seperti suntikan atau kain. Dalam penerapannya dapat diberikan dua kali seminggu tepatnya pada malam hari secara rutin.

4. Jamu Ayam Bangkok Aduan Usai Di Tarungkan

Jenis ayam bangkok aduan yang baru saja selesai ditarungkan pada dasarnya membutuhkan perawatan lebih. Pasalnya, ayam yang baru saja selesai diadu selain mendapatkan luka namun sang ayam juga akan kehilangan banyak stamina usai bertarung. Maka dari itu pemberian asupan suplemen tambahan sangat membantu dalam mengemabalikan kondisi sang ayam.

Untuk ramuan jamunya sendiri dapat dibuat sendiri, yakni dengan cara menyiapkan bahan seperti 50 gram kencur basah, 500 gram beras biasa, 3 butir telur bebek dan madu secukupnya. Cara membuatnya sama percis seperti membuat jamu beras kencur. Untuk mengetahui lebih lanjutnya dapat kalian simak dalam

5.  Jamu Daya Tahan Tubuh Ayam Bangkok Aduan

Memasuki musim pancaroba seperti ini tentunya pertahanan tubuh pada sang ayam juga akan ikut menurun. Maka dari itu perlu adanya jamu tambahan khusus untuk menjaga kondisi tubuh sang ayam dimana antaranya seperti berikut.

Siapkan terlebih dulu bahan-bahannya seperti kunyit, kencur, temulawak, temu ireng, temu giring,dan juga gula merah, serta telur bebek dengan komposisi perbandingan 4:2:1:1:1:1:2. Kemudian haluskan semua bahan dan berikan secara langsung kepada ayam bangkok aduan.